Comscore Tracker

Sean Gelael dan Bamsoet Pakai Citroen C3 R5, Mobil Super Aman

Mobil ini lolos homologasi FIA, standar keamanan tinggi

Jakarta, IDN Times - Insiden tak enak dialami oleh pembalap Indonesia, Sean Gelael, dan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat sekaligus Ikatan Motor Indonesia, Bambang Soesatyo. Saat ikut lomba reli sprint di Meikarta, Sabtu (27/11/2021), keduanya mengalami kecelakaan.

Mobil yang dikendarai Sean bersama Bamsoet, terguling usai menghantam gundukan tanah. Akibatnya, bagian bemper belakang, lampu sein, hingga kaca mobil, pecah.

Beruntung, Sean dan Bamsoet selamat. Mereka juga tak mengalami cedera serius.

"Syukur, saya dan Sean selamat," kata Bamsoet.

1. Mobil super yang aman

Sean Gelael dan Bamsoet Pakai Citroen C3 R5, Mobil Super AmanMobil Citroen C3 R5 milik Sean Gelael / Instagram @gelaelized

Sean dan Bamsoet selamat juga dikarenakan spesifikasi mobil yang digunakan begitu aman. Keduanya menggunakan Citroen C3 R5 yang memang diproduksi untuk kebutuhan reli.

Kode R5 memang menunjukkan kelas dalam sebuah reli, kini dikenal sebagai WRC2 dan WRC2 Pro. Kelas ini satu tingkat di bawah WRC.

Dengan kode R5, tiap pabrikan yang ikut boleh memproduksi mobil dengan harga terjangkau. Tujuannya agar tim privateer bisa ikut dalam balapan.

Baca Juga: [BREAKING] Sean Gelael Ternyata Semobil dengan Bamsoet Saat Kecelakaan

2. Berapa harganya ya?

Sean Gelael dan Bamsoet Pakai Citroen C3 R5, Mobil Super AmanMobil Citroen C3 R5 milik Sean Gelael / Instagram @gelaelized

Mobil ini terbilang langka di Indonesia. Bisa jadi, cuma Sean yang punya di Indonesia. Harganya pun terbilang wah, yakni 220 ribu dolar Amerika Serikat atau setara Rp3,16 miliar dan didatangkan langsung dari negara asalnya, Prancis.

Harganya bisa tinggi, karena memang Sean beserta ayahnya, Ricardo Gelael, mendatangkan mobil ini lewat importir umum. Menariknya, Citroen C3 R5 milik Sean sudah lolos homologasi FIA dan bisa dipakai untuk ajang reli resmi.

Dengan fakta tersebut, tentunya mobil ini sudah memiliki standar keamanan tinggi. Makanya, Bamsoet dan Sean bisa selamat dari kecelakaan tersebut.

3. Kiprah Sean dan Bamsoet terhenti

Terkait dapur pacu, Citroen C3 R5 menggendong mesin berkapasitas 1.600 cc turbo, empat silinder, 16 valve, dengan ECU Magneti Marelli. Dengan spesifikasi tersebut, Citroen C3 R5 bisa menghasilkan tenaga 285 horse power dalam 5.000 rpm dan torsi 420 Nm pada 4.000 rpm.

"Cuaca dan lintasan sebenarnya bagus sejak pagi. Tapi, insiden tersebut terjadi. Alhamdulillah, saya dan pak Bamsoet tidak cedera," kata Sean dalam keterangannya kepada media, Sabtu (27/11/2021).

Sean sebenarnya sudah memimpin di SS1. Tapi, karena kondisi mobil yang rusak cukup parah dan tak ada waktu memperbaikinya, Sean akhirnya gagal ikut dua SS yang digelar besok.

Baca Juga: [BREAKING] Ketua MPR Bamsoet Alami Kecelakaan Saat Reli

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya