Comscore Tracker

10 Fitur Canggih Keselamatan Mobil yang Harus Dikuasai Pengendara

Jangan sepelekan soal keselamatan

Fitur keselamatan dalam sebuah mobil membuat kita dan penumpang semakin aman dan nyaman ketika mengendarai sebuah mobil. Tapi, bukan berarti dengan fitur keamanan yang mumpuni kamu boleh ugal – ugalan. Justru kamu tetap harus berhati – hati dengan segala kondisi di jalan raya. Nah, berikut beberapa fitur keselamatan yang penting dan modern serta cukup membantu di mobil.

1. Seatbelt

10 Fitur Canggih Keselamatan Mobil yang Harus Dikuasai Pengendararac.co.uk

Seatbelt adalah fitur keselamatan paling awal dan mudah dari sebuah mobil. Tinggal pasangkan sabuk dan klik pada tempat yang sudah disediakan. Namun ada sekian banyak orang tidak mau menggunakan seatbelt. Tentunya berbagai alasan, karena malas atau takut bajunya berantakan. Seatbelt dapat mencegah kita terlempar dari mobil ketika terjadi tabrakan. Jadi, jangan malas pakai seatbelt lagi ya.

2. Airbag

10 Fitur Canggih Keselamatan Mobil yang Harus Dikuasai Pengendarahargatoyota.com

Airbag adalah kantung udara yang akan mengembang ketika kendaraan menabrak suatu objek dalam kecepatan tertentu. Karena jika belum menyentuh batas kecepatan, airbag tidak akan mengembang. Zaman sekarang, lazimnya airbag ada dua yaitu di sisi depan pengemudi dan penumpang depan. Namun, ada pabrikan yang menambahkannya seperti di kursi, di kaki, atau airbag tirai yang memanjang dari depan sampai ke belakang.

3. Sensor parkir

10 Fitur Canggih Keselamatan Mobil yang Harus Dikuasai Pengendaramongoose.com.au

Sensor parkir sebenarnya berguna untuk pengemudi pemula. Sensor akan berbunyi ketika mobil terlalu dekat dengan suatu objek. Jadi pengemudi yang masih amatir, masuk ke sebuah gang, kemungkinan mobil untuk lecet karena menempel dengan sisi kanan kiri gang lebih kecil. Selain itu, ketika parkir, kamu akan lebih mudah merasakan lewat suara yang diberikan dari sensor parkir tersebut, apakah sudah pas atau belum.

4. ABS

10 Fitur Canggih Keselamatan Mobil yang Harus Dikuasai Pengendarascottsautomotiveinc.com

ABS adalah Antilock Braking System, sistem pengereman yang mencegah roda mobil terkunci ketika melakukan pengereman keras atau mendadak. Jika roda terkunci, takutnya mobil akan oleng, dan tidak bisa dikendalikan. Rem ABS sudah diaplikasikan ke semua mobil, kecuali untuk beberapa mobil dengan harga dibawah Rp150 jutaan, ada yang sudah mengaplikasikan ABS, ada yang belum.

5. Hill start assist

10 Fitur Canggih Keselamatan Mobil yang Harus Dikuasai Pengendaramitsubishi-motors.com

Hill start assist berguna di jalan tanjakan yang curam. Gunanya adalah menahan rem ketika kaki sedang berpindah dari rem ke gas. Biasanya, mobil yang tidak dilengkapi hill start assist akan mundur sedikit baru jalan. Namun untuk beberapa orang yang sudah ahli, apapun mobilnya, dia tidak akan mundur sebelum melaju. Sebenarnya fitur ini sangat berguna, karena bisa sangat berbahaya apabila sampai mobil mundur di tanjakan.

Baca Juga: 6 Fitur Keselamatan Mobil yang Kekinian & Canggih di Tahun 2018

6. EBD

10 Fitur Canggih Keselamatan Mobil yang Harus Dikuasai Pengendaracartrade.com

EBD adalah Electronic Brakeforce Distribution, yaitu teknologi pengereman yang mengatur distribusi tekanan rem di setiap ban sesuai keperluan yang dibutuhkan si mobil. Sistem ini bekerja sesuai beban yang dipikul masing – masing roda. Misalnya, dengan dua penumpang saja dalam mobil, distribusi pengereman terbesar adalah roda depan, karena menopang beban. Sedangkan bila sebuah mobil misalnya MPV diisi full 7 penumpang, roda belakang juga mendapat tambahan daya pengereman. Tidak semua mobil lengkap dengan EBD.

7. Kamera parkir

10 Fitur Canggih Keselamatan Mobil yang Harus Dikuasai Pengendarasea.banggood.com

Siapa yang sering bagian belakang mobilnya penyok karena nabrak objek pendek tak terlihat? Banyak orang mundur hanya dengan kaca spion tengah, sebenarnya oke – oke saja, tapi kamera parkir cukup membantu apabila ada objek pendek yang tidak terlihat di kaca misalnya tiang. Jadi mobil kamu pun tidak penyok. Apabila ingin modifikasi mobilmu dengan memasang kamera parkir, pasang head unit yang mendukung dahulu ya.

8. VSC

10 Fitur Canggih Keselamatan Mobil yang Harus Dikuasai Pengendaraslideshare.net

VSC adalah Vehicle Stability Control, fitur keselamatan yang mencegah mobil mengalami oversteer atau understeer ketika berbelok. Intinya fitur ini menjaga kestabilan mobil saat berbelok dalam kecepatan tinggi. Kadang disebut VSA atau Vehicle Stability Assist dan ESC atau Electronic Stability Control. Semuanya sama saja, yaitu untuk menjaga kestabilan mobil. Yang membedakan hanya nama yang diberikan pabrikan saja.

9. Smart brake

10 Fitur Canggih Keselamatan Mobil yang Harus Dikuasai Pengendaramazda.com

Biasanya fitur ini hanya ada di mobil yang lebih mahal saja. Namun Mazda 2 memiliki fitur ini yang diberi nama Smart City Brake Support. Mobil akan secara otomatis mengambil alih rem untuk melakukan pengereman ketika ada rintangan atau potensi menabrak sesuatu di depan. Fitur ini dibantu sensor yang berada di balik kaca spion tengah yang aktif membaca jalan.

10. Blind spot monitoring

10 Fitur Canggih Keselamatan Mobil yang Harus Dikuasai Pengendaratadibrothers.com

Blind spot adalah titik buta atau area yang tidak terlihat ketika mengemudi, baik dengan mata atau spion. Maka dari itu, dibuatlah blind spot monitoring. Biasanya fitur ini menggunakan sensor yang diletakkan di bagian bawah kaca spion mobil. Ketika sensor mendeteksi adanya mobil yang luput dari pengawasan, sensornya akan berbunyi untuk mengingatkan kita untuk jaga jarak. Biasanya fitur ini hanya ada di mobil Rp400 jutaan ke atas.

Fitur mobil tak selamanya kemewahan saja. Keselamatan dan keamanan juga fitur yang wajib dipertimbangkan, selain kemewahan yang diberikan. Karena dengan fitur keselamatan yang mumpuni, kecelakaan bisa dihindari, dan efek dari kecelakaan bisa lebih berkurang daripada tidak ada keamanan sama sekali. Nah, menurut kamu mana yang paling bermanfaat?

Baca Juga: Ini 5 Fitur Keselamatan The New Chevrolet Trailblazer

William Tanamal Photo Community Writer William Tanamal

Gadget and Automotive Enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

JADWAL SALAT & IMSAK

26
MEI
2019
21 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You