Comscore Tracker

Mau Punya Mobil Listrik? Perhatikan 3 Hal Berikut

Mode pengisian fast charging ternyata tidak disarankan

Jakarta, IDN Times -  Kehadiran kendaraan listrik di tanah air memang tak bisa lagi dibendung. Apalagi Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah meneken Perpres tentang kendaraan listrik beberapa waktu lalu.

Bisa dibilang era kendaraaan listrik di tanah air telah dimulai. Beberapa pabrikan mobil pun telah memperkenalkan mobil listrik mereka. Nissan misalnya mengajak awak media menjajal mobil listrik Leaf beberapa waktu lalu. Sementara Mitsubishi telah membuka penjualan Outlander PHEV.

Nah, kalau kamu tertarik dengan mobil listrik, sebaiknya baca dulu artikel ini. Sebab pemeliharaan mobil listrik gak sama dengan mobil konvensional, loh!

1. Punya tempat parkir yang teduh

Mau Punya Mobil Listrik? Perhatikan 3 Hal Berikutsightline.org

Head Technical Service CS Suport Departemen PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Boediarto, menyarankan untuk memarkir kendaraan listrik di lokasi yang teduh untuk menjaga komponen baterai.

“Karena di mobil ada baterai, pada PHEV terletak di bawah. Maka akan lebih baik jika parkir tidak di bawah sinar matahari langsung,” jelasnya seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga: Mitsubishi Siap Layani Pembelian Outlander PHEV di Seluruh Indonesia

2. Ketahui lokasi rawan banjir dan cara menghadapinya

Mau Punya Mobil Listrik? Perhatikan 3 Hal Berikutautocarindia.com

Namanya listrik pasti selalu bertentangan dengan air. Begitu pula dengan mobil listrik. Wajib banget buat kamu yang punya mobil listrik untuk menghindari genangan.

Tapi apabila terpaksa melalui daerah banjir, tindakan yang perlu dilakukan adalah memperkirakan tinggi permukaan air. Pastikan kedalaman genangan tidak sampai setengah ban.  Jika lebih dalam dari itu, lebih baik kamu berputar arah.

3. Hindari mode quick charging bila tidak diperlukan

Mau Punya Mobil Listrik? Perhatikan 3 Hal BerikutIDN Times/Yohanes Nugroho

Menurut Boediarto cara untuk mengisi daya baterai yang paling ideal pada mobil listrik adalah dengan pengisian normal yang memerlukan waktu semalaman, bukan menggunakan mode cepat.

Mode quick charging ini sebaiknya hanya digunakan sesekali, misalkan saat ingin berkendara dalam jarak tempuh cukup jauh.

Baca Juga: Bakal Diluncurkan 2020, Ini 4 Kelebihan Mobil Listrik Nissan Leaf

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You