Comscore Tracker

7 Cara Aman Membeli Mobil Secara Online, Anti Tipu-tipu!

Jangan langsung percaya dengan ucapan penjual ya

Semakin berkembangnya marketplace di Indonesia dan pandemi COVID-19 yang tak kunjung berakhir, ternyata sudah mengubah pola hidup masyarakat dari yang sebelumnya bertransaksi langsung beralih ke transaksi secara online. Produk yang dijual belikan pun bermacam-macam, termasuk mobil.

Tak hanya dinilai lebih efisien dan efektif dari segi tenaga, waktu, dan kesehatan; membeli mobil secara online juga dinilai lebih menguntungkan karena biasanya harga yang ditawarkan juga cukup kompetitif. 

Nah, supaya tidak tertipu, ada baiknya untuk mengikuti beberapa cara aman membeli mobil secara online seperti yang ada di bawah ini. 

1. Pilihlah marketplace terpercaya

7 Cara Aman Membeli Mobil Secara Online, Anti Tipu-tipu!autoversed.com

Marketplace mobil bukan hanya satu tapi banyak, namun gak semuanya bisa dipercaya lho. Perhatikanlah tampilannya, apakah terlihat tidak profesional atau menyediakan informasi yang tidak mendetail? Jika kurang menjanjikan, besar kemungkinan marketplace masih baru atau abal-abal.

Akan lebih baik kamu memilih marketplace yang sudah dikenal, lumayan lama, atau berada di halaman pertama pencarian Google dengan reputasi yang baik. Jangan sampai salah pilih ya.

2. Riset masih menjadi kunci penting!

7 Cara Aman Membeli Mobil Secara Online, Anti Tipu-tipu!thecarexpert.co.uk

Sampai saat ini, riset masih menjadi hal yang sangat penting sebelum akhirnya membeli mobil baik itu secara langsung maupun online. Sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli mobil, cobalah lakukan riset tentang jenis kendaraan yang dibutuhkan, biaya perawatan yang harus dikeluarkan, biaya bahan bakar yang dihabiskan, kondisi mobil, dan anggaran yang perlu disiapkan.

Dengan riset, nantinya kamu bisa menyelaraskan ekspektasi dengan kenyataan yang ada dan mempersempit kandidat mobil yang ingin dibeli sesuai dengan tujuan serta keuanganmu. Jadi lebih realistis 'kan?

3. Pertimbangkanlah untuk test drive

7 Cara Aman Membeli Mobil Secara Online, Anti Tipu-tipu!pexels.com/SplitShire

Walaupun kamu berencana untuk membeli mobil secara online, tetap usahakan untuk mendapatkan pelayanan test drive. Gak ada salahnya untuk menjadwalkan test drive mobil yang diinginkan baik itu kamu datang ke lokasi penjual atau penjual yang datang ke tempat yang sudah ditentukan. Kalau benar-benar sibuk, kamu bisa meminta bantuan pihak ketiga seperti anggota keluarga atau pihak marketplace tempat kamu memilih mobil yang diinginkan itu.  Tapi ingat! Pilihlah marketplace yang bisa dipercaya ya. 

Baca Juga: Lagi Berburu Mobil Bekas? Begini Cara Mengecek Keaslian Odometer  

4. Bertanya sebanyak-banyaknya dengan penjual melalui media chatting di marketplace

7 Cara Aman Membeli Mobil Secara Online, Anti Tipu-tipu!pexels.com/august-de-richelieu

"Bagaikan membeli kucing dalam karung", sebuah pepatah lama yang sangat pas menggambarkan cara bertransaksi secara online. So, untuk menghindari kekecewaan karena "tertipu" membeli mobil tidak sesuai ekspektasi, maka kamu wajib bertanya dan menggali informasi sebanyak-banyaknya pada penjual.

Jangan mau diajak berdiskusi secara pribadi melalui media sosial atau chatting platform ya, karena seringkali ini jadi pintu penipuan yang banyak memakan korban. Tetaplah konsisten untuk hanya berdiskusi dengan penjual melalui kolom chatting yang sudah disediakan oleh marketplace. Jika penjual menolak ini, kamu perlu curiga dengannya.

Di samping itu, kolom chatting yang disediakan oleh marketplace juga bisa jadi cara pihak marketplace untuk bertanggung jawab jika nantinya ada penjual yang "nakal" denganmu. Jadi manfaatkanlah kolom chatting yang disediakan oleh marketplace semaksimal mungkin ya.  

5.  Perhatikan juga biaya pengiriman mobil

7 Cara Aman Membeli Mobil Secara Online, Anti Tipu-tipu!pexels.com/Elviss Railijs Bitāns

Tentu bukan menjadi masalah jika kamu membeli mobil baru, karena biasanya mobil tersebut akan langsung diantarkan ke rumah atau kantor. Namun kamu perlu memikirkan biaya pengiriman jika membeli mobil melalui e-market, karena bisa jadi ada biaya tambahan dalam mengirimkan mobil yang diinginkan tersebut.

Karena itu tidak ada salahnya bertanya pada penjual, apakah harga yang ditawarkan oleh mereka itu sudah termasuk biaya pengiriman atau dibayar terpisah. Jika kamu menginginkan biaya pengiriman mobilnya tidak terlalu besar atau bahkan gratis, lebih baik pilih penjual yang satu kota denganmu.

6. Tidak ada salahnya menawar

7 Cara Aman Membeli Mobil Secara Online, Anti Tipu-tipu!pexels.com/Edward Jenner

Keuntungan membeli melalui marketplace adalah banyaknya penjual menawarkan mobil dengan harga yang kompetitif. Jadi gak salah kalau kamu membandingkan harga antar penjual. Di samping itu, beberapa penjual juga memberikan potongan harga atau hadiah tambahan. Jadi tanyakanlah pada penjual, apakah harganya sudah pas atau masih bisa ditawar?

7. Pilih metode pembayaran yang tidak memberatkan

7 Cara Aman Membeli Mobil Secara Online, Anti Tipu-tipu!pexels.com/energepic.com

Saat ini membeli mobil secara online sudah dimudahkan dengan banyaknya jenis metode pembayaran. Membayar secara tunai atau kredit itu bergantung dengan kemampuan. Pastinya ini perlu dipikirkan baik-baik hingga tidak memberatkanmu.

Jika kamu tidak mempunyai uang yang cukup untuk membeli tunai, maka belilah mobil secara kredit. Namun kamu harus memperhatikan jumlah cicilan yang harus dibayar, ditambah dengan tingkat suku bunga yang perlu dibayar supaya proses pembayaran berjalan lancar. 

Transaksi online yang semakin meningkat juga diiringi dengan penipuan yang semakin kreatif pula. Ada saja oknum-oknum jahat yang berusaha membuat bisnis online jadi lahan bisnis penipuan. Karena itu, kamu perlu lebih berhati-hati ketika bertransaksi secara online, apalagi jika produk yang ingin dibeli terbilang mahal, seperti mobil. Lebih berhati-hati ya guys

Baca Juga: Dibanderol Rp200 Jutaan, Tiga Mobil Bekas Ini Bisa Jadi Pilihan

Iam_Lathiva Photo Verified Writer Iam_Lathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share. IG: iam_lathiva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya