Comscore Tracker

4 Masalah Mobil Selama WFH: Aki Soak Hingga Rem Tangan Macet

Karena mobil diciptakan untuk bergerak

Jakarta, IDN Times - Semakin jarang digunakan, semakin awet pula mobil. Begitu mitos yang sering beredar di masyarakat. Karena itu banyak orang kemudian menjadikan mobilnya sebagai garage queen.

Padahal mitos tersebut gak selamanya benar. Sebab mobil itu sejatinya diciptakan untuk bergerak. Sehingga mobil yang terlalu lama gak digunakan justru potensi rusaknya lebih besar, loh.

Nah, berikut beberapa masalah yang kerap menghantui mobil-mobil yang jarang digunakan, termasuk mobil yang terpaksa menganggur karena harus ikutan work from home (WFH).

1. Ban mobil cepat getas

4 Masalah Mobil Selama WFH: Aki Soak Hingga Rem Tangan MacetIDN Times/IDN Times

Masalah yang sering dialami mobil yang lama tak dipakai adalah ban kempes. Ini terjadi karena tekanan angin lebih cepat berkurang pada ban yang tidak berputar. Sebab, jika ban tidak berputar, maka distribusi angin di dalam ban juga tidak merata. 

Selain itu ban yang jarang digunakan juga akan lebih mudah getas. Apalagi jika mobil dijemur di ruang terbuka dalam waktu relatif lama. Oya, semakin lama mobil tidak digunakan, semakin mungkin pula karat merusak pelek.

Baca Juga: Tahu Gak? Nama 5 Motor Ini Ternyata Kembar dengan Mobil, Lho!

2. Wiper cepat rusak

4 Masalah Mobil Selama WFH: Aki Soak Hingga Rem Tangan Macetitstillruns.com

Komponen lain yang cepat rusak adalah wiper. Mirip dengan ban, keduanya sama-sama terbuat dari karet, namun wiper memiliki komponen karet lebih kecil dan tipis sehingga pastinya akan cepat mengeras dan lebih cepat keropos karena terlalu lama tidak digunakan.

Kerusakan ini bisa diakali dengan mengganjal wiper dengan menggunakan busa agar tidak menempel langsung pada kaca mobil.

3. Rem tangan mendadak macet

4 Masalah Mobil Selama WFH: Aki Soak Hingga Rem Tangan MacetYourMechanic

Penggunaan rem tangan dalam intensitas waktu yang lama menyebabkan minyak pada piringan rem menjadi lengket. Kerusakan ini tentu saja dapat sangat berbahaya apabila mobil suatu saat akan digunakan karena sistem pengereman menjadi tidak sempurna.

Untuk mencegah kerusakan, lebih baik roda mobil diganjal dengan batu dan diparkir di lokasi dengan permukaan datar, apabila benar-benar ingin lama tidak digunakan.

4. Aki mobil melemah

4 Masalah Mobil Selama WFH: Aki Soak Hingga Rem Tangan MacetIDN Times/Dwi Agustiar

Ini adalah masalah yang sudah sangat lumrah terjadi pada kendaraan yang jarang digunakan, naik pada mobil ataupun motor. Aki dapat melemah karena sistem kelistrikan masih tersambung dan selalu stand by, sedangkan mobil diam dalam waktu yang lama.

Demi mencegah risiko kerusakan atau kehilangan daya listrik pada mobil, sebaiknya melepas kabel aki melalui kutubnya, mulai dari yang negatif kemudian positif. Sedangkan untuk memasangnya, lakukan sebaliknya yaitu dari positif ke negatif.

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

https://www.youtube.com/embed/-fkFVFoYtF4

Baca Juga: DFSK Luncurkan E3 EVR, Mobil Listrik yang Bisa Mengisi Baterai Sendiri

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya