Comscore Tracker

5 Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab Sebelum Membeli Mobil Baru

Btw, sudah punya garasi belum?

Jakarta, IDN Times – Saat ingin membeli mobil baru, pertanyaan yang paling sering muncul pasti soal harga. Yup,  harga memang menjadi pertanyaan pertama yang akan diajukan saat kita melihat pameran mobil.

Tapi harga bukan satu-satunya yang harus dipertanyakan saat membeli mobil. Sebab ada pertanyaan-pertanyaan lain yang harus kamu jawab sebelum meluncur ke showroom. Nah, berikut beberapa di antaranya.

1. Sudah sesuaikah mobil tersebut dengan kebutuhan mu?

5 Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab Sebelum Membeli Mobil BaruIDN Times/Dwi Agustiar

Sebelum membeli mobil ada baiknya kamu tanyakan ini ke dirimu sendiri dulu: Benar kah ini mobil yang kamu butuhkan?

Kalau kamu ingin membeli mobil hanya untuk pulang pergi ke kampus atau kantor, kamu tentu tidak memerlukan mobil jenis SUV. Sebaliknya kalau kamu harus mengangkut keluarga, maka mobil MPV adalah pilihan terbaik. 

So, sadari dulu kebutuhan mu sebelum menentukan pilihan.

Baca Juga: Fitur-fitur Canggih SUV Setengah Miliar Ternyata Ada di Wuling Almaz

2. Perhatikan fitur keamanan

5 Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab Sebelum Membeli Mobil Barulifewire.com

Pertanyaan berikutnya adalah seberapa aman mobil ini dikendarai? Untuk itu kamu bisa melihat brosur mobil tersebut. Di sana biasanya akan tertera semua fitur keamanan. Fitur keamanan antara lain ABS, Airbags, immobilizer, VSC, Hill Start Assist, dan lain-lain. Jangan malu bertanya ke sales mengenai fitur keamanan mobil yang akan kamu beli.

3. Kenyamanan juga menjadi prioritas

5 Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab Sebelum Membeli Mobil Barutoyota.astra.co.id

Selain keamanan, tentu saja harus diperhatikan pula kenyamanan dari mobil yang akan kamu beli. Faktor kenyamanan ini sangat penting untuk kenikmatan berkendara.

Faktor kenyamanan meliputi jok atau kursi, mulai dari tingkat kemudahan untuk mengatur posisinya sampai pada kenyamanan kursi itu sendiri saat diduduki.

Kemudian perlu diperhatikan juga jarak pandang, baik ke depan, ataupun samping dan belakang melalui spion karena itu untuk menentukan apakah mobil terlalu kecil atau terlalu besar.

Faktor kenyamanan selanjutnya berada pada teknologi. Usahakan untuk memilih mobil dengan teknologi yang lumayan canggih, jangan sampai terlanjur memiliki mobil hanya karena ego harus memilikinya, kemudian membeli yang paling murah, namun ternyata teknologi tidak sesuai keinginan. Kan rugi jadinya, guys.

4. Perhatikan pajaknya

5 Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab Sebelum Membeli Mobil Barupakwheels.com

Membeli mobil berarti harus siap membayar pajaknya. Dan pajak mobil itu gak murah loh. Mobil-mobil baru biasanya pajak per tahun sekitar Rp4 jutaan, tergantung jenis mobilnya. Semakin mewah, semakin tinggi pajaknya.

Pastikan kamu mampu membayar pajak mobil yang akan kamu beli. Sebab telat membayar pajak bisa berurusan dengan petugas.

5. Garasi atau lahan parkir

5 Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab Sebelum Membeli Mobil Barusightline.org

Pertanyaan terakhir sebelum membeli mobil: Apakah kamu punya garasi? Jika belum, sebaiknya duit untuk membeli mobil itu kamu gunakan dulu untuk membangun garasi. Ini penting.

Sebab gak asik kan beli mobil tapi parkirnya di pinggir jalan. Selain mengganggu arus lalu lintas, parkir di tepi jalan juga bisa memicu konflik dengan tetangga sekitar. Lagi pula malu dong bisa beli mobil tapi gak punya garasi. Satu lagi, mobil tanpa garasi juga akan menjadi incaran pencuri. So, sudah punya garasi belum?

Baca Juga: 5 Mobil Baru di Bawah Rp200 Juta yang Layak Beli, Keren Gila!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You