Comscore Tracker

Mengenal Arti Drive Thru dan Jenis Layanannya

Memudahkan konsumen untuk melakukan transaski dari mobil

Jakarta, IDN Times - Kalau kamu tinggal di kota besar pastinya sudah tidak asing lagi dengan layanan drive thru. Mulai dari restoran hingga layanan pemerintah sekarang banyak yang menggunakan sistem ini. Tak terkecuali layanan otomotif, seperti servis dan pembelian suku cadang.

Lalu, apa arti sebenarnya dari drive thru? Berikut pembahasannya.

1. Definisi drive thru

Mengenal Arti Drive Thru dan Jenis LayanannyaLayanan drive thru di Taco Bell PIK (Dok. Taco Bell Indonesia)

Drive thru adalah layanan yang memungkinkan pelanggan membeli produk dengan cepat tanpa perlu turun dari kendaraan. Umumnya, drive thru melayani pelanggan yang menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua.

Drive thru menjadi solusi yang cepat dan mudah bagi para konsumen. Mereka tidak perlu turun dan pergi langsung ke dalam gedung untuk membeli yang mereka inginkan. Maka dari itu, layanan ini semakin digemari oleh konsumen.

Baca Juga: Sejarah Awal Mula Drive Thru, Ini 7 Fakta Perkembangannya hingga Kini

2. Contoh layanan drive thru

Mengenal Arti Drive Thru dan Jenis LayanannyaDrive-Thru Halodoc (Dok. IDN Times)

Layanan drive thru banyak digunakan oleh gerai makanan cepat saji. Namun layanan ini juga sudah digunakan di banyak bidang bisnis, misalnya saja gerai mini market, layanan pemerintah, dan perusahaan yang bergerak di bidang produk dan jasa konsumen.

Berikut beberapa contoh layanan drive thru yang ada di Indonesia.

  • Pembelian tiket kereta api di stasiun besar seperti Stasiun Gambir, Jakarta dan Stasiun Prujakan, Cirebon.
  • Bank, semakin banyak ATM drive thru yang memudahkan nasabah untuk menarik uang tanpa perlu turun dari kendaraan. 
  • Gerai makanan, sudah banyak diterapkan oleh industri makanan cepat saji yang mudah dan praktis.
  • Pembayaran pajak kendaraan bermotor oleh SAMSAT Polda Metro Jaya. 
  • Layanan kesehatan di masa pandemi seperti ini, banyak yang menggunakan swab drive thru untuk meminimalisir penyebaran.

3. Sejarah awal berdiri drive thru

Mengenal Arti Drive Thru dan Jenis LayanannyaUnsplash.com/Tim Cooper

Drive thru pertama kali diperkenalkan oleh restoran Red's Giant Hamburg di Route 66 di Springfield, Missouri, AS pada tahun 1947. Tingginya kepemilikan mobil saat itu dan obsesi masyarakat terhadap pelayanan yang serba cepat dan efektif membuat layanan ini cepat menyebar ke penjuru dunia.

McDonald’s, yang sangat terkenal karena layanan Drive Thrunya sendiri baru menerapkan konsep Drive Thru pada tahun 1975.

4. Ada konsep Drive In

Mengenal Arti Drive Thru dan Jenis LayanannyaDua orang pengunjung menyaksikan pemutaran film dari dalam mobil di area parkir Mall Alam Sutera, Kota Tangerang, Banten, Sabtu (1/8/2020). ANTARA FOTO/Fauzan

Sebelum drive thru diterapkan di restoran cepat saji, di Amerika Serikat sudah ada layanan Drive In terlebih dahulu. Di sini, pengunjung dapat makan makanan di dalam kendaraan tanpa harus meninggalkan kendaraan mereka.

Konsepnya kurang lebih sama dengan drive thru, namun penerapannya kini jarang digunakan karena kurang efektif. Tetapi, cara ini bisa menjadi alternatif bagi para konsumen yang ingin menikmati makan di luar rumah tetapi masih ragu karena adanya virus Covid-19 ini.

Penulis: Nafila Chaerunnisa

Baca Juga: Daftar Mobil City Car Terbaik, Mana Pilihanmu? 

Topic:

  • Dwi Agustiar
  • Bunga Semesta Int

Berita Terkini Lainnya