Comscore Tracker

9 Hal yang Selalu Diperhatikan Konsumen Sebelum Membeli Mobil

Yang mana dulu?

Semakin tahun, pembelian mobil semakin meningkat. Ada yang membeli mobil karena memang punya keluarga dengan jumlah anggota yang banyak, ada yang digunakan untuk transportasi harian. Ketika membeli mobil, tentu saja banyak yang dipikirkan calon konsumen. Apa sajakah itu?

1. Tujuan atau kebutuhan dari membeli mobil

9 Hal yang Selalu Diperhatikan Konsumen Sebelum Membeli Mobilblog.blablacar.com

Jika ada seorang konsumen yang ingin membeli mobil dengan jumlah anggota keluarga sebanyak tujuh orang, tentu saja mobil hatchback tidak cukup. Dia butuh SUV 7-Seater, MPV atau Van. Jika dia hanya sendiri atau berempat saja, mobil hatchback pun sudah cukup. Tidak ada salahnya test drive sebelum melakukan SPK. Supaya seluruh keluarga senang dan merasa nyaman dengan mobil tersebut.

2. Brand/Merk

9 Hal yang Selalu Diperhatikan Konsumen Sebelum Membeli Mobilmymotorland.net

Power of Brand. Ya tentu saja ini sangat kuat. Contoh mobil yang brandnya sudah kuat di mata masyarakat adalah Toyota, Daihatsu, Honda dan Mitsubishi. Ada orang yang tidak peduli dengan fitur, ukuran atau harga sekalipun, intinya dia akan membeli mobil dari merk favoritnya. Tidak salah, karena yang biasanya brandnya kuat, mobilnya sudah teruji.

3. Fitur

9 Hal yang Selalu Diperhatikan Konsumen Sebelum Membeli Mobilmobil.wuling.id

Selain jumlah penumpang, fitur juga dipikirkan oleh calon konsumen. Misalnya, dia ingin mobil yang luas dan lega, karena keluarganya punya ukuran tubuh yang cukup besar supaya semuanya duduk dengan nyaman. Atau, ada konsumen yang sangat senang dengan segala hal yang modern, jadi fitur yang disukainya adalah seperti head unit yang kekinian, lampu LED, punya sunroof, rem parkir elektrik, passive keyless entry dan sebagainya.

4. Harga

9 Hal yang Selalu Diperhatikan Konsumen Sebelum Membeli Mobilhunsplash.com/@f7photo

Seberapa besar naksirnya kamu kepada satu unit mobil, tentu saja ketika akan melakukan SPK, harga yang menentukan kamu jadi atau tidak. Karena terkadang dengan fitur yang kamu mau, harganya sering lebih mahal dari perkiraan. Jadi, sebelum melihat hal lainnya, kamu lebih baik cari tahu harganya terlebih dahulu. Sehingga, ketika harganya tidak sesuai budget, kamu bisa langsung mencari mobil lain.

Baca Juga: Mau Beli Mobil atau Motor Baru? Test Drive Dulu di GIIAS Surabaya 2019

5. Keamanan

9 Hal yang Selalu Diperhatikan Konsumen Sebelum Membeli Mobilhargatoyota.com

Sistem keamanan mobil cukup banyak. Diantaranya Vehicle Stability Control(VSC), Hill Start Assist(HSA), Antilock Braking System(ABS), Electronic Braking Distribution(EBD), airbag yang banyak dan rem cakram di semua roda. Semewah apapun fitur sebuah mobil, akan percuma apabila keamanan mobil tersebut dibawah standar. Karena fitur keamanan sebuah mobil mampu mengurangi dampak dari kecelakaan yang bisa saja terjadi sewaktu – waktu.

6. Desain

9 Hal yang Selalu Diperhatikan Konsumen Sebelum Membeli Mobilmotorauthority.com

Jika desain sebuah mobil itu keren, kekinian, dan tidak lekang oleh waktu, biasanya akan laris. Desain adalah bagian dari eksterior, bagian pertama yang kita lihat dari sebuah mobil. Jadi, sebanyak dan sebagus apapun fitur mobilnya, jika desainnya jelek dan kuno, mobil itu berpotensi tidak laku. Karena masyarakat Indonesia juga masih banyak yang mencari mobil dengan melihat desainnya terlebih dahulu.

7. Ketebalan plat body

9 Hal yang Selalu Diperhatikan Konsumen Sebelum Membeli Mobilautomobilesreview.com

Plat body juga dipikirkan oleh sebagian calon pembeli. Mereka tidak ingin mobilnya berisik saat hujan turun. Karena jika plat bodynya tipis, suaranya akan sangat terasa di dalam mobil. Jika platnya tebal, suaranya tidak terlalu terasa di dalam.

8. Ketersediaan suku cadang

9 Hal yang Selalu Diperhatikan Konsumen Sebelum Membeli Mobilmitsubishi-motors.co.id/

Semua kendaraan perlu yang namanya perawatan rutin dan servis rutin. Jika suku cadangnya saja tidak ada, bagaimana mau servis mobilnya? Bisa – bisa nanti mobilnya terbengkalai dan tidak bisa diservis lagi. Jadi, ketersediaan suku cadang dan dealer untuk servis mobil juga perlu diperhatikan sebelum membeli mobil.

9. Bagasi

9 Hal yang Selalu Diperhatikan Konsumen Sebelum Membeli Mobilmobil.wuling.id

Ada yang membeli mobil untuk berbagai tujuan. Misalnya, selain membawa anggota keluarga pergi, dia juga ingin mobilnya bisa untuk membawa banyak barang. Nah, makanya bagasi juga cukup penting. Mobil yang bisa melakukan hal itu biasanya adalah MPV, Van atau SUV.

Beli mobil memang banyak yang harus diperhatikan. Jangan asal beli dan akhirnya menyesal. Mau jual lagi, harganya pun sudah turun, tidak bisa balik modal lagi. Jadi, mana hal yang paling kamu perhatikan sebelum beli mobil?

Baca Juga: Mau Beli Mobil Bekas? Lakukan 10 Tips Ini Supaya Gak Menyesal

William Tanamal Photo Community Writer William Tanamal

Gadget, Motorcycle and Food Enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You