Comscore Tracker

5 Kesalahan Kecil Penyebab Pengendara Mobil Kecelakaan

Jika konsentrasi hilang, akibatnya bisa fatal!

Mengendarai sebuah mobil memiliki risiko yang sangat besar. Apalagi jika konsentrasi hilang yang paling mudah mengakibatkan kecelakaan. Untuk itu, seorang pengendara mobil wajib lulus tes pembuatan SIM A serta memahami dengan baik aturan-aturan berkendara.

Selain itu, untuk menghindari terjadinya kecelakaan, pengendara juga bisa meminimalisir risiko dengan tidak melakukan lima kesalahan kecil di bawah ini. Langsung simak sederet tips untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan mobil di jalanan berikut ini, yuk!

1. Asik memainkan ponsel

5 Kesalahan Kecil Penyebab Pengendara Mobil Kecelakaanilustrasi main ponsel saat mengemudi (pexels.com/Roman Pohorecki)

Asik memainkan ponsel saat mengemudi adalah salah satu penyebab terbesar terjadinya kecelakaan mobil. Selain itu, main ponsel saat mengemudi juga sudah diatur dalam Undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Apabila ketauan melanggar, maka hukumnya berupa tilang.

Untuk itu, hindari memainkan ponsel saat mengemudi. Cukup dengan mematikan ponsel, kamu bisa lebih berkonsentrasi dan meminimalisir terjadinya kecelakaan.

2. Ugal-ugalan

5 Kesalahan Kecil Penyebab Pengendara Mobil Kecelakaanilustrasi ugal-ugalan (pexels.com/Jesse Zheng)

Ugal-ugalan juga bisa diartikan kebut-kebutan. Kesalahan berkendara seperti ini sering sekali menyebabkan kecelakaan. Sebagai pengemudi yang bijak, kamu harus mematuhi rambu-rambu lalulintas dan lebih mementingkan keselamatan dari apapun.

Perlu diingat, setiap jalan memiliki batas kecepatannya masing-masing. Jika kamu melanggar, maka akibatnya kamu bisa ditilang polisi. Huh, emang mau ditangkap polisi?

Baca Juga: 4 Doa Melihat atau Mengalami Kecelakaan, Yuk Amalkan!

3. Tidak menghidupkan lampu sen saat berbelok dan menyalip

5 Kesalahan Kecil Penyebab Pengendara Mobil Kecelakaanilustrasi menggunakan lampu sen (pexels.com/Anas Jawed)

Lampu sen adalah alat yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pengendara lain. Lampu akan memberikan kode kepada pengendara lain tentang apa yang akan kamu lakukan dan kondisi di jalan. Sebagai pengendara mobil kamu harus tahu bahwa lampu sen bukan cuma digunakan ketika ingin berbelok kiri dan kanan.

Menyalakan lampu sen sebelah kanan padahal jalannya lurus memiliki arti jangan menyalip. Sebaliknya, jika menghidupkan sebelah kiri berarti silahkan menyalip. Sedangkan untuk lampu hazard, gunakan lampu ini untuk memberitahu pengendara di belakang bahwa ada lubang atau rintangan di depan.

4. Mengemudi dalam kondisi mengantuk

5 Kesalahan Kecil Penyebab Pengendara Mobil Kecelakaanilustrasi mengemudi (pexels.com/Hassan OUAJBIR)

Mengemudi dalam keadaan mengantuk adalah kesalahan keempat yang akibatnya bisa menyebabkan kecelakaan bahkan kematian. Untuk itu, sebaiknya kamu jangan mengemudi ketika sedang mengantuk.

Kamu bisa meminta tolong seseorang untuk bergantian. Namun, jika tidak ada, kamu bisa wajib beristirahat sejenak di rest area terdekat. Jangan dipaksakan, ya!

5. Lalai mengecek kondisi mobil 

5 Kesalahan Kecil Penyebab Pengendara Mobil Kecelakaanilustrasi mengemudi (pexels.com/Kampus Production)

Ketika hendak berpergian jauh, kamu harus mengecek kondisi mobil. Pastikan semuanya berfungsi sebagai normal, seperti sistem pengereman, lampu-lampu, dan kondisi ban.

Jika lalai, maka akibatnya bisa fatal. Sejauh ini, penyebab terbanyak terjadinya kecelakaan adalah rem blong.

Pentingnya menjaga keselamatan berkendara adalah tugas semua pengguna jalan, termasuk pengendara motor, pesepeda, hingga pejalan kaki. Dengan mematuhi rambu-rambu lalul intas dan tidak melakukan lima kesalahan di atas, kamu pun bisa meminimalisir risiko kecelakaan ketika tengah berkendara. Realisasikan, ya!

Baca Juga: Waspada, Karpet Mobil Bisa Sebabkan Kecelakaan!

Sumahir Hidayanto Photo Verified Writer Sumahir Hidayanto

Penulis lepas, lepas, ayo lepaskan unek-unek

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya