Comscore Tracker

5 Mobil Klasik Ini Pernah Menemani Sukarno, Ada Rampasan dari Jepang

Tenaga mesinnya lumayan juga

Jakarta, IDN Times – Membahas Presiden Sukarno sepertinya memang tiada habisnya. Sebab presiden pertama Indonesia tersebut memang ikonik banget.

Banyak sisi yang bisa dibahas dari beliau, mulai dari perjuangan melawan penjajah hingga mobil-mobil eksotik yang pernah digunakannya selama menjabat.

Nah berikut beberapa koleksi mobil yang pernah digunakan Bung Karno.

1. Buick 8 (Limited Edition)

5 Mobil Klasik Ini Pernah Menemani Sukarno, Ada Rampasan dari Jepangpinterest.com

Buick 8 ini adalah mobil keluaran produsen otomotif asal Amerika Serikat yang diproduksi pada 1938 dan merupakan edisi terbatas. Hanya sekitar 1.400-an unit saja yang diproduksi di dunia.

Selain spesial karena edisi terbatas, mobil ini juga spesial karena merupakan mobil staf kepresidenan pertama Republik Indonesia yang didapatkan dari hasil merampas penjajah Jepang.

Mobil ini menggendong mesin 8 silinder berkapasitas 5.247cc yang tentunya bikin mobil ini ngebut banget pada masanya, mungkin juga hingga saat ini lho.

Baca Juga: 10 Mobil Klasik dan Ikonik yang Masih Diproduksi Hingga Kini

2. Chrysler Imperial

5 Mobil Klasik Ini Pernah Menemani Sukarno, Ada Rampasan dari Jepanghemmigs.com

Mobil ini diproduksi dalam waktu yang cukup singkat, yakni hanya dalam 2 tahun dari 1937 – 1939. Chrysler Imperial mengusung mesin berkapasitas 5.300cc dengan transmisi manual 3 percepatan.

Meskipun hanya 4 pintu, pada zamannya mobil ini merupakan salah satu mobil yang termasuk dalam jenis limausin karena biasa digunakan untuk keperluan keluarga, terutama orang-orang elite.

3. Chrysler Windsor (1947)

5 Mobil Klasik Ini Pernah Menemani Sukarno, Ada Rampasan dari Jepangpinterest.com

Masih di pabrikan yang sama, Chrysler Windsor adalah salah satu mobil produksi Chrysler yang diproduksi dari 1939 hingga 1961.

Mobil ini cukup spesial karena tercatat pernah mendampingi Sukarno saat menghadiri Konferensi Asia Afrika (KAA) di Bandung pada 1955.

4. Cadillac 48 (Cadillac Sixty Special)

5 Mobil Klasik Ini Pernah Menemani Sukarno, Ada Rampasan dari Jepangbringatrailer.com

Cadillac 48 ini juga bisa dibilang termasuk salah satu mobil yang spesial karena punya masa waktu produksi yang pendek, yaitu dari 1948 – 1949.

Mobil ini memiliki dua sebutan, yakni Cadillac 48, atau bisa juga Cadillac Sixty Special karena mobil produksi Cadillac yang satu ini menggunakan platform produksi time Seri 60.

Selama masa produksinya, Cadillac 48 memiliki dua varian mesin, ada yang menggendong mesin berkapasitas 5.700cc dan juga 5.400cc. Transmisinya pun juga ada dua pilihan yakni manual dan otomatis.

5. Ford Thunderbird (generasi keempat)

5 Mobil Klasik Ini Pernah Menemani Sukarno, Ada Rampasan dari Jepangnetcarhow.blogspot.com

Nah, kalau mobil yang satu ini adalah mobil pemberian Sukarno untuk istrinya yang berasal dari Jepang, yaitu Dewi Sukarno.

Sama seperti mobil-mobil sebelumnya yang sudah disebutkan, mobil ini juga berasal dari produsen otomotif Amerika Serikat, Ford, yang diproduksi dari 1964 hingga 1966.

Mobil ini hadir dengan mesin V8 yang mampu mendorong mobil ini hingga bertenaga sebesar 340-an horsepower.

Baca Juga: Kisah Sukarno dan 7 Penjara Tempat Pengasingannya

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You