Comscore Tracker

Salah Membeli Aki Mobil, Ini Deretan Masalah yang Bakal Kamu Hadapi

Pastikan aki yang kamu beli sesuai dengan spesifikasi mobil

Jakarta, IDN Times – Salah satu bagian di mobil yang sangat vital adalah aki. Fungsinya antara lain untuk menyimpan energi listrik untuk kemudian disalurkan sistem starter, sistem pengapian, hingga lampu-lampu dan klakson.

Meski bentuknya hanya kotak, namun aki memiliki tegangan (ampere dan voltase) yang berbeda-beda. Spesifikasi aki satu jenis mobil bisa berbeda dengan mobil lain. Karena itu jangan salah membeli aki, yah.

Sebab, salah membeli aki, akibatnya bisa sangat fatal. Nah berikut efek salah membeli aki yang dikutip dari Auto2000 dan Toyota Astra Motor (TAM).

1. Merusak komponen mobil

Salah Membeli Aki Mobil, Ini Deretan Masalah yang Bakal Kamu Hadapilifewire.com

Menggunakan aki tidak sesuai spesifikasi, misalkan seperti dari yang seharusnya disarankan dengan 12 volt kemudian diubah menjadi 24 volt dapat merusak komponen yang ada pada mobil.

Komponen yang dapat rusak tidak sedikit lho guys, yakni lampu, perangkat audio, ECU, dan apa pun yang berkaitan dengan kelistrikan bisa rusak satu per satu. Ini disebabkan karena setiap komponen pada mobil sudah diatur sesuai voltasenya masing-masing pabrikan.

Nah, ini yang masalah. Kalau ECU saja sampai rusak, dipastikan tenaga mobil mu jadi loyo.

Baca Juga: 5 Tips Ampuh Merawat Aki Mobil Agar Gak Cepat Soak

2. Aki dan alternator juga bisa rusak

Salah Membeli Aki Mobil, Ini Deretan Masalah yang Bakal Kamu Hadapigroupon.ae

Selain merusak beragam komponen lain pada mobil, penggantian aki yang tidak sesuai dengan spesifikasi standar mobil juga bisa memperpendek umur aki itu sendiri.

Misalkan ampere aki yang dipaksakan di bawah standar pasti akan cepat drop tegangan listriknya karena beban dari aki yang diterima lebih besar dibanding ampere yang mampu ditampung.

Kinerja alternator pun akan terganggu karena aki dengan beban lebih besar akan menambah beban si alternator dan kemudian tidak bisa mengisi aki, sehingga pada akhirnya alternator juga ikut rusak.

3. Pahami spesifikasi aki melalui buku manual

Salah Membeli Aki Mobil, Ini Deretan Masalah yang Bakal Kamu Hadapiwelova.com

Nah, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti tadi, sebaiknya kamu membaca spesifikasi aki yang dibutuhkan oleh kendaraanmu. Pasti setiap spesifikasi akan tertera pada buku manual kendaraan yang selalu didapat ketika membeli kendaraan.

Tidak ada ruginya kok membaca terlebih dahulu. Daripada menyesal kemudian, ya kan? Dan ingat, harga aki itu gak murah loh!

Baca Juga: 5 Pantangan Mobil Matik, Perhatikan Ya Biar Transmisi Gak Jebol

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You