Comscore Tracker

Supercar Lamborghini Ternyata Berawal dari Pabrik Traktor

Ia pernah berdebat dengan Enzo Ferrari

Jakarta, IDN Times – Lamborghini dikenal sebagai salah satu pabrik produsen mobil ternama di dunia, terutama sebagai penghasil supercar. Lamborghini juga dianggap rival terberat Ferrari.

Namun siapa jika Lamborghini pada awalnya bukanlah produsen mobil? Nah, berikut fakta-fakta menarik di balik nama besar Lamborghini.

1. Traktor adalah produk pertama Lamborghini

Supercar Lamborghini Ternyata Berawal dari Pabrik Traktorearth.com

Setelah perang dunia kedua, Ferrucio Lamborghini selaku pendiri Lamborghini sempat membuka bengkel reparasi mobil.

Lanjut pada tahun 1947 Ferruccio Lamborghini menyadari bahwa bisnis yang sedang berkembang pesat adalah pertanian dan industri. Kemudian, dengan menggunakan part dari kendaraan bekas perang dunia kedua dan mesin bensin 6 silinder milik truk Morris, jadilah produk orisinal pertama Lamborghini, yaitu traktor yang diberi nama “Carioca.”

Suksesnya pembangunan traktor ini membuatnya ingin mendirikan pabrik traktor yang kemudian terwujud dan diberi nama Lamborghini Trattori.

Baca Juga: Fakta-fakta Mengejutkan di Balik Logo Kuda Jingkrak Ferrari

2. Kegemaran Ferroccio Lamborghini dalam mengoleksi mobil menuntunnya untuk membuka pabrik pembuat mobil

Supercar Lamborghini Ternyata Berawal dari Pabrik Traktorearth.com

Kesuksesan pabrik traktor membuat Ferroccio Lamborghini mampu mengoleksi mobil dari berbagai produsen legendaris, seperti Maserati, Lancia, Alfa Romeo, Jaguar, dan Mercedes-Benz.

Hingga pada 1958 ia membeli salah satu mobil karya Ferrari. Saat menjajal mobil Ferrari, Ferroccio merasa performa Ferrari kurang memuaskan. Ia sempat berdebat dengan Enzo Ferrari, pemilik pabrik Ferrari.

Ferroccio kemudian memodifikasi Ferrari miliknya. Hasilnya, performa Ferrarti miliknya naik drastis. Dari sini lah ia kemudian terinspirasi membangun pabrik produsen mobil miliknya sendiri.

Pabrik mobil diimpikan akhirnya berdiri pada 1963 dan diberi nama berdasarkan namanya, yakni Lamborghini.

3. Olahraga adu banteng jadi inspirasi logo Lamborghini

Supercar Lamborghini Ternyata Berawal dari Pabrik Traktorearth.com

Ferrocio sempat mengunjungi peternakan banteng untuk matador pada 1962. Saat itu dia terkesima melihat betapa kuat dan garangnya banteng-banteng matador di sana.

Banteng-banteng itulah yang pada akhirnya mengispirasi logo Lamborghini yang kelak akan menempel pada setiap mobil yang diproduksi pabriknya.  

Baca Juga: Lamborghini Urus, SUV Tercepat yang Juga Cocok Untuk Keluarga

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You