Comscore Tracker

7 Tanda Kendaraanmu Butuh Turun Mesin, Jangan Lupa Cek, ya!

Biar mahal, ini cara terbaik mengatasi masalah kronis mesin

Turun mesin atau overhaul merupakan  suatu cara perbaikan mesin dengan jalan membongkar atau menurunkan mesin agar kembali berfungsi sebagaimana mestinya. Apabila kendaraan harus mengalami turun mesin itu berarti kendaraan tersebut tengah mengalami masalah yang serius. Oleh karena itu, tidak heran biaya yang dibutuhkan juga tidak sedikit.

Nah, untuk memastikan apakah kendaraannya benar-benar butuh turun mesin atau tidak, kamu perlu menganalisa dengan baik agar tindakan yang kamu pilih tepat. Berikut ini adalah tanda kalau kendaraanmu butuh 'turun mesin'. Silakan dicek ya!

1. Suhu mesin naik secara tidak wajar

7 Tanda Kendaraanmu Butuh Turun Mesin, Jangan Lupa Cek, ya!unsplash.com/clintmckoy

Coba perhatikan mesin kendaraanmu apakah mengalami kenaikan suhu yang wajar atau tidak? Kalau memang tidak wajar, itu artinya kendaraanmu perlu turun mesin. Pada kondisi normal, suhu mesin memang akan meningkat namun peningkatan ini stabil dan terjadi sewajarnya.

Namun, pada kendaraan yang harus turun mesin, kenaikan suhu berlebihan atau overheating. Overheating sendiri terjadi karena mesin sudah melampaui suhu kerjanya namun proses pendinginan tidak mampu lagi mengimbangi peningkatan suhu tersebut.

2. Mesin mati mendadak

7 Tanda Kendaraanmu Butuh Turun Mesin, Jangan Lupa Cek, ya!unsplash.com/tabeadamm

Ciri yang satu ini merupakan akibat dari overheating tadi. Mesin kendaraan akan mati secara mendadak karena perubahan suhu yang tidak wajar tadi. Apabila hal ini terjadi sebaiknya jangan terus memaksa menyalakan mesin melainkan tunggu hingga suhunya turun.

Baca Juga: 5 Kelebihan Mobil Listrik yang Tidak Dimiliki oleh Mobil BBM

3. Busi selalu terkena oli

7 Tanda Kendaraanmu Butuh Turun Mesin, Jangan Lupa Cek, ya!unsplash.com/jeztimms

Coba perhatikan busi kendaraan. Apakah kepala busi sering terkena oli? Jika iya, itu artinya oli sudah masuk ke dalam ruang kompresi. Selanjutnya, pastikan tidak terjadi kerusakan pada boring. Kerusakan pada bagian ini mengharuskan kamu mengganti ring piston dan bila kondisi ruang kompresi tidak baik lagi, maka kendaraanmu harus turun mesin tuh!

4. Air radiator yang berkurang

7 Tanda Kendaraanmu Butuh Turun Mesin, Jangan Lupa Cek, ya!unsplash.com/timmossholder

Ciri lainnya adalah air radiator kendaraanmu sering berkurang secara drastis atau bahkan mau menyembur saat mesin dinyalakan. Agar menemukan penyebab yang sebenarnya, sebaiknya segera lakukan pengecekan komponen radiator kendaraanmu, deh.

5. Air radiator berminyak dan oli berwarna kecoklatan

7 Tanda Kendaraanmu Butuh Turun Mesin, Jangan Lupa Cek, ya!unsplash.com/markusspike

Bila air radiator menjadi berminyak dan oli kemdaraanmu berwarna kecoklatan bisa jadi tanda kalau kendaraanmu harus turun mesin. Perubahan yang terjadi pada air radiator dan oli ini menandakan bahwa air telah masuk ke ruang kompresi atau oli masuk ke saluran air. Ini terjadi karena blok kepala silinder mengalami korosi hingga bocor dan tidak dapat diatasi hanya dengan mengganti kepala silindernya. Akibatnya perlu bongkar mesin deh!

6. Asap knalpot berwarna putih

7 Tanda Kendaraanmu Butuh Turun Mesin, Jangan Lupa Cek, ya!unsplash.com/theaishe

Tanda yang satu ini paling terlihat dari luar. Knalpot asap yang berwarna putih pekat ini menandakan kendaraan harus turun mesin. Namun beberapa kasus, turun mesin yang ditempuh hanya turun mesin separuh karena kerusakan yang terjadi hanya terjadi pada bagian seal-seal slave yang mengeras.

7. Suara mesin berisik

7 Tanda Kendaraanmu Butuh Turun Mesin, Jangan Lupa Cek, ya!https://unsplash.com/derveit

Pada mesin normal, bunyi yang keluar sudah diserap terlebih dahulu oleh peredam knalpot. Namun, saat mesin mengalami kerusakan maka akan terdengar suara yang berisik dan mengganggu. Biasanya ini menandakan adanya komponen yang sudah lewat masa pakainya dan perlu diganti. Sehingga tidak jarang turun mesin menjadi solusi mengatasi masalah ini.

Nah, itu tanda yang akan muncul pada mesin kendaraan yang butuh turun mesin. Semoga membantu.

Baca Juga: Mesin Turbo Lagi Trending, Ini 4 Keuntungannya

Vina Anggerina Photo Community Writer Vina Anggerina

an ISFP-T // yuk berteman: @vinaanggerina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You