Comscore Tracker

5 Tips Aman Menghindari Penipuan Saat Menjual Mobil

Keamanan nomor satu!

Ketika menjual mobil kita selalu terfokuskan dengan berapa jumlah uang yang akan didapatkan ketika menjual mobil, tidak salah sih jika Anda memperhitungkan berapa nilai jual beli mobil Anda apalagi dengan mengabiskan biaya untuk merawat mobil Anda tentu akan menjadi hal utama untuk mendapatkan uang yang setara dengan harga mobil Anda.

Akan tetapi, nilai jual bukanlah satu-satunya hal yang harus dipikirkan ketka menjual mobil, Anda juga harus memikirkan keamanan transaksi jual beli mobil Anda dengan pelanggan, tidak ada yang tahu bisa saja Anda terkena tipu oleh pelanggan Anda sendiri, berikut ini tips-tips sederhana yang perlu Anda lakukan sebelum menjual mobil.

1. Mencari tempat aman untuk transaksi

5 Tips Aman Menghindari Penipuan  Saat Menjual MobilUnsplash.com/Michmok

Ketika ada pembeli yang hendak membeli mobil Anda dan berniat untuk bertemu, lakukanlah di tempat yang aman dan ramai agar bila terjadi sesuatu, Anda bisa meminta bantuan dengan cekatan. Bukan berarti kita mencurigai pembeli, melakukan hal seperti ini selaku menjaha diri dari tindak kriminal.

2. Jangan terima cek

5 Tips Aman Menghindari Penipuan  Saat Menjual MobilUnsolash.com/markusspiske

Sebelumnya kita harus waspada dengan adanya para penipu yang biasanya  ingin menipu penjual mpbil dengan sering menyerahkan cek palsu untuk mendapatkan mobil gratis.  Jika Anda hendak menjual mobil dan sudah menemukan pembeli beri tahu pembeli bahwa Anda hanya akan menerima uang tunai. Ada juga beberapa cara untuk memastikan Anda melakukan transaksi dengan aman yaitu melalui bank tepercaya untuk memverifikasi dana sebelum menyerahkan mobil. Tanda umum dari cek palsu dari penipu biasanya mereka menawarkan untuk membayar lebih dari  harga yang Anda patok.

3. Waspada dengan Drive Tes

5 Tips Aman Menghindari Penipuan  Saat Menjual MobilUnsplash.com/marckleen

Dapat dimengerti bahwa calon pembeli akan meminta test drive sebelum membeli kendaraan anda. Namun  ini menjadi peluang sempurna untuk penipu yang hendak menyamar menjadi pembeli.  Pastikan saat melakukan tes drive dengan pembeli Anda haru s dtemani oleh seseorang dan pastikan untuk mengikuti pembeli melakukan tes drive. Akan tetapi sebelum melakukan tes drive pastikan bahwa Anda mengetahui riwayat si pembeli seperti meminta kartu tanda pengenal serta SIM  dari si pembeli agar Anda cukup yakin.

Baca Juga: 5 Perusahaan Mobil Terkenal Ini Awalnya Gak Bikin Mobil

4. Ketahui nilai harga mobil anda

5 Tips Aman Menghindari Penipuan  Saat Menjual MobilUnsplash.com/nate_dumlao

Maraknya penipuan dengan kedok beli mobil menjadikanmu harus lebih waspada ketika hendak menjual mobil, pastikan nilai harga jual mobil Anda di pasaran. Jika si pembeli berniat untuk mengecek mekanik mobil anda, pastikan Anda harus menghubungi ahli mekanik terpercaya, jangan biarkan si pembeli menyediakan ahli mekanik sendiri karena ini dapat menimbulkan sedikit masalah jika sebenarnya pembeli tersebut berniat jahat dengan menghadirkan mekanik yang dapat merusak mekanik mobil Anda agar bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Pastikan untuk bernegosiasi dengan baik dengan pelanggan tentang harga yang pantas untuk mobil anda.

5. Gunakan layanan pembelian mobil

5 Tips Aman Menghindari Penipuan  Saat Menjual MobilUnsplash.com/Impatrickt

Jika Anda bingung bagaimana cara menjual mobil Anda dengan aman, Anda bisa menjual mobil Anda kepada pembeli daring bersertifikasi . Agen online seperti ini akan memberikan Anda bayaran langsung, meskipun Anda kemungkinan tidak akan mendapatkan uang sebanyak yang Anda dapat bila melalui penjualan pribadi, akan tetapi Anda akan menyelamatkan diri dari rumitnya melayani calon pembeli serta aman dari penipuan

Itulah tadi beberapa tips aman agar terhindar dari penipuan saat ingin menjual mobil, mencai keamanan lebih baik dibanding harus menghadapi resiko yah...

Baca Juga: 3 Tip Merawat Kaki-kaki Mobil agar Tetap Nyaman Seperti Mobil Baru

Shasya Khairana Photo Verified Writer Shasya Khairana

Semua berawal dari tulisan kecil || Ig: Shasya Khairana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya