Comscore Tracker

Sering Pakai Oktane Booster? Waspadai Efek Sampingnya Pada Mesin

Boleh digunakan, tapi jangan terlalu sering!

Jakarta, IDN Times – Nilai oktan pada bahan bakar bensin dan cetane pada diesel tentu saja mempengaruhi kinerja mesin, sebab tiap tingkatannya memiliki kadar material yang berbeda yang mampu mengoptimalkan pembakaran.

Nah, dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, banyak bermunculan material atau bahan yang mampu meningkatkan nilai oktan atau cetane pada bahan bakar berupa cairan, seperti octane booster dan cetane booster.

Namun benarkah material itu mampu meningkatkan nilai oktan dan cetane, serta amankah digunakan?

1. Bukan hoaks: Booster mampu meningkatkan nilai oktan dan cetane

Sering Pakai Oktane Booster? Waspadai Efek Sampingnya Pada Mesinautoguide.com

Melansir dari laman resmi Auto2000, memang benar bahwa cairan booster mampu meningkatkan kadar nilai oktan dan cetane pada bahan bakar bensin serta diesel. Misalnya premium yang ditambahkan pil octane booster akan sama layaknya pertalite bahkan pertamax. Begitu pula dengan jenis bahan bakar lainnya, solar akan menjadi Pertamina Dex.

Baca Juga: 5 Tips Hemat Bahan Bakar Saat Road Trip dengan Mobil

2. Berbahaya bagi lingkungan dan kendaraan

Sering Pakai Oktane Booster? Waspadai Efek Sampingnya Pada Mesinthebusinessofaction.com

Sebagian besar booster yang digunakan oleh masyarakat Indonesia berjenis octane enhancer non-oxygenate yang terbuat dari campuran unsur logam seperti besi (Fe), timbal (Pb), dan mangan (Mn), mampu meningkatkan nilai oktan dan cetane dan dikenal sebagai bahan perusak lingkungan.

Tak hanya lingkungan, bila digunakan dalam intensitas yang cukup lama maka material dalam booster yang tidak tercampur akan membentuk endapan di dalam tangki bahan bakar sehingga kinerja pembakaran tidak optimal dan akan berpengaruh ke mesin.

3. Gunakan bahan bakar yang disarankan

Sering Pakai Oktane Booster? Waspadai Efek Sampingnya Pada Mesinmotoringresearch.com

Octane booster dan cetane booster memang terbukti bisa meningkatkan kualitas bahan bakar. Namun efek sampingnya bisa menciptakan kerak pada mesin yang bisa mengganggu performa kendaraan.

Sehingga dari pada menggunakan oktan atau cetane booster, kenapa gak membeli bahan bakar dengan kualitas yang sudah bagus saja?

Baca Juga: Benarkah Mencampur Bensin Bisa Membuat Konsumsi Bahan Bakar Jadi Irit?

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You