Mobil Bensin versus Mobil Solar, Simak 5 Fakta Menariknya

Kamu pilih yang mana, nih?

Bahan bakar minyak (BBM) merupakan salah satu olahan dari minyak bumi. BBM merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan. Salah satu manfaat dari BBM ialah sebagai bahan bakar mobil.

Saat mengisi bahan bakar mobil ke pom bensin, pasti kita akan menemukan beberapa jenis BBM, mulai dari bensin hingga solar. Beberapa jenis BBM tersebut memang diperuntukkan untuk masing-masing jenis mobil. Sebenarnya, apa bedanya mobil bensin dan mobil solar? Daripada kamu makin penasaran, berikut perbedaannya.

1. Segi karakteristik bahan bakar

Mobil Bensin versus Mobil Solar, Simak 5 Fakta Menariknyawww.dailypioneer.com

Dari segi karakteristik bahan bakar, solar lebih aman daripada bensin. Solar tidak menghasilkan uap sebanyak bensin. Kemudian, solar juga lebih tahan terhadap panas yang tinggi. Itu sebabnya api tidak akan langsung menyambar solar. Hal ini dapat mengurangi risiko terbakar akibat panas yang tinggi.

2. Segi kekuatan

Mobil Bensin versus Mobil Solar, Simak 5 Fakta Menariknyahiconsumption.com

Melihat kekuatannya, mobil solar lebih kuat dibandingkan mobil bensin. Hal ini karena mobil solar memiliki karakteristik mesin yang kuat. Selain itu, mobil solar juga memiliki transmisi yang kuat. Itu sebabnya mobil solar dapat melewati jalan yang memiliki medan berat.

Baca Juga: Pengembangan Mobil Listrik Terhambat, Ternyata Ini Dua Penyebabnya

3. Segi mesin

Mobil Bensin versus Mobil Solar, Simak 5 Fakta Menariknyawww.whichcar.com.au

Mesin mobil solar memang memiliki karakteristik yang lebih kuat daripada mobil bensin. Namun, karakteristik mesin yang kuat ini memiliki efek samping.

Mesin pada mobil solar akan menghasilkan suara yang berisik. Lalu, gas pembuangan pada mobil solar lebih berpolusi dibandingkan mobil bensin. Hal ini bisa ditandai dengan warna hitam gelap pada gas pembuangannya.

4. Segi perawatan

Mobil Bensin versus Mobil Solar, Simak 5 Fakta Menariknyawww.waltsautoelectric.com

Berbicara tentang perawatan, mobil bensin lebih diunggulkan. Hal ini karena kebanyakan mobil bensin saat ini sudah menggunakan sistem injeksi. Sistem injeksi ini membuat perawatan mobil bensin menjadi lebih mudah. Berbeda dengan mobil solar yang membutuhkan perawatan ekstra karena mesinnya yang lebih kompleks.

5. Segi efisiensi

Mobil Bensin versus Mobil Solar, Simak 5 Fakta Menariknyawww.autocarindia.com

Untuk segi efisiensi, mobil solar lebih efisien daripada mobil bensin. Mobil solar memiliki sistem kompresi yang tinggi pada mesinnya.

Kompresi yang tinggi inilah yang membuat mobil solar menghasilkan panas yang sedikit sehingga mencegah terjadinya penguapan yang berlebihan. Kalau dibandingkan dengan penggunaan bahan bakar yang sama, mobil solar memakai bahan bakar 40 persen lebih sedikit dibandingkan mobil bensin.

Sekarang, sudah tahu kan apa saja perbedaan mobil bensin dan mobil solar? Kalau ditanya mobil mana yang lebih bagus, itu semua tergantung kepada kebutuhan masing-masing.

Itu karena mobil bensin dan solar memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, mobil mana pun yang dipilih, kamu harus tetap melakukan perawatan secara rutin, ya.

Baca Juga: Pemerintah Menargetkan Regulasi Mobil Listrik Selesai Tahun 2019 ini

Xehi Dekirty Photo Community Writer Xehi Dekirty

Live in another peaceful place

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You