Comscore Tracker

IIMS 2021: Jokowi Minta Pengembangan Mobil Listrik Dipercepat

Jokowi optimistis industri otomotif segera bangkit

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo optimistis industri otomotif di Indonesia bisa segera bangkit usai diterpa pandemik COVID-19. Dia juga mengatakan industri otomotif menjadi salah satu penggerak perekonomian nasional.

"Industri otomotif merupakan salah satu penggerak perekonomian kita yang harus segera kita akselerasi, kita percepat, karena di sini banyak keterlibatan pelaku usaha dalam negeri," kata Jokowi saat membuka Pameran Otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 secara virtual, Kamis (15/4/2021).

1. Jokowi ingin memperkerjakan lebih banyak pekerja untuk meningkatkan ekspor

IIMS 2021: Jokowi Minta Pengembangan Mobil Listrik DipercepatPresiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Jokowi juga menyampaikan keinginannya untuk segera memperkerjakan lebih banyak pekerja guna meningkatkan ekspor ke negara lain.

"Keinginan saya juga segera memperkerjakan lebih banyak lagi pekerja dan juga ikut menggerakkan industri UMKM, dan juga segera menaikan ekspor kita ke negara-negara lain, ke pasar global, namun yang harus kita ingat bersama-sama, kita ini masih di dalam masa pandemik," kata Jokowi.

Baca Juga: IIMS 2021 Resmi Digelar, Jokowi Singgung MotoGP Mandalika 

2. Jokowi minta pengembangan mobil listrik di Indonesia dipercepat

IIMS 2021: Jokowi Minta Pengembangan Mobil Listrik DipercepatDok. Istimewa / Garuda Indonesia

Jokowi juga optimistis teknologi hijau di Indonesia bisa berkembang pesat. Menurutnya, ekonomi hijau bisa menjadi tumpuan, potensi, hingga kekuatan besar bagi Indonesia.

"Penggunaan ekonomi terbarukan seperti B30 B100 juga harus terus dilanjutkan. Pengembangan mobil listrik juga harus dipercepat, dan kita harapkan menjadi salah satu industri unggulan Indonesia," harapnya.

3. Jokowi: Keterlibatan UMKM bisa meningkatkan perekonomian

IIMS 2021: Jokowi Minta Pengembangan Mobil Listrik DipercepatPresiden Joko Widodo memberikan pemaparan saat menjadi pembicara kunci pada Indonesia Digital Economy Summit 2020 di Jakarta, Kamis (27/2/2020) (ANTARA FOTO/Restu P)

Jokowi menyampaikan keterlibatan industri UMKM dalam rantai pasok juga harus ditingkatkan. Selain itu nilai tambah ekonomi dalam negeri juga harus jadi prioritas. Sehingga penyerapan tenaga kerja lokal adalah menjadi bagian yang penting.

"Tentu saja yang paling penting adalah penyerapan tenaga kerja lokal dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata Jokowi.

Baca Juga: [FOTO] MotoGP Musim 2021, Motor-motor Ini Bakal Mencuri Perhatian

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya