Comscore Tracker

Dikira Produksi China, Ini Daftar Pemasok Komponen Lokal Mobil Esemka

Banyak komponen lokalnya, loh!

Jakarta, IDN Times - Produksi mobil Esemka di tanah air kini bukan lagi menjadi wacana, sebab Presiden Joko Widodo sudah meresmikan pabrik mobil Esemka di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9).

Ada yang menyambut mobil Esemka dengan baik, namun tak sedikit pula yang meragukan keberadaannya, bahkan ada yang menuding bahwa Esemka diproduksi oleh produsen otomotif asal Tiongkok.

Melansir dari Antara, menanggapi komentar negatif yang meragukan Esemka, Eddy Wirajaya sebagai Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi (ESEMKA) membeberkan beberapa produsen komponen lokal yang membantu dalam pembuatan mobil Esemka.

1. PT Cikarang Perkasa Manufacturing

Dikira Produksi China, Ini Daftar Pemasok Komponen Lokal Mobil EsemkaIDN Times/Larasati Rey

Perusahaan ini berdomisili di Lippo Cikarang, Jawa Barat, yang bergerak dalam bidang produk diecast (pajangan/mainan) alumunium. Dalam pembuatan mobil Esemka, perusahaan ini membantu sebagai pemasok komponen blok mesin dan blok transmisi mobilnya, terutama untuk produksi Esemka Bima.

Selain Esemka, perusahaan ini juga cukup terkenal sebagai pemasok komponen otomotif Original Equipment Manufacturer (OEM) untuk produsen otomotif Suzuki, Isuzu, Mitsubishi, dan General Motors.

PT Cikarang Perkasa juga memproduksi suku cadang presisi tinggi untuk Toyota, Honda, dan Yamaha, dengan begitu, jelas kemampuan dan reputasi Cikarang Perkasa tidak perlu diragukan.

Baca Juga: Sanggupkah Esemka Bima Melawan Suzuki Carry dan Daihatsu GranMax

2. PT Usra Tampi

Dikira Produksi China, Ini Daftar Pemasok Komponen Lokal Mobil EsemkaIDN Times/Larasati Rey

Usra Tampi terkenal dengan hasil produksinya yang merupakan komponen bodi mobil, juga panel-panel plastik untuk dasbor, lampu, hingga kemudi mobil.

Itulah yang dilakukan PT Usra Tampi saat membantu memproduksi Esemka, yaitu memproduksi komponen dasbor, dan roda kemudi. Selain Esemka, perusahaan ini juga memproduksi komponen-komponen untuk produsen otomotif Mitsubishi dan Isuzu.

3. PT Tokyo Radiator Selamat Sempurna

Dikira Produksi China, Ini Daftar Pemasok Komponen Lokal Mobil EsemkaIDN Times/Larasati Rey

Perusahaan ini merupakan perusahaan gabungan antara Tokyo Radiator yang berbasis di Jepang dengan PT Selamat Sempurna Tbk yang khusus bergerak dalam bidang suku cadang otomotif, termasuk komponen OEM selama lebih dari 40 tahun.

PT Tokyo Radiator Selamat Sempurna berdomisili di Kompleks Industri ADR, Kadu Jaya, Curug, Tangerang, Banten.

4. PT Armada Indah Agung Glass

Dikira Produksi China, Ini Daftar Pemasok Komponen Lokal Mobil EsemkaIDN Times/Larasati Rey

PT Armada Indah Agung Glass merupakan pabrik yang memproduksi aneka jenis barang yang terbuat dari kaca untuk pasar otomotif, dan menjadi pemasok kaca mobil dalam pembuatan mobil Esemka. Perusahaan ini berdiri di Jalan Magelang – Purworejo 11, Magelang, jawa Tengah.

5. PT Pasindo

Dikira Produksi China, Ini Daftar Pemasok Komponen Lokal Mobil Esemkafacebook/mobnas

Sebenarnya ada dua kemungkinan untuk PT Pasindo ini. Pertama, bisa saja perusahaan yang dimaksud adalah yang beralamat di Balikpapan, Kalimantan Timur, dan dikenal sebagai pemasok suku cadang alat berat untuk Caterpillar, Komatsu, Hitachi, dan Daewoo. PT Pasindo juga memasok suku cadang untuk pabrikan otomotif Isuzu, Hino, dan Scania.

Namun ada kemungkinan bahwa Esemka juga menggunakan suku cadang dari PT Pasindo yang satu ini, yaitu PT Pasindo (Para Amerta Sejahtera Indonesia) yang berdomisili di Pasuruan, Jawa Timur, yang menghasilkan produk suku cadang dan aksesori motor, kendaraan diesel, alat industri, dan perkapalan.

Selama produksi mobil Esemka, salah satu di antara perusahaan ini membantu dalam pembuatan rem untuk mobilnya.

6. PT Indospring Tbk

Dikira Produksi China, Ini Daftar Pemasok Komponen Lokal Mobil Esemka

Perusahaan ini berdiri di daerah Gresik, Jawa Timur, dan seperti namanya, perusahaan ini terkenal dengan produknya yang merupakan shockbreaker, baik jenis keong (ulir) ataupun daun.

Selain memasok Esemka, PT Indospring Tbk sudah memproduksi shocbreaker untuk pabrikan otomotif sekelas Astra Honda Motor, Daihatsu, Daewoo, Genral Motors (GM), Hino, Hyundai, Kawasaki, Nissan, Suzuki, bahkan sampai produsen Eropa Mercedes-Benz dan beberapa produsen otomotif lainnya.

7. PT INKA

Dikira Produksi China, Ini Daftar Pemasok Komponen Lokal Mobil EsemkaInstagram/Jokowi

Perusahaan yang satu ini merupakan bagian dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang sudah sangat dikenal di Indonesia dalam membantu membangun armada kereta untuk PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Untuk mobil Esemka, PT INKA membantu memasok komponen tangki bahan bakar dan sasis mobil.

Baca Juga: Esemka Bima Dianggap Mirip Mobil Tiongkok, Ini 4 Perbedaannya

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You