Comscore Tracker

Ini 3 Mobil Konsep Berbahan Bakar Air, Lebih Maju dari Mobil Listrik!

Ide sudah ada sejak lama, namun sulit terealisasi

Jakarta, IDN Times – Saat ini mobil listrik mulai menjadi tren di dunia otomotif. Hampir semua pabrikan kini memproduksi mobil listrik dan mulai meninggalkan mobil-mobil berbahan bakar konvensional.

Namun di antara serbuan mobil listrik, ternyata ada mobil-mobil berbahan bakar air. Mobil-mobil ini bisa jadi lebih futuristik dibandingkan mobil listrik, loh. Nah, berikut deretan mobil dengan bahan bakar air yang pernah diciptakan.

1. BMW HR2 Hybrid Car

Ini 3 Mobil Konsep Berbahan Bakar Air, Lebih Maju dari Mobil Listrik!cartype.com

Mobil yang satu ini adalah mobil yang dikhususkan untuk area balap, dan sedang dikembangkan oleh salah satu raksasa otomotif asal Jerman BMW. Nama HR pada mobil ini memiliki makna “Hydrogen Race”, sesuai dengan bahan bakarnya yang terdiri dari air.

Berdasarkan catatan yang ditetapkan oleh Proving Ground Miramas di Prancis, BMW HR2 Hybrid Car telah mencatat rekor kecepatan dalam kategori mobil berbahan bakar non BBM.

Mobil ini juga dibekali jantung pacu mesin V12 yang dimodifikasi khusus agar dapat ditenagai oleh air, dan mampu menghasilkan tenaga maksimal sekitar 285 hp dengan kecepatan tertinggi 300 km/jam.

Melihat ke desain eksterior, mobil balap ini bisa dibilang cukup unik karena memiliki bentuk seperti ikan hiu, dengan sirip di bagian belakang kursi pengemudi sebagai pelindung, dan bentuk bodi yang memanjang.

Baca Juga: Mau Punya Mobil Listrik? Perhatikan 3 Hal Berikut

2. Honda FC Sport

Ini 3 Mobil Konsep Berbahan Bakar Air, Lebih Maju dari Mobil Listrik!flickr.com

Mengutip laman resmi Honda Global, FC Sport merupakan mobil konsep yang dibuat oleh raksasa otomotif Honda, pertama kali tampil di hadapan publik pada tahun 2008 dalam acara Los Angeles Auto Show.

Mobil ini memiliki desain yang sangat menampilkan masa depan, dan sangat kental akan gaya sporty yang ditunjukkan dari model bodi dan peleknya. Mobil ini juga diciptakan sebagai bahan studi yang dimaksudkan untuk menunjukkan bentuk nyata dari mobil sport berbahan bakar air atau hidrogen.

Sayangnya, karena hanya konsep, masih belum banyak informasi yang beredar tentang spesifikasi mobil ini secara lengkap.

3. Jaguar C-XC

Ini 3 Mobil Konsep Berbahan Bakar Air, Lebih Maju dari Mobil Listrik!coroflot.com

Melansir laman Diseno Art, mobil konsep ini diciptakan oleh Philip Dean, dengan tujuan sebagai teknologi yang ramah lingkungan, untuk mengurangi dampak pencemaran lingkungan.

Melihat ke desain eksterior, mobil ini memiliki desain yang sangat tidak biasa karena keseluruhan rodanya hampir tertutup. Tak hanya itu, keseluruhan bodinya juga ditutupi oleh kaca, mulai dari penutup mesin, kaca depan, atap, hingga kaca belakang. Hal ini dimaksudkan untuk memaksimalkan aerodinamis mobil.

Baca Juga: DFSK Luncurkan E3 EVR, Mobil Listrik yang Bisa Mengisi Baterai Sendiri

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You