Comscore Tracker

Hadiri Pelantikan Jokowi, Ini Kemewahan Mobil Pengantar Tamu VVIP

Bukan mobil sembarangan, loh!

Jakarta, IDN Times – Joko "Jokowi" Widodo dan Ma’ruf Amin akan dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden di Gedung Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Minggu (20/10).

Sekretariat Presiden telah menyiapkan kendaraan untuk tamu negara setingkat Kepala Negara/Kepala Pemerintahan dan utusan khusus negara-negara sahabat dalam rangka menghadiri acara pelantikan tersebut.

Kendaraan yang dimaksud adalah Mercedes – Benz bertipe S450L dan E300. Kedua jenis mobil tersebut sudah terparkir di halaman Istana Negara dan siap membawa tamu negara.

Biar tidak penasaran, yuk intip kelebihan kedua mobil tersebut!

1. Mercedes – Benz S450L

Hadiri Pelantikan Jokowi, Ini Kemewahan Mobil Pengantar Tamu VVIPmercedes-benz.ca

Pada saat pelantikan nanti, mobil ini akan digunakan oleh para tamu kepala negara sekelas presiden dan wakil presiden dari berbagai negara di dunia.

Melansir laman resmi Top Gear, Mercedes – Benz S450L adalah mobil yang dibekali mesin V6 berkapasitas 3.000cc yang dipadu halusnya transmisi otomatis 9G-Tronic. Jantung pacu ini mampu memberikan tenaga maksimal pada mobil sebesar 373 hp pada 5.500 rpm.

Pindah ke sektor kabin, di bagian depan, dasbor dilengkapi dengan layar yang sangat lebar. Ini mampu menampilkan segala informasi tentang mobil, dan layar ini dijadikan satu dengan pusat entertainmen.

Sedangkan pada bagian belakang, penumpang akan disuguhkan dengan dua monitor berukuran sekitar 10 inci untuk menikmati hiburan. Tak hanya itu, penumpang belakang juga dapat menikmati perjalanan sebab hanya dengan menekan satu tombol, jok dapat bergerak ke posisi terbaring dengan dukungan penyangga kaki.

Baca Juga: Sebelum Hadiri Pelantikan Jokowi, Sultan Brunei Sempat Jenguk Wiranto

2. Mercedes – Benz E300

Hadiri Pelantikan Jokowi, Ini Kemewahan Mobil Pengantar Tamu VVIPmercedes-benz.ca

Sementara Mercedes S450L akan digunakan oleh tamu sekelas presiden dan wakilnya, tipe E300 akan digunakan oleh tamu yang tak kalah penting, yaitu jejeran utusan dan deputi negara.

Mercedes – Benz E300 memiliki kubikasi mesin yang cukup jauh berbeda dengan si S450L, yaitu hanya berkapasitas 2.000 cc, namun didorong dengan inline-4 turbo, menyemburkan tenaga sebesar 255 hp pada 5.800 rpm. Sama dengan S450L, seri E300 juga sudah menggunakan transmisi 9G-Tronic.

Di sektor kabinnya mirip dengan S450L, pada dasbor depan mobil ini sudah dilengkapi dengan satu layar memanjang yang menggabungkan unit entertainment dengan informasi seputar mobil, seperti speedometer, navigasi dan indikator lainnya. Pemberian layar ini sudah menjadi ciri khas Mercedes – Benz yang ada pada mobil-mobil terbarunya.

Pada joknya, untuk bagian depan sudah didukung dengan lumbar suport untuk mengatur posisi punggung. Dan yang membedakan dengan si S450L, jok belakang varian E300 tidak bisa di pindahkan ke posisi baring, namun tetap nyaman dan memiliki arm-rest di bagian tengah. 

3. Bisa dibeli oleh publik, harganya di atas Rp 1 miliar

Hadiri Pelantikan Jokowi, Ini Kemewahan Mobil Pengantar Tamu VVIPautocar.co.uk

Mobil ini tak dikhususkan untuk petinggi negara, namun memang sejak dulu varian Mercedes – Benz sudah selalu digunakan karena elegansi dan kemewahanya yang sulit ditandingi.

Kalau kamu mau memiliki kedua tipe mobil ini, untuk Mercedes – Benz S450L dapat dimiliki dengan mengeluarkan kocek sebesar Rp 2,4 miliar dan masih off the road DKI Jakarta. Sedangkan Mercedes – Benz E300 dibandrol dengan harga Rp 1,5 miliar off the road DKI Jakarta.

Baca Juga: Jelang Pelantikan Presiden & Wapres, Rumah Ma’ruf Amin Dijaga Ketat 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You