Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Mobil Hatchback Akan Meruntuhkan Dominasi SUV

Lebih murah dan lincah

Jakarta, IDN Times – Executive Vice President Lexus, Koji Sato, mengatakan mobil-mobil berjenis sport utility vehicle (SUV) sepertinya mulai ditinggalkan. Sebab publik otomotif kini mulai beralih ke mobil compact seperti hatchback.

“Saat ini tren kendaraan sedang bergeser dan meski tidak pasti apakah pasar (kendaraan) itu kami produksi, yang jelas akan dilihat seluruh peluangnya,” jelas Koji mengutip dari laman Lexus Enthusiast.

Mulai beralihnya tren dari SUV ke hatchback bukan tanpa alasan. Sebab kini sebagian besar jalan sudah mulus, sudah bisa dilahap hanya dengan sebuah hatchback. Nah berikut beberapa alasan lain kenapa mobil-mobil imut atau hatchback akan meruntuhkan dominasi SUV.

1. Harga lebih murah

5 Alasan Kenapa Mobil Hatchback Akan Meruntuhkan Dominasi SUVIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Alasan pertama tentunya adalah harga sebuah hatchback yang jauh lebih murah dari SUV. Maklum, karena bahan baku yang digunakan produsen untuk memproduksi mobil hatcback lebih sedikit dari SUV. Ini, tentu saja, akan mempengaruhi harga jual nanti.

Baca Juga: Penjualan Suzuki Baleno Hatcback Lampaui Honda Jazz dan Toyota Yaris!

2. Perawatan yang mudah

5 Alasan Kenapa Mobil Hatchback Akan Meruntuhkan Dominasi SUVIDN Times/Yohanes Nugroho

Mobil berukuran lebih kecil biasanya memiliki teknologi yang bagus, namun tak terlalu canggih. Sebab itu perawatannya sudah pasti lebih mudah karena suku cadangnya akan mudah didapat. Kemudian, harga suku cadang pun pastinya jauh lebih terjangkau karena ukurannya yang sedang dan kecil, juga teknologinya tidak banyak.

3. Lebih lincah

5 Alasan Kenapa Mobil Hatchback Akan Meruntuhkan Dominasi SUVIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Ukuran yang mini membuat beban mobil juga semakin ringan. Karena itulah mobil kompak akan lebih lincah saat dikemudikan di tengah padatnya perkotaan, baik itu dari segi manuver ataupun saat berakselerasi.

4. Irit BBM

5 Alasan Kenapa Mobil Hatchback Akan Meruntuhkan Dominasi SUVhumas pertamina

Mobil-mobil dengan dimensi kecil biasanya hanya membutuhkan mesin dengan kapasitas kecil pula. Pada akhirnya konsumsi BBM cenderung lebih sedikit ketimbang dengan mobil-mobil berukuran lebih besar.

5. Mudah cari tempat parkir

5 Alasan Kenapa Mobil Hatchback Akan Meruntuhkan Dominasi SUVDok.IDN Times/istimewa

Semakin kecil ukuran kendaraan, akan semakin mudah pula menemukan tempat parkir. Ibaratnya, mobil kecil dapat dengan mudah menyelip di berbagai tempat. Karena akan lebih menyenangkan mencari parkir dengan hatcback dibandingkan SUV. 

Baca Juga: Fitur-fitur Canggih SUV Setengah Miliar Ternyata Ada di Wuling Almaz

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You