Comscore Tracker

Serba-serbi Servis Besar Mobil, Apa Saja yang Dicek? 

Wajib dilakukan agar tak kerepotan jika mobil mogok mendadak

Jakarta, IDN Times - Servis mobil seharusnya dilakukan secara rutin. Tujuannya biar performa mobil selalu terjaga. Selain itu rutin servis juga akan membuat mobil terhindar dari mogok.

Tapi tahu gak sih kalau ada dua jenis servis, yakni servis berkala atau servis ringan dan servis besar. Keduanya sangat berbeda. Nah, berikut serba-serbi servis besar yang harus kamu tahu.

1. Apa itu servis besar mobil?

Serba-serbi Servis Besar Mobil, Apa Saja yang Dicek? Ilustrasi proses servis besar mobil (unsplash.com/MW van der Walt)

Servis besar mobil berbeda dengan servis ringan. Biasanya pada servis ringan hanya meliputi pada pergantian oli, filter oli, hingga pembersihan pada filter udara. Namun pada servis besar, dilakukan pemeriksaan dan pergantian komponen-komponen lain yang kondisinya sudah tak bagus secara menyeluruh.

Servis ini bertujuan agar kondisi mobil dapat terus berjalan dengan prima. Karena biasanya mobil cenderung akan menurun performanya seiring berjalannya waktu penggunaan.

Baca Juga: Begini Cara Servis di Bengkel Resmi

2. Komponen yang diperiksa saat servis besar

Serba-serbi Servis Besar Mobil, Apa Saja yang Dicek? Ilustrasi proses servis besar mobil (pexels.com/Artem Podrez)

Adapun beberapa komponen yang biasanya akan diperiksa atau diganti jika kondisinya sudah tak layak, meliputi:

  • Oli mesin, transmisi, hingga gardan diganti dengan yang baru.
  • Filter oli turut diganti pula.
  • Pembersihan pada filter udara.
  • Pemeriksaan baut-baut pada kaki-kaki mobil.
  • Pengecekan busi dan kabel pada busi.
  • Pembersihan pada intake manifold.
  • Penyetelan klep pada mobil yang klep-nya masih manual.
  • Pemeriksaan kondisi rem mobil.
  • Pengecekan kopling.
  • Pemeriksaan bagian radiator.
  • Pemeriksaan sistem kelistrikan pada mobil.
  • Melihat kondisi sistem bahan bakar.

3. Kapan servis besar pada mobil mulai dilakukan?

Serba-serbi Servis Besar Mobil, Apa Saja yang Dicek? Ilustrasi proses servis besar mobil (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jika dilihat pada namanya, mungkin banyak yang beranggapan bahwa servis besar pada mobil dilakukan jika mobil sudah mengalami permasalahan yang cukup menganggu. Padahal sebetulnya servis besar mobil dianjurkan untuk dilakukan sesuai dengan buku panduan dari pabrikan mobilnya.

Beberapa pihak menganjurkan servis besar pada mobil dilakukan setiap mobil mencapai jarak tempuh 40.000 km atau memasuki jangka waktu 2 tahun. Servis besar ini perlu dilakukan walaupun mobil belum memunculkan masalah-masalah yang mengganggu, sebab komponen-komponen pada mobil akan mengalami penurunan kualitas seiring bertambahnya jarak tempuh dan waktu pakai, dan jika tidak diperhatikan kondisinya maka akan menimbulkan permasalahan yang menganggu bahkan secara mendadak.

4. Estimasi biaya servis besar mobil

Serba-serbi Servis Besar Mobil, Apa Saja yang Dicek? Ilustrasi proses servis besar mobil (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Untuk servis besar pada mobil yang satu dengan yang lainnya akan berbeda. Hal ini bisa tergantung dari merek mobil, karena bengkel resmi tiap merek mobil akan mematok tarif yang berbeda satu sama lain. Sebagai contoh, untuk estimasi harga servis besar mobil Toyota Avanza dibanderol mulai dari Rp. 1,8 jutaan, Suzuki Ertiga dibanderol mulai dari Rp. 1,9 jutaan, hingga Mitsubishi Xpander dibanderol mulai dari Rp. 2,5 jutaan.  

Nah, sebelum permasalahan dan gangguan mulai muncul pada mobil kesayanganmu, jangan lupa untuk mengantarkan mobil ke bengkel untuk dilakukan servis besar. Karena walau belum terasa permasalahannya, komponen pada mobil memang sudah harus diperiksa dan diganti apabila sudah mencapai jarak tempuh tertentu, seperti 40.000 km, sehingga kamu tak kelimpungan jika sewaktu-waktu mobil mengalami permasalahan mendadak.

Servis besar mobil ini sebenarnya dapat dilakukan di bengkel manapun, baik bengkel biasa hingga bengkel resmi. Namun melakukan servis di bengkel resmi dirasa lebih baik karena bengkel resmi memiliki standar tersendiri untuk memasang dan memeriksa komponen mobil, sesuai dengan pabrikannya.

Oleh karena itu, jangan lupa periksakan mobilmu secara rutin, ya!

Penulis: Syahrial Maulana Sudarto

Baca Juga: 4 Keuntungan Servis Mobil Berkala

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya