Comscore Tracker

Gemar Bertualang? Simak Tip Offroad Berikut Ini

Harus paham dan menguasai lintasan yang dilalui!

Jakarta, IDN Times – Offroad tentu saja menjadi salah satu pilihan bagi mereka yang memiliki kegemaran terhadap otomotif, namun juga jiwa bertualang yang tinggi. Terkadang, hobi ini bukan hanya untuk dinikmati sendiri, tapi juga menjadi salah satu cara untuk berjalan-jalan bersama keluarga tercinta.

Seperti yang dilakukan oleh Dandi Birdy sebagai anggota komunitas Chevrolet Indonesia yang gemar menantang kendaraannya untuk melibas jalur-jalur ekstrem.

“Berkendara offroad merupakan sebuah hobi yang telah saya geluti selama beberapa tahun terakhir ini. Tak hanya sebagai medium untuk menantang kendaraan saya melintasi jalur-jalur sulit, tetapi juga untuk manyalurkan adrenalin saya serta kegemaran saya di bidang fotografi,” ujarnya.

Nah, berikut ada beberapa tip buat kamu yang tertarik menggeluti dunia offroad.

1. Tentukan dan pahami jenis medan offroad yang dituju

Gemar Bertualang? Simak Tip Offroad Berikut IniDok. IDN Times/Istimewa

Kegiatan offroad sendiri dapat terbagi menjadi beberapa jenis pilihan, seperti fun offroad, extreme offroad, speed offroad, adventure offroad dan touring offroad yang selalu membutuhkan kendaraan dengan kemampuan berbeda.

Oleh karena itu penting untuk menentukan dan memahami jalur offroad agar dapat menjadi patokan seseorang untuk menyesuaikan jalur yang akan dilalui dengan kemampuan dan jenis kendaraan yang akan digunakan.

Baca Juga: 6 Game Offroad Terbaik Ini Penuh Tantangan Ekstrem

2. Pelajari dan kuasai teknik berkendara offroad

Gemar Bertualang? Simak Tip Offroad Berikut Inilandroverthornhill.ca

Ada beberapa teknik yang perlu untuk diketahui bagi kamu yang ingin menggeluti dunia offroad, seperti menggunakan kecepatan yang rendah saat menghadapi medan tanjakan atau turunan. Semakin pelan Anda mengemudi, akan semakin mudah.

Hal selanjutnya yang wajib dilakukan adalah tetap rileks dan jangan panik, tarik nafas dalam-dalam dan pikirkan trik untuk lolos dari rintangan. Ambil contoh saat ingin menyeberangi lintasan air (sungai). Sangat disarankan untuk mengamati kecepatan arus air dan kedalamannya untuk memastikan bisa dilewati atau tidak.

3. Aspek keamanan kendaraan juga harus diperhatikan

Gemar Bertualang? Simak Tip Offroad Berikut Iniwww.yokohama.com.au

Faktor keamanan yang dimiliki kendaraan harus sangat diperhatikan sebab yang ingin melakukan kegiatan offroad bukanlah pembalap profesional yang bisa menggunakan kendaraan dengan keamanan minimal, melainkan orang-orang yang ingin menyalurkan hobinya.

Berbagai fitur krusial untuk menjaga keselamatan saat berkendara, seperti Hill Launch Assist (HLA) yang membantu menahan kendaraan Anda saat berhenti di tanjakan, Hill Descent Control (HDC) yang membantu mengontrol kecepatan pada saat jalanan menurun, dan Electronic Stability Control (ESC) yang mengaktifkan tekanan rem pada saat ban menahan kekuatan mesin dan mencegah kendaraan kehilangan kontrol saat tergelincir.

4. Sediakan bahan bakar cadangan

Gemar Bertualang? Simak Tip Offroad Berikut Ini4x4-experience.de

Jalur offroad cenderung melintasi daerah yang ekstrem, sehingga sulit sekali untuk menemukan SPBU. Oleh karena itu,penting untuk menyediakan bahan bakar cadangan agar dapat melakukan pengisian ulang saat bahan bakar mulai menipis.

5. Mulailah dengan komunitas

Gemar Bertualang? Simak Tip Offroad Berikut IniIDN Times/Chevrolet Indonesia

Apabila kamu belum memiliki pengalaman dan baru pertama kali mencoba, sangat disarankan untuk bergabung dengan klub offroad atau menumpang kendaraan offroader lain yang sudah berpengalaman.

Jangan langsung melakukan kegiatan offroad sendiri, karena akan sangat berbahaya. Standar keamanan untuk offroad yang berlaku secara umum adalah minimal berdua, bahkan lebih baik jika lebih. Bergabung dengan klub akan menjadi pilihan terbaik karena bisa menambah ilmu sekaligus berbagi pengalaman.

Baca Juga: GIIAS 2018: Suzuki Jimny All Grip, Si Mungil Penakluk Medan Offroad

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You