Comscore Tracker

Tips Dasar Merawat Cat Mobil, Biar Selalu Bening dan Kinclong

Tidak hanya mencuci, lokasi parkir juga penting!

Jakarta, IDN Times –Mobil keren gak harus baru. Asalkan bersih dan kinclong, mobil-mobil tua pun bisa sama kerennya. Sayangnya banyak orang gak tahu cara merawat cat sehingga mobilnya jadi terlihat kusam.

Asal tahu saja guys, merawat cat mobil itu gak hanya dengan mencucinya setiap hari. Tapi banyak hal lain yang juga harus kamu lakukan biar cat mobil terus kinclong dan bening.

1. Hindari mobil dari terpaan langsung sinar matahari

Tips Dasar Merawat Cat Mobil, Biar Selalu Bening dan Kinclongcarfromjapan.com

Dengan melakukan hal ini, kamu sudah sangat memperpanjang umur cat kendaraan yang dimiliki. Panas yang langsung menyengat dari matahari dapat memudarkan pelindung cat pada mobil, dan bila pelindung sudah hilang, selanjutnya adalah cat yang terkena.

Untuk itu sebisa mungkin parkir di tempat yang teduh, atau bisa juga ditutup dengan terpal apabila mobil tidak ingin digunakan.

Baca Juga: Ganti Cat Mobil dengan Stiker 3M, Ini Keuntungannya

2. Cucilah secara rutin

Tips Dasar Merawat Cat Mobil, Biar Selalu Bening dan Kinclonggroupon.com

Sebenarnya untuk mencuci mobil tidak perlu ditunggu sampai kondisi mobil terlihat sangat kotor, misalkan dipenuhi cipratan atau sampai terlihat debu menumpuk tebal.

Selain menimbulkan jamur, debu, cipratan air, atau tanah yang menempel pada bodi mobil ini mampu mengurangi daya tahan pelindung dan juga cat mobilmu.

Untuk itu, kalau dirasa mobil sudah terlihat berdebu atau kotor, segeralah mencuci mobil agar tidak terjadi penyesalan di kemudian hari.

3. Gunakan sampo khusus ya

Tips Dasar Merawat Cat Mobil, Biar Selalu Bening dan Kinclongautoglym.com

Sampo yang digunakan untuk mencuci mobil juga tidak sembarang lho. Kalau kamu mau mencuci sendiri, tidak dengan jasa cuci mobil, ada baiknya kamu menggunakan sampo khusus untuk mobil.

Sampo khusus ini banyak dijual di berbagai mini market dan tersedia dalam berbagai merek juga. Sampo khusus mobil memiliki kadar deterjen dan material lainnya yang sudah disesuaikan agar tidak merusak lapisan pelindung dan cat pada mobil.

4. Jangan sembarang mengelap mobil

Tips Dasar Merawat Cat Mobil, Biar Selalu Bening dan Kinclongsmartguy.com

Untuk mengelap mobil, kamu perlu kain khusus seperti kain mikro fiber. Kain jenis ini juga disarankan oleh banyak tempat cuci mobil dan bengkel-bengkel.

Hal ini karena kain mikro fiber memiliki bahan yang sangat lembut dan tidak ada pola seperti kain biasa yang bisa memberi garis lecet pada cat mobil.

Kemudian saat mengelap, jangan dibiasakan untuk mengelap dengan pola arah yang tak beraturan. Coba untuk mengelap dengan arah yang sama, misalkan mengelap bagian kap mesin dari arah atas ke bawah, atau dari kiri ke kanan saja.

5. Hindari parkir di tempat yang terlalu dingin dan lembab

Tips Dasar Merawat Cat Mobil, Biar Selalu Bening dan Kinclongthriftyfun.com

Selain kotoran semacam debu, tanah, atau sisa cipratan, embun yang menempel pada bodi mobil juga mampu untuk mengikis lapisan pelindung cat dan akan memudarkan warna , bahkan mengupas cat mobil.

Oleh karena itu, kalau bisa parkir di daerah yang tidak lembab dan tidak terlalu dingin. Atau kalau memang terpaksa, gunakan terpal agar terjaga.

Ya memang agak repot sih merawat mobil supaya catnya dapat bertahan lama dan terlihat kinclong setiap saat. Tapi seiring berjalannya waktu juga kamu pasti enjoy karena ada sesuatu yang bisa dibanggakan dari usaha tadi.

Baca Juga: Ini Deretan Mobil yang Cocok Banget Buat Dijadiin Kanvas, Berani Coba?

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya