Comscore Tracker

Posisi Tuas Mobil Matic Saat Macet, Tetap di D atau Geser ke N?

Salah menggeser tuas transmisi bisa berakibat fatal, lho

Jakarta, IDN Times – Mobil bertransmisi otomatis memang sedang naik daun. Sebab mobil jenis ini sangat praktis karena pengemudi gak perlu lagi capek-capek menginjak pedal kopling. Transmisi matic sangat berguna terutama saat terjebak kemacetan.

Jika kamu perhatikan, ada setidaknya empat posisi tuas matic, yaitu P (park), N (Netral), R (Return) dan D (Drive). Nah, ketika berhenti karena macet, apakah tuas harus digeser ke posisi P, N, atau tetap di D ? Kalau kamu bingung, yuk simak artikel berikut.

1. Tuas pada posisi D saat macet kurang dari 10 detik

Posisi Tuas Mobil Matic Saat Macet, Tetap di D atau Geser ke N?qoala.app

Tuas D atau drive artinya berjalan maju. Jadi ketika kamu terjebak macet ringan atau macet yang membuat mobilmu terhenti kurang dari 10 detik, kamu bisa tetap menempatkan tuas transmisi pada posisi D.

Tapi, jika mecetnya melebihi waktu tersebut, sebaiknya pindah tuas agar kamu gak pegal menginjak rem gas secara bergantian. Di sisi lain, membiarkan posisi D saat berhenti sejenak, ternyata memiliki manfaat agar kinerja pompa hidrolik lebih ringan, loh.

Baca Juga: Step by Step Mengganti Van Belt Motor Matic

2. Tuas pada posisi N saat macet cukup panjang

Posisi Tuas Mobil Matic Saat Macet, Tetap di D atau Geser ke N?ilustrasi macet (unsplash.com/ Nabeel Syed)

Nah, jika kamu harus berhenti lebih dari 10 detik, sebaiknya pindahkan tuas dari D ke N sambil menginjak pedal rem. Tujuan memposisikan tuas mobil ke N untuk mencegah mobil bergerak maju saat pedal rem gak sengaja dilepas. Posisi ini juga memiliki manfaat agar mesin gak berat, sebak gak terjadi gesekan di transmisi dan membuat bensin jadi lebih hemat, loh.

3. Jangan menggeser tuas ke P

Posisi Tuas Mobil Matic Saat Macet, Tetap di D atau Geser ke N?autoguru.com.au

Ketika terjebak macet yang cukup lama, sebaiknya tetap memosisikan tuas pada huruf N. Jangan menggeser tuas ke P. Sebab, saat kemacetan mulai terurai dan mobilmu harus maju, maka kamu harus menggeser tuas transmisi dari P ke D.

Masalahnya, sebelum tuas sampai ke posisi D, harus melewati posisi R terlebih dahulu. Bisa jadi  mobilmu bergerak mundur sekejap sehingga terbentur dengan kendaraan yang di belakangmu. Selain itu posisi P hanya digunakan untuk memarkirkan mobil.

Baca Juga: Mobil Matic Mogok Saat Mudik, Boleh Diderek?

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya