Sebelum Membeli Mobil, Kenali 4 Jenis Mode Penggerak pada Mobil

Pernah mendengar istilah FWD, RWD, AWD dan 4WD sebelumnya?

Pernahkah kamu berpikir bagaimana cara kerja ban mobil supaya bisa bergerak? Dalam menggerakkan mobil, diperlukan tenaga agar mobil bisa bergerak. Tenaga tersebut didapat melalui mode penggerak pada mobil. Mode penggerak ini dinamakan Wheel Drive. Cara kerja dari Wheel Drive ini ialah dengan menyalurkan tenaga dari ban mobil ke jalan sehingga mobil dapat bergerak.

Setiap mobil memiliki wheel drive yang berbeda-beda. Saat ini, terdapat beberapa jenis mode penggerak pada mobil. Mulai dari FWD, RWD, AWD, dan 4WD. Lantas, apa saja perbedaan dari jenis-jenis mode penggerak tersebut? Untuk lebih jelasnya, mari simak ulasannya berikut ini.

1. Front Wheel Drive (FWD)

Sebelum Membeli Mobil, Kenali 4 Jenis Mode Penggerak pada Mobilwww.caranddriver.com

FWD merupakan metode penggerak pada mobil dengan menggunakan dua ban. Dari namanya, FWD bergerak dengan menggunakan tumpuan pada ban depan. Kelebihan dari mobil FWD ialah irit bahan bakar. Sehingga FWD banyak digunakan pada mobil-mobil keluarga. Tetapi kelemahan dari mobil FWD ialah memiliki beban pada bagian depan mobil sehingga membuat mobil susah belok pada kecepatan tinggi.

2. Rear Wheel Drive (RWD)

Sebelum Membeli Mobil, Kenali 4 Jenis Mode Penggerak pada Mobilwww.autobytel.com

Sama seperti FWD, RWD juga menggunakan dua ban pada metode penggeraknya. Hanya saja yang membedakan ialah RWD menggunakan ban belakang sebagai tumpuannya. Kelebihan dari mobil RWD ialah memiliki handling yang baik sehingga mobil mudah untuk belok. Sehingga mobil RWD sering dijadikan sebagai mobil balap. Tetapi kelemahan dari mobil RWD ialah memiliki performa yang buruk di jalanan yang licin sehingga sangat berbahaya digunakan pada jalan tersebut.

3. All Wheel Drive (AWD)

Sebelum Membeli Mobil, Kenali 4 Jenis Mode Penggerak pada Mobilinstamotor.com

Berbeda dengan mobil FWD dan RWD yang menggunakan dua roda sebagai mode penggeraknya. Mobil AWD menggunakan empat ban sebagai mode penggeraknya. Kelebihan dari mobil AWD ialah memiliki performa yang baik pada jalanan yang licin sehingga aman untuk digunakan. Untuk itu, mobil AWD banyak digunakan sebagai mobil rally. Selain itu kelemahannya ialah mobil AWD sangat boros bensin.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Mobil Sedan Murah yang Pernah Jadi Tren Anak 90an

4. 4-Wheel Drive (4WD)

Sebelum Membeli Mobil, Kenali 4 Jenis Mode Penggerak pada Mobilwww.roadandtrack.com

Dilihat dari namanya, mobil 4WD menggunakan empat ban sebagai mode penggeraknya seperti mobil AWD. Lalu apa yang membedakannya dengan mobil AWD? Kelebihan dari mobil 4WD yaitu memiliki kapabilitas yang sangat baik digunakan di jalan yang memiliki medan berat. Sehingga mobil 4WD banyak digunakan sebagai mobil off-road. Tetapi kelemahan dari mobil 4WD ialah memiliki kesulitan untuk berbelok terutama pada belokan yang curam.

5. Lalu mobil manakah yang lebih bagus?

Sebelum Membeli Mobil, Kenali 4 Jenis Mode Penggerak pada Mobilcarbuzz.com

Setelah mengetahui perbedaan dari masing-masing mode penggerak mobil, setiap mode penggerak punya kelebihannya masing-masing. Jika ingin mobil yang irit bahan bakar, kamu bisa memilih mobil FWD. Kalau ingin mobil yang memiliki handling yang baik, mobil RWD bisa kamu pilih. Jika ingin mobil yang memiliki akselerasi baik, mobil AWD merupakan pilihannya. Kalau kamu ingin pergi ke jalan yang memiliki medan berat, mobil 4WD adalah pilihan yang tepat.

Itulah penjelasan mengenai jenis mode penggerak pada mobil. Memang setiap mobil memiliki mode penggerak yang beda-beda. Setiap mode penggerak mobil memiliki kegunaannya masing-masing. Jadi sebelum membeli mobil, kamu dapat memilih mobil dengan jenis mode penggerak sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Bikin Untung, 5 Tipe Mobil Ini Berpotensi Dijadikan Investasi  

Xehi Dekirty Photo Community Writer Xehi Dekirty

Live in another peaceful place

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You