Comscore Tracker

Kaca Jendela Mobil Sering Macet? Cek Bagian Ini Sebelum ke Bengkel

Siapa tahu bisa diperbaiki sendiri

Jakarta, IDN Times – Kaca mobil merupakan bagian yang sangat penting. Selain berfungsi mengurangi kebisingan, kaca mobil juga melindungi dari hal-hal berbahaya.

Untuk bagian kaca samping mobil, pasti selalu bisa dinaik dan turunkan, baik secara manual yang biasa terdapat pada mobil zaman dulu atau yang otomatis (power window) seperti di mobil produksi sekarang.

Akan jadi persoalan jika kaca jendela tersebut mendadak macet. Karena akan sangat menyulitkan setiap ingin membayar tol, bayar parkir, dan aktivitas lainnya yang memerlukan untuk membuka kaca.

Kalau kaca samping sudah sering macet, ini beberapa komponen yang perlu kamu cek.

1. Sekring mobil

Kaca Jendela Mobil Sering Macet? Cek Bagian Ini Sebelum ke Bengkelweetech-usa.com

Sekring adalah komponen utama yang harus diperiksa jika berkaitan dengan kelistrikan pada mobil karena berfungsi sebagai pengatur arus kelistrikan, baik itu memberi atau memutus.

Komponen ini biasanya terletak di dekat mesin mobil bagian pinggir. Letak bisa berbeda tergantung jenis mobilnya.

Jika sekring untuk kaca mobil (power window) sampai rusak atau hangus, maka tentu saja kaca samping tidak bisa beroperasi dengan benar.

Baca Juga: Tiga Alasan Kenapa Mobil Listrik Masih Belum Beredar di Indonesia

2. Saklar power window

Kaca Jendela Mobil Sering Macet? Cek Bagian Ini Sebelum ke BengkelIDN Times/Yohanes Nugroho

Kalau sumber utama yakni sekering sudah diperiksa dan ternyata tidak ada masalah, komponen selanjutnya yang perlu diperiksa adalah sakelar power window yang biasa terletak di pintu samping penumpang.

Kerusakan pada saklar biasanya terjadi akibat adanya korsleting yang menyebabkan saklar agak terbakar, atau bisa juga karena pengguna mobil yang kasar dalam menekan saklar tersebut.

Intensitas pemakaian juga berpengaruh lho, guys. Semakin sering digunakan, akan semakin cepat juga saklar untuk rusak.

3. Motor/dinamo power window

Kaca Jendela Mobil Sering Macet? Cek Bagian Ini Sebelum ke Bengkelz1motorsports.com

Nah kalau komponen yang satu ini letaknya di dalam pintu mobil dekat dengan regulator dan sakelar power window.

Komponen ini merupakan bagian yang penting karena ini yang dapat membuat kaca mobil dapat naik dan turun.

Sama seperti komponen lainnya, biasanya intesitas pemakaian power window bisa menjadi penyebab umur dinamo ini semakin pendek, atau bisa juga disebabkan oleh korslet yang menyebabkan terbakarnya kumparan tembaga pada komponen ini.

4. Regulator power window

Kaca Jendela Mobil Sering Macet? Cek Bagian Ini Sebelum ke Bengkelamazon.com

Mungkin kamu semua sudah pernah melihat komponen yang satu ini saat melakukan servis pada pintu mobil, tapi sama sekali tidak mengetahui namanya.

Nah, regulator power window letaknya di dalam pintu, dan berfungsi sebagai penopang kaca yang mampu bergerak naik dan turun atas dorongan motor atau dinamo power window tadi.

Komponen ini sering mengalami kerusakan pada bagian gear atau gerigi regulator, atau dudukannya lepas sehingga kaca mobil tidak bisa turun dan naik seperti biasanya.

5. Karet kaca

Kaca Jendela Mobil Sering Macet? Cek Bagian Ini Sebelum ke Bengkelyoutube.com

Nah, sebenarnya di antara seluruh komponen power window yang ada, bagian inilah yang paling mudah untuk dicek, karena terletak di pintu mobil yang juga berfungsi sebagai pelindung kaca agar tidak langsung terkena bodi mobil saat dinaik dan turunkan.

Karet ini bisa rusak apabila sering terjadi pergesekan antara kaca dan karet. Selain itu, hal lain seperti debu, suhu udara, atau air juga mampu merusak komponen yang satu ini, lho.

Baca Juga: Mobil-Mobil Ini Bisa Jadi Genset Saat Mati Listrik, Loh!

Topic:

  • Yohanes Nugroho
  • Dwi Agustiar

Just For You