Comscore Tracker

5 Jalur Paling Mendebarkan di Indonesia

Lima jalur ini punya karakter yang apik

Jakarta, IDN Times - Indonesia adalah negara dengan kontur alam yang apik. Barisan bukit dan pegunungan, berpadu dengan indahnya pantai, menghadirkan sebuah panorama tersendiri. Namun, siapa sangka, kontur macam inilah yang menghadirkan beberapa jalur mendebarkan.

Lewat jalur-jalur mendebarkan ini, selain memuaskan jiwa petualangmu, kamu juga bisa menguji kemampuan mengemudi. Nah, berikut adalah lima jalur mendebarkan di Indonesia, yang pas digunakan untuk berpetualang sekaligus menguji kemampuan mengemudi.

1. Kelok 44 di Bukittinggi, Sumatera Barat

5 Jalur Paling Mendebarkan di IndonesiaKelok 44 (instagram.com/babesumbar)

Jalur kelok 44 di Bukittinggi, Sumatra Barat, adalah salah satu jalur mendebarkan nan legendaris di Indonesia. Jalur ini bahkan sudah terkenal di kalangan para pesepeda, karena kerap digunakan untuk ajang balap sepeda internasional.

Jalur ini bisa diakses saat kamu melakukan perjalanan dari Maninjau ke Bukittinggi atau sebaliknya. Jalur ini sangat menantang karena kamu harus mengambil belokan tajam di sepanjang 10 kilometer ke depan dan 1.500 meter di atas permukaan laut.

Baca Juga: 3 Tips Saat Berhenti di Lampu Merah

2. Jalur Nagreg, Bandung, Jawa Barat

5 Jalur Paling Mendebarkan di IndonesiaIDN Times/Galih Persiana

Bagi mereka yang kerap melakukan perjalanan mudik ke arah Jawa Tengah atau Jawa Timur lewat jalur selatan, jalur Nagreg adalah jalur yang pasti sudah biasa dilewati. Jalur ini terbilang mendebarkan karena dibangun dengan cara membelah pegunungan.

Selain itu, jalur ini juga memiliki kontur naik turun, plus belokan-belokan tajam, yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Ditambah lagi, jalur ini juga cukup licin saat hujan, sehingga selain mendebarkan, jalur ini bisa dibilang berbahaya dan ekstrem.

3. Jalur Geopark Ciletuh, Sukabumi, Jawa Barat

5 Jalur Paling Mendebarkan di IndonesiaPemandangan kawasan wisata Ciletuh Geopark, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (28/9). (ANTARA FOTO/Nurul Ramadhan)

Jalur Geopark Ciletuh ini berada di Sukabumi, Jawa Barat, Dari segi pemandangan, jalur ini menyajikan panorama yang sangat menyejukkan mata. Jalur ini menyajikan bentang alam apik yang memadukan area perbukitan serta area tepi pantai.

Namun, kamu harus tetap waspad saat melewati jalur ini. Jalur ini mendebarkan karena memiliki banyak tikungan tajam dan turunan curam. Ditambah lagi, tiupan angin kencang juga akan jadi hambatan tersendiri saat kamu berkendara di jalur ini.

4. Trans Flores, Nusa Tenggara Timur

5 Jalur Paling Mendebarkan di IndonesiaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Jalur Trans Flores ini merupakan wujud dari pemerintah dalam mengembangkan wilayah Nusa Tenggara Timur. Jalur ini bisa kamu lalui saat kamu melakukan perjalanan dari Ende ke Labuan Bajo. Namun, jangan salah, jalur ini bisa dibilang cukup mendebarkan.

Jalur ini memiliki panjang 664 kilometer. Ketika berkendara di sini, pastikan kamu harus menyediakan stok bahan bakar yang cukup, karena tempat pengisian bahan bakar minim sepanjang perjalanan. Selain itu, kamu juga harus mewaspadai tikungan dan turunan ekstrem di jalur ini

5. Rute menuju Senggigi, Lombok, Nusa Tenggara Barat

5 Jalur Paling Mendebarkan di Indonesiainsatgram

Rute menuju Senggigi, sama seperti jalur Geopark Ciletuh, memiliki dua sisi mata uang. Di satu sisi, jalur ini menyajikan panorama yang apik, dengan hamparan garis pantai sepanjang perjalanan. Namun, di sisi lain, jalur ini juga mendebarkan.

Rute menuju Senggigi termasuk jalur mendebarkan karena menghadapkan kamu pada tikungan tajam, plus turunan dan tanjakan terjal. Jalur ini pas bagi kamu yang ingin menikmati pemandangan, sekaligus melakukan uji kemampuan mengemudi kamu.

Baca Juga: Jangan Lakukan 3 Hal Ini di Tanjakan 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya