Comscore Tracker

7 Tips-Trik Sederhana Mencegah dan Mengatasi Kebakaran pada Mobil

Tetap tenang dan jangan panik

Rutin memeriksa kondisi kendaraan secara teratur adalah salah satu cara untuk menjaga mobil tetap prima. Namun, terlepas rajinnya mengecek dan merawat kendaraan, manusia nggak akan pernah tahu kapan bencana akan datang. Salah satunya, adalah mobil yang terbakar tiba-tiba ketika di jalan. Ironisnya, nggak cuman mobil tua saja, tetapi banyak rilisan mobil baru juga mengalami hal ini.

Sebenarnya, banyak faktor yang bisa memicu kebakaran dalam mobil. Misalnya, seperti mengangkut bahan berbahaya, memodifikasi mobil yang melibatkan sistem kelistrikan dan lain sebagainya. Lalu, bagaimana cara mengatasinya jika hal tersebut terjadi? Berikut cara dan tips sederhananya.

1. Untuk mencegah kebakaran pada mobil, berkonsentrasilah ketika berkendara

7 Tips-Trik Sederhana Mencegah dan Mengatasi Kebakaran pada Mobilinstagram.com/sergio_motivado

Ketika berada di jalan, perlu konsentrasi penuh untuk mengenali tanda bahaya dengan cepat. Misalnya, seperti perubahan cepat dalam tingkat bahan bakar dan peningkatan drastis dalam suhu mesin.

2. Segera periksa mobil ketika terjadi masalah dalam perjalanan

7 Tips-Trik Sederhana Mencegah dan Mengatasi Kebakaran pada Mobilblog.allstate.com

Jika ada kebocoran yang menyebabkan mobil berjalan nggak sempurna, segera periksa untuk meminimalkan risiko kebakaran. Periksa apakah ada kabel yang rusak atau lepas, kemudian periksa juga minyak dan cairan lain untuk mencegah kebocoran.

Namun, ketika akan berhenti untuk memeriksa, carilah tempat yang ramai dan banyak penerangan ketika di malam hari. Dan jika membawa bahan bakar, lebih baik masukkan ke dalam wadah tertutup dan buka saja jendela mobil.

3. Jangan parkir sembarangan dan bawalah peralatan benda tajam

7 Tips-Trik Sederhana Mencegah dan Mengatasi Kebakaran pada Mobilinstagram.com/supercarnjm

Dalam memarkir mobil, jangan memarkirnya di tempat yang mudah terbakar. Kemudian, nggak ada salahnya menyimpan pisau lipat di dalam laci mobil. Karena, barang tersebut bisa segera bertindak jika ada penumpang yang terjebak oleh sabuk pengaman.

Baca Juga: 7 Cara Mudah Mencegah dan Mengusir Jamur yang Hinggap pada Kaca Mobil

4. Cara menanganinya, jangan panik dan tetap tenang

7 Tips-Trik Sederhana Mencegah dan Mengatasi Kebakaran pada Mobiledition.cnn.com

Nah, jika kebetulan menemui situasi mobil terbakar, langkah pertama yang harus dilakukan adalah tetap tenang dan jangan panik. Karena, tanpa kepanikan, akan segera bertindak yang seharusnya dilakukan sesegera mungkin. Kemudian jika memungkinkan, segera putar kendaraan ke tempat yang aman.

Dan ini yang sering terlewatkan, lupa mematikan mesin mobil. Dari sekarang, jangan sampai lupa untuk mematikan mesin mobil dan cabut kunci dari stop-kontak. Kemudian, pergilah kurang lebih sekitar 50 meter jika mengalami hal ini, ya!

5. Berniat membantu penumpang yang terjebak? Perhatikan poin ini!

7 Tips-Trik Sederhana Mencegah dan Mengatasi Kebakaran pada Mobilctpost.com

Jika bermaksud untuk membantu penumpang yang ada di mobil, pastikan tubuh orang yang akan menyelamatkan sudah berada di luar. Setelah semua keluar dari mobil, segera menjauh dari lokasi kebakaran dan cari tempat yang aman. Jika masih aman, coba buka kap dan cabut salah satu kepala aki dari katup untuk memutus aliran listrik.

Cara lain, gunakan kain jika ingin mematahkannya secara paksa. Karena, biasanya bagian ini akan meningkatkan suhunya.

6. Padamkan api dengan APAR yang tersedia di dalam mobil

7 Tips-Trik Sederhana Mencegah dan Mengatasi Kebakaran pada Mobiloverlandbound.com

Jika mobil tersedia Alat Pemadam Api Ringan atau biasa disebut APAR, semprotkan ke sumber api. Jangan lupa untuk meminta bantuan damkar dan para medis segera jika diri sendiri atau penumpang ada yang terluka.

7. Jangan nekat untuk menyelamatkan barang, sekalipun itu barang berharga

7 Tips-Trik Sederhana Mencegah dan Mengatasi Kebakaran pada Mobilobserver.com

Ingat! Jangan mencoba untuk memadamkan api yang telah besar. Karena, cuma berniat mengambil barang-barang berharga yang tersisa di dalam mobil. Nyawa jauh lebih penting dari barang berharga yang tertinggal di dalam mobil!

Baca Juga: 3 Alasan Kenapa Akhir Tahun Jadi Waktu yang Tepat Membeli Mobil Baru

Riyan Sumarno Photo Community Writer Riyan Sumarno

♐ Bermimpi, Bergegas, Berusaha, Berdoa dan Sukses!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You