Comscore Tracker

SUV Asal China GWM Tank 500, Ancaman Buat Fortuner dan Pajero Sport

GWM Tank 500 punya spesifikasi lebih apik

Jakarta, IDN Times - Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport akan mendapatkan lawan tangguh dari China, yakni GWM Tank 500. SUV garapan Great Wall Motors, salah satu pabrikan otomotif terbesar di China, ini segera meluncur di Indonesia.

Kehadiran diprediksi tidak hanya akan menggoyang dominasi Fortuner dan Pajero Sport, tapi sekaligus juga memberikan standar baru bagi dunia SUV tanah air. Apa saja kelebihan yang akan ditawarkan GWM Tank 500?

1. Eksterior dan interior yang lebih mewah dari Fortuner

SUV Asal China GWM Tank 500, Ancaman Buat Fortuner dan Pajero SportGWM Tank 500 (gmw-global.com)

Secara eksterior, GWM Tank 500 disebut-sebut memiliki wajah yang lebih modern dan stylish. Fascia depan menggunakan kisi-kisi asupan udara berbentuk heksagonal dengan ukuran yang mendominasi. Di kedua sisinya juga sudah menggunakan lampu LED berukuran besar.

Sedangkan dari segi interior, GMW Tank 500 memberikan sensasi mewah. Dengan dominasi warna hitam di dasbor, tersemat juga panel digital berukuran 12,3 inci, plus layar sentuh berukuran 14,6 inci sebagai pusat multimedia dan informasi.

Baca Juga: Perbedaan Pajero Sport dan Toyota Fortuner 

2. Bodi yang dibentuk mirip Land Cruiser

SUV Asal China GWM Tank 500, Ancaman Buat Fortuner dan Pajero SportAll New Land Cruiser LC300 (ANTARA/HO)

Memang, dari segi interior dan eksterior GWM Tank 500 lebih mewah dari Fortuner. Namun, dari segi profil tubuh, sejatinya GW Tank 500 lebih mirip Land Cruiser. Mobil ini punya panjang bodi 4,8 meter, lebar 1,9 meter, plus tinggi 1,9 meter.

Siluet bodi juga sedikit banyak punya kemiripan dengan Land Cruiser. GWM Tank 500 seperti SUV yang besar, tetapi lebih mewah. Kaki-kaki dari mobil ini juga diberi velg dengan desain yang mewah. Jarak sumbu rodanya berukuran 2,8 meter, lebih tinggi dari Fortuner.

3. Tenaga mesin yang lebih besar dari Fortuner

SUV Asal China GWM Tank 500, Ancaman Buat Fortuner dan Pajero SportFortuner diesel TRD (youtube.com/Benz Spencer Hoky)

Untuk mesin, GWM Tank 500 punya tenaga yang jauh lebih besar dibandingkan Land Cruiser. Jika Fortuner menggunakan mesin 2,8 liter, Tank 500 menggunakan mesin yang daya puncaknya jauh lebih tinggi.

GWM Tank 500 memiliki kapasitas 3.000 cc, 6 silinder dengan turbocharged. Tenaga yang dihasilkan bisa menyentuh angka 354 PS, dengan kemampuan akselerasi yang lebih baik. Dengan spesifikasi yang lebih dari Fortuner ini, Tank 500 dibanderol dengan harga RP748 juta sampai Rp882 juta.

Dengan harga Fortuner yang mencapai nyaris Rp700 juta, serta Land Cruiser yang masuk angka Rp2,3 miliar, GWM Tank 500 bisa jadi pilihan lain bagi kamu.

Baca Juga: Pajero Sport Terlaris di Tanah Air, Mengalahkan Thailand dan Australia

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya