Comscore Tracker

Kerennya Mercedes-Benz 300SL Gullwing, Mobil Langka Koleksi BJ Habibie

Diproduksi untuk balap Le Mans

Jakarta, IDN Times – Presiden ke-3 Indonesia Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie wafat pada Rabu pukul 18.05 di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta. Habibie meninggal di usia 83 tahun.

Selain dikenal sebagai ahlinya pesawat terbang, ternyata Habibie juga seorang kolektor kendaraan, baik mobil ataupun motor. Mobil-mobil tersebut diparkir rapi dalam garasi yang dibuat khusus, terletak di basement rumahnya.

Nah, salah satu mobil koleksinya adalah Mercedes 300SL Gullwing Coupe.

1. Mobil terlangka, paling sering dilirik kolektor

Kerennya Mercedes-Benz 300SL Gullwing, Mobil Langka Koleksi BJ Habibiermsothebys.com

Mercedes-Benz 300SL Gullwng merupakan mobil coupe sport yang diproduksi dari 1954 – 1957. Mobil ini menjadi buruan para kolektor karena sejak awal diciptakan memang diperuntukkan sebagai mobil balap, terutama untuk Le Mans.

Baca Juga: Kalimat Quraish Shihab Ini Membuat Habibie Menangis Sebelum Wafat

2. Tujuan awal untuk balapan, tenaganya tidak main-main

Kerennya Mercedes-Benz 300SL Gullwing, Mobil Langka Koleksi BJ Habibiemercedes-benz.com

Meskipun jadul, jangan sesekali meremehkan tenaga yang dimiliki mobil ini karena mengusung mesin 6 silinder 2.996cc, mampu menghasilkan tenaga sebesar 220 hp dengan torsi maksimal 279 Nm per 4.900 rpm.

Kecepatan maksimum Yang mampu dicapai mobil ini adalah 250 km/h, lebih cepat dari beberapa mobil sport yang diciptakan sekarang.

3. Desain futuristik di eranya

Kerennya Mercedes-Benz 300SL Gullwing, Mobil Langka Koleksi BJ Habibiehagerty.com

Mobil ini memiliki ikon yang cukup unik, yakni pintunya yang terbuka ke atas. Cara pintu ini terbuka membuat mobil ini terlihat seperti burung camar yang sedang terbang, oleh karena itu mobil ini juga dinamakan Gullwing, sesuai dengan pintunya.

Tak hanya itu, keseluruhan bodi mobil ini juga memiliki bentuk layaknya kapsul sehingga aerodinamika yang dimiliki sangat baik, diciptakan oleh Rudolf Uhlenhaut selaku Kepala Insinyur Mercedes. Tak hanya aerodinamis, bobot yang dimiliki Gullwing juga cukup ringan.

4. Hanya diciptakan beberapa unit, harganya selangit

Kerennya Mercedes-Benz 300SL Gullwing, Mobil Langka Koleksi BJ Habibiejournal.classiccars.com

Sejak produksinya, mobil ini hanya dibuat sebanyak 1.400 unit di seluruh dunia, dan salah satunya menjadi koleksi Presiden ke-3 Indonesia, BJ Habibie.

Harga satu unit mobil ini diketahui mencapai Rp 14 miliar, setelah laku pada lelang yang digelar Silverston Auction, Britania Raya pada 27 – 29 Juli 2019 lalu.

Karena sudah menjadi barang langka, sepertinya sulit untuk mendapatkan mobil ini kalau tidak melalui lelang ya, guys.

Baca Juga: Ini Pesan Habibie yang Paling Diingat Luhut Panjaitan

Topic:

  • Yohanes Nugroho
  • Dwi Agustiar

Just For You