Comscore Tracker

Keren! Ini Hal Menarik dari TOYOTA GAZOO Racing yang Wajib Kamu Tahu 

Hadir di Indonesia dan pas untukmu yang berjiwa sporty!

Perjalanan panjang selama 50 tahun di Indonesia menjadi seperti usaha tiada henti bagi Toyota untuk dapat memenuhi kebutuhan mobilitas, teknologi, serta tren yang beragam dan terus berkembang.

Kali ini PT Toyota-Astra Motor (TAM) kembali hadirkan brand baru yaitu TOYOTA GAZOO Racing (TGR) yang membawa spirit motorsport, sebagai bagian dari upaya menghadirkan ever-better cars yang menyenangkan untuk memenuhi keinginan kamu yang berjiwa sporty.

Namun, kira-kira apa yang mendasari TAM memperkenalkan TOYOTA GAZOO Racing di Indonesia? Serta bagaimana TGR bisa menghadirkan mobil yang sangat menyenangkan untuk dikendarai? Simak penjelasannya berikut ini yuk! Jangan di-skip karena bakal seru banget sih.

Empat Filosofi TOYOTA GAZOO Racing

1. Roads build people and people builds cars

Keren! Ini Hal Menarik dari TOYOTA GAZOO Racing yang Wajib Kamu Tahu Yaris GR Sport (Dok. Toyota)

Yup, itu adalah filosofi pertama untuk menciptakan sebuah mobil yang akan disukai oleh banyak orang selama 100 tahun ke depan seperti yang dikatakan oleh President Director PT TAM, Susumu Matsuda.

“Kami selalu mencoba untuk menghadapi tantangan baru dan berjuang untuk perubahan, dengan visi untuk menciptakan mobil yang sangat menyenangkan untuk dikendarai,” tambahnya.

TGR percaya bahwa roads build people and people build cars karena ada begitu banyak jenis jalan di seluruh dunia. Masing-masing jalan menantang TGR untuk menjadi lebih kuat dan pintar.

Selain itu, TGR juga percaya bahwa jalan adalah guru terbesar yang membantu mengasah indra untuk menciptakan mobil yang sesuai dan benar untuk kebutuhan pengguna. Dalam juga gak sih filosofi ini? IDN Times sih menganggap ini keren.

Baca Juga: 5 Mobil Sporty Car Toyota yang Paling Laris Jadi Rebutan Konsumen

2. The harsh environment of racing

Keren! Ini Hal Menarik dari TOYOTA GAZOO Racing yang Wajib Kamu Tahu Raize GR Sport (Dok. Toyota)

Selain itu, TGR juga lahir dari lingkungan balapan yang sangatlah keras. Hal itu tentu saja menjadi tempat latihan yang ideal bagi TGR. Dalam lingkungan yang sangat ekstrim, banyak kejadian tak terduga terjadi dan keputusan sepersekian detik harus dibuat.

Dengan pengalaman tersebut menantang dan menginspirasi TGR untuk belajar sampai batas kemampuan untuk mendukung pengembangan mobil yang semakin baik.

3. Dialogue with the road

Keren! Ini Hal Menarik dari TOYOTA GAZOO Racing yang Wajib Kamu Tahu Fortuner GR Sport (Dok. Toyota)

Untuk fit di segala medan, tentu saja TGR juga tidak hanya melihat dan menguji mobil di berbagai permukaan jalan atau medan yang berbeda, tetapi juga berdialog dengan jalanan. Dari jalanan pegunungan yang membekukan hingga jalur yang sangat panas melintasi gurun.

Serta di tikungan yang berkelok-kelok dan jalan lurus tidak berujung, di atas permukaan halus dan medan berbatu, TGR berdialog dengan semua jenis jalan yang menantang, menginspirasi, dan mengajari TGR untuk membuat mobil yang lebih baik.

4. Driver-centric

Keren! Ini Hal Menarik dari TOYOTA GAZOO Racing yang Wajib Kamu Tahu GR Supra (Dok. Toyota)

Selain itu, pengemudi juga merupakan fokus utama dalam sebuah pengembangan kendaraan. TGR menciptakan mobil yang dapat dikendalikan dan membuat pengemudi merasa nyaman.

Di belakang kemudi, pengemudi berkomunikasi dengan kendaraan menggunakan semua indra. Feedback dari pengemudi membantu TGR membuat ever-better cars.

Keren! Ini Hal Menarik dari TOYOTA GAZOO Racing yang Wajib Kamu Tahu 8 Line-up TOYOTA GAZOO Racing di Indonesia (Dok. Toyota)

Hadirkan delapan line-up TOYOTA GAZOO Racing di Indonesia

Diperkenalkan sejak dua tahun lalu, line-up produk TOYOTA GAZOO Racing mulai dari sports car GR Supra hingga sporty car Raize GR Sport telah mendapat apresiasi dari pelanggan Indonesia.

Berkomitmen untuk penuhi tingginya minat pelanggan terhadap kendaraan karakter sporty, TAM perluas pilihan line-up TOYOTA GAZOO Racing dengan memperkenalkan lima model GR sekaligus yaitu Rush GR Sport, Fortuner GR Sport, Yaris GR Sport, Agya GR Sport dan satu model GR yang dijual dalam jumlah terbatas yaitu Veloz GR Limited.

Tentu saja desain eksterior semakin gagah dan beraura sporty. Cocok banget sih untuk kamu yang berjiwa muda.

Keren! Ini Hal Menarik dari TOYOTA GAZOO Racing yang Wajib Kamu Tahu 5 produk baru TOYOTA GAZOO Racing (Dok. Toyota)

Tidak sampai di situ saja, TAM juga secara resmi meluncurkan sports car yang dikembangkan langsung dari seri balap dunia WRC yaitu GR Yaris. Dengan hadirnya GR Yaris, maka secara total terdapat delapan line-up produk TOYOTA GAZOO Racing. Wah, buat kamu yang suka mobil yang sporty wajib banget sih kepo-in TGR ini. Ingin tahu lebih lengkapnya bisa cek di sini!

Keren! Ini Hal Menarik dari TOYOTA GAZOO Racing yang Wajib Kamu Tahu GR Yaris (Dok. Toyota)

Kiprah TOYOTA GAZOO Racing di ajang motosport dunia

Kamu juga perlu tahu nih TGR sebetulnya dimulai sejak 2007 ketika para karyawan Toyota sukarela bergabung dalam tim balap yang diberi nama GAZOO Racing untuk mengikuti balap ketahanan Nürburgring 24 jam di Jerman. Karyawan yang bergabung sebagai pembalap dan mekanik, termasuk Akio Toyoda sebagai master driver, berjibaku di kerasnya persaingan nonstop mengandalkan 2 unit Toyota Altezza RS200.

Berkat tekad yang kuat tim berhasil menyelesaikan balapan. Pencapaian ini menggambarkan bagaimana TGR didirikan dengan semangat menghadapi tantangan yang bertujuan untuk memulai perubahan. Sejak itu, TGR konsisten berpartisipasi di ajang motorsport dunia seperti World Endurance Championship (WEC), World Rally Championship (WRC), dan Dakar Rally.

Keren banget sih ini TGR, di balik filosofi dan berbagai prestasi yang didapatkan, TAM menghadirkan mobil yang memang sesuai dengan kebutuhan pelanggan yang berjiwa sporty. Bagaimana menurutmu? Kalau kamu ingin tahu lebih lengkap bisa cek di sini ya! (WEB)

Baca Juga: 50 Tahun Toyota di Indonesia, Ini 5 Fakta Unik di Balik Toyota Kijang

Topic:

  • Ridho Fauzan
  • Bima Anditya Prakasa

Berita Terkini Lainnya