Comscore Tracker

Intip Daihatsu New Tanto, Kecil Tapi Nyaman

Semoga Daihatsu memboyong mobil ini ke Indonesia

Jakarta, IDN Times – Banyak mobil boxy atau roti tawar yang telah berseliweran di jalanan tanah air, seperti Suzuki Karimun, Suzuki APV, Daihatsu Luxio, Daihatsu Gran Max, hingga Toyota Alphard hingga Nissan Serena.

Selain nama-nama tersebut masih ada lagi mobil boxy lain, yakni Daihatsu Tanto. Hanya saja, meski sempat muncul di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 Juli lalu, namun mobil ini belum secara resmi dijual di Indonesia.

Padahal Daihatsu Tanto ini laris manis di Jepang, loh. Yuk, kita intip seperti apa sih kelebihan dan kekurangan mobil ini. Karena siapa tahu mobil ini akan meramaikan pasar mobil roti tawar di tanah air.

1. Kei-car, kapasitas mesinnya sangat kecil

Intip Daihatsu New Tanto, Kecil Tapi Nyamandaihatsu.co.id

Dari generasi pertamanya sampai yang terbaru, Daihatsu Tanto memiliki kapasitas mesin yang kurang lebih sama, selalu berada di bawah 1.000cc, tepatnya sekitar 658/660cc yang dipadukan dengan transmisi CVT.

Mesin-mesin mobil ini hanya menghasilkan tenaga kurang lebih 51 – 63 hp. Yah, namanya juga Kei-Car atau mobil ramah lingkungan, tenaga seperti itu memang sudah standar di Jepang.

Baca Juga: Daihatsu Hy-Fun Concept, Bakal Jadi Penerus Xenia

2. Bodinya kecil, tapi interiornya nyaman

Intip Daihatsu New Tanto, Kecil Tapi Nyamanbatfa.com

Tak hanya mesinnya yang kecil, bodi mobil ini juga terbilang imut. Panjang mobil ini hanya 3.395 mm, lebar 1.475 mm, dan tinggi 1.750 mm. Dengan dimensi ini, seharusnya Daihatsu Tanto asyik buat diajak selap-selip di sela kemacatan Jakarta.

Oya, meski bodinya imut, namun interior mobil ini lumayan nyaman, terutama untuk penumpang belakang karena masih terdapat jarak untuk bergerak leluasa antara kaki dengan jok depan.

3. New Tanto sudah menggunakan platform baru Daihatsu

Intip Daihatsu New Tanto, Kecil Tapi Nyamanbestsellingcarsblog.com

Daihatsu Tanto versi terbaru sudah menggunakan Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Platform ini mirip dengan yang biasa digunakan oleh Toyota dan Lexus, yakni TNGA dan TNGA-L karena ketiga raksasa otomotif tersebut memang tergolong sering bekerja sama menciptakan produk baru.

DNGA sudah sering digunakan pada mobil-mobil terbaru Daihatsu, khususnya pada kelas Kei-Car dan deretan mobil-mbil berukuran kecil lainnya.

4. Fitur keamanan berkendara yang hebat

Intip Daihatsu New Tanto, Kecil Tapi NyamanIDN Times/Yohanes Nugroho

Untuk menambah keamanan berkendara, New Tanto dilengkapi fitur keamanan seperti Smart Assist III (Advanced Safety Technology) & Active Safety (VSC, TRC, ABS, ESS). Dengan adanya Smart Assist, mobil mampu mendeteksi adanya benda di depan atau di belakang sehingga kendaraan dapat menyesuaikan dengan kecepatannya, bahkan melakukan pengereman secara otomatis. Menjadikan kendaraan empat penumpang ini menjadi aman dalam penggunaan kesehariannya.

5. Sepertinya akan sulit masuk Indonesia

Intip Daihatsu New Tanto, Kecil Tapi Nyamanbestsellingcarsblog.com

Faktor utama yang membuat mobil ini sulit masuk di industri otomotif Indonesia adalah kapasitas mesinnya yang terlalu kecil, yakni hanya 660cc.

Juga, Adrian Kosim selaku Product Planner Daihatsu menjelaskan bahwa masih banyak fitur keamanan yang masih perlu dikembangkan agar sesuai dengan kondisi lalu lintas di Indonesia, dan range harga yang diberikan oleh Daihatsu dapat sesuai bagi masyarakatnya.

Baca Juga: Daihatsu Sirion Limited Edition, Lebih Elegan dari Versi Standar

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You