Comscore Tracker

Duh! Teknologi Canggih Ini Justru Membuat Kesal Pengemudi

Ternyata fiturnya terlalu bawel 

Jakarta, IDN Times – Teknologi seharusnya memudahkan, bukan menyusahkan. Tapi, karena sifatnya yang tidak adaptive, seringkali teknologi justru membuat kesal. Seperti beberapa teknologi yang dinamakan Lane Keeping System.

Dengan teknologi ini, sistem pada mobil akan memberi tahu pengemudi jika mobil keluar dari jalur. Fitur ini sejatinya sangat berguna untuk keamanan. Namun kenapa banyak orang, menurut survei J. D. Power pada Agustus 2019, membenci fitur ini?  

1. Lane Keeping System

Duh! Teknologi Canggih Ini Justru Membuat Kesal Pengemudiautoevolution.com

Di Indonesia teknologi ini juga dikenal dengan Lane Departure Warning yang mampu memberikan peringatan jika pengendara berpindah jalur tanpa disengaja. Fitur ini adalah fitur keselamatan yang kini banyak disematkan ke mobil-mobil baru.

Baca Juga: Toyota Segera Luncurkan TJ Cruiser, Mobil Hasil Perkawinan SUV dan MPV

2. Banyak orang yang tidak menyukai teknologi ini

Duh! Teknologi Canggih Ini Justru Membuat Kesal Pengemudimotorreview.com

Dari hasil penelitian, ditemukan sebanyak 23 persen pengguna mobil merasa terganggu dengan teknologi Lane Keeping System. Sebab fitur tersebut dianggap terlalu bising. Karena kerap terdengar tanda peringatan. Seolah tanda peringatan tersebut menyalahkan pengemudi.

“Teknologi yang selalu memperingati penggunanya dapat membingungkan dan membuat frustrasi. Teknologi seharusnya tidak bertindak seperti orang tua yang selalu menasihati anaknya, tidak ada yang ingin cara mengemudinya selalu disalahkan,” jelas Kristin Kolodge selaku Direktur Eksekutif untuk penelitian Driver Interaction and Human Machine Interface di J. D. Power.

3. Banyak yang ingin meniadakan fitur tersebut

Duh! Teknologi Canggih Ini Justru Membuat Kesal Pengemudiautoguide.com

Dari kelompok pengemudi yang tidak menyukai fitur ini, tercatat ada 61persen pemilik kendaraan yang ingin menghilangkan atau mematikan fitur tersebut dari mobilnya saat awal membeli mobil dari dealer.

4. Beberapa brand dianggap berhasil menciptakan teknologi ini agar tak mengganggu

Duh! Teknologi Canggih Ini Justru Membuat Kesal Pengemudithecarexpert.co.uk

Kristin juga menjelaskan, berdasarkan data yang dikumpulkan dari pemilik kendaraan, selain ada yang terlalu mengganggu, ternyata ada beberapa produsen otomotif yang juga berhasil menggunakan fitur Lane Keeping System yang hasil peringatannya tidak terlalu mengganggu pengemudi.

Namun di sini tentunya brand tidak disebutkan agar tidak menjatuhkan produsen otomotif di dunia. Jadi kalau kamu penasaran ada mobil apa saja, ya kamu harus punya dulu mobilnya, atau setidaknya mencoba saja.

Baca Juga: Tak Cuma Mobil Baru, BMW Astra Ternyata Juga Menjual Mobil Bekas 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya