Comscore Tracker

Habibie Pernah Membuat Mobil Maleo, Sempat Diproyeksikan Jadi Mobnas

Dibangun bersama Rover dan perusahaan lokal

Jakarta, IDN Times – Presiden ke-3 Indonesia Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie wafat pada Rabu pukul 18.05 di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta. Habibie mengembuskan nafas terakhir pada usia 83 tahun.

Habibie selama ini identik dengan pesawat terbang tan teknologi. Tak banyak yang tahu jika Habibie ternyata pernah membuat mobil yang saat itu digadang-gadang bakal menjadi mobil nasional.

1. Mobil itu bernama Maleo

Habibie Pernah Membuat Mobil Maleo, Sempat Diproyeksikan Jadi Mobnasmobilmotorlama.com

Saat menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi di era Presiden Soeharto, BJ Habibie pernah mencetuskan konsep mobil nasional pada tahun 1993. Mobil tersebut dinamai Maleo.

Nama Maleo diambil dari nama burung macrocephalon yang berhabitat di Sulawesi. Daerah tersebut juga merupakan tempat kelahiran Habibie.

Mobil ini berjenis sedan dengan desain yang sangat populer kala itu, mampu mengangkut 5 penumpang dengan tampilan ala kendaraan Eropa.

Baca Juga: Kalimat Quraish Shihab Ini Membuat Habibie Menangis Sebelum Wafat

2. Dibangun besama pabrikan asal Inggris

Habibie Pernah Membuat Mobil Maleo, Sempat Diproyeksikan Jadi Mobnasmobilmotorlama.com

Rencananya Maleo akan dikembangkan bersama produsen otomotif asal Inggris yakni Rover dan beberapa perusahaan lainnya. Dari Inggris, Rover mengirimkan satu sedan yang sudah jadi dan sampai di Indonesia akan dirakit kembali menggunakan komponen lokal.

Adapun perusahaan yang membuat komponen Maleo adalah Pindad, IPTN, INTI, LEN, dan Krakatau Steel.

3. Sempat dibuat satu unit sebagai prototipe, mesin gahar di eranya

Habibie Pernah Membuat Mobil Maleo, Sempat Diproyeksikan Jadi Mobnascardesign.ru

Maleo sempat dibuat sebagai prototipe dan dibekali mesin berkapasitas 1.200cc 3 silinder, dengan tenaga mencapai 80ps mampu mencapai kecepatan maksimum di 140 km/jam.

Tak hanya itu, Habibie juga punya berencana mengembangkan mobil nasional ramah lingkungan berbahan bakar hidrogen. Namun sayang, proyek mobil nasional ini tak berlanjut.

4. Proyek kandas, muncul mobil baru

Habibie Pernah Membuat Mobil Maleo, Sempat Diproyeksikan Jadi Mobnasautomobileexchangeinc.com

Setelah prototipe jadi, sebenarnya akan segera diproduksi secara massal dalam waktu dekat dengan harga Rp25 juta (harga saat itu).

Namun sayang proyek produksi Maleo harus kandas. Karena pada 1995 muncul PT Timor Putra Nasional yang dimiliki oleh Hutomo Mandala Putra yang memunculkan mobil Timor S515, diambil dari model KIA Sephia.

Baca Juga: Setelah Prosesi Pemakaman, Warga Langsung Menyerbu Makam Habibie

Topic:

  • Yohanes Nugroho
  • Dwi Agustiar

Just For You