Comscore Tracker

Intip Cadillac Fleetwood Brougham, Mobil BJ Habibie Selama Berdinas

Bentuknya mirip limosin, saat ini sudah langka

Jakarta, IDN Times - Presiden ke-3 Indonesia Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie wafat pada Rabu pukul 18.05 di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta di usia 83 tahun.

Masa jabatan BJ Habibie sebagai Presiden Indonesia terbilang cukup singkat, yaitu hanya 1 tahun 5 bulan. Meski begitu, Habibie tetap ditemani oleh mobil dinas warisan Soeharto, yaitu Cadillac Fleetwood Brougham.

1. Tampilannya klasik elegan bak limosin

Intip Cadillac Fleetwood Brougham, Mobil BJ Habibie Selama Berdinasauction.catawiki.com

Cadillac Fleetwood Brougham diproduksi pada 1987 dan merupakan generasi akhir dari varian Fleetwood.

Karena itu desain mobil ini sangat kental mewakili eranya, terlebih karena mobil produksi pabrikan Amerika pada tahun itu selalu diberikan desain cenderung panjang menyerupai limousin, membuatnya terlihat semakin eye catching dan elegan.

Tampak headlight bentuk kotak khas Cadillac, dengan lampu sein di bawahnya. Komponen tersebut dipadu grill agak maju seperti hidung mancung dipadu warna krom sampai bumper depannya.

Bagian belakangnya pun tak kalah elegan. Cadillac Fleetwood Brougham memiliki lampu vertikal dan dibingkai krom besar yang menguatkan kesan mewah bak limousin.

Baca Juga: Kalimat Quraish Shihab Ini Membuat Habibie Menangis Sebelum Wafat

2. Umur boleh tua, tenaganya masih bisa bersaing

Intip Cadillac Fleetwood Brougham, Mobil BJ Habibie Selama Berdinascar.info

Cadillac Fleetwood Brougham dibekali mesin V8 berkapasitas 4.100cc bertransmisi otomatis 4 percepatan, bertenaga maksimal 135 hp dengan torsi 260 Nm.

Tenaga kuda yang cukup besar seperti ini bahkan masih jarang dimiliki oleh kendaraan baru, kecuali dengan harga mahal dan sport. Memang, Amerika kalau memproduksi kendaraan tidak pernah nanggung speknya.

3. Habibie berhenti menjabat, mobil berhenti digunakan

Intip Cadillac Fleetwood Brougham, Mobil BJ Habibie Selama Berdinasclassiccarsbay.com

Untuk ukuran mobil yang digunakan sebagai kendaraan dinas presiden, mobil ini memiliki fasilitas yang minim. Masih benar-benar mengandalkan tampang desain saja karena teknologi canggih belum tersedia saat mobil ini tercipta.

Mungkin ini alasan Cadillac Fleetwood Brougham berhenti digunakan sebagai mobil Dinas setelah era Presiden Habibie dan digantikan dengan mobil keluaran Jerman, Mercedes-Benz Seri S (S600).

Baca Juga: Mengharukan, Putra Sulung Habibie Ucapkan Perpisahan: Sampai Jumpa, Pa

Topic:

  • Yohanes Nugroho
  • Dwi Agustiar

Just For You