Comscore Tracker

Uji Emisi Dicanangkan, Ini Cara Mengecek Emisi Gas Buang Kendaraan

Wajib ke bengkel profesional!

Jakarta, IDN Times – Polusi udara memang sedang menjadi permasalahan yang cukup membuat risau warga Jakarta, terutama dampak yang nantinya akan disebabkan kepada kesehatan.

Banyak hal yang menjadi penyebab tingkat polusi udara menjadi tinggi, namun salah satu sebab yang paling banyak diperkirakan adalah emisi gas buang kendaraan.

Pemerintah DKI Jakarta pun merencanakan beberapa peraturan untuk menekan polusi udara. Salah satunya dengan menekan emisi gas buang.

Namun bagaimana sebenarnya cara mengetahui emisi gas buang?

1. Cek ke bengkel profesional

Uji Emisi Dicanangkan, Ini Cara Mengecek Emisi Gas Buang KendaraanANTARA/Boyke Ledy Watra

Untuk mengetahui emisi gas buang kendaraan, tidak bisa sembarang begitu saja dilakukan oleh siapa pun, melainkan harus dilakukan oleh profesional. Sebab ada alat-alat uji emisi khusus yang diperlukan yang mengetahui tingkat karbon monoksida (CO), oksigen (O2), karbon dioksida (CO2), dan hidrokarbon (HC) yang dihasilkan oleh kendaraan.

Baca Juga: Siap-siap, Perpanjang STNK di Jakarta Harus Uji Emisi Dulu!

2. Bisa diperkirakan sendiri, meski belum pasti

Uji Emisi Dicanangkan, Ini Cara Mengecek Emisi Gas Buang KendaraanANTARANEWS/Istimewa

Nah, kalau kamu belum sempat memeriksakan ke bengkel resmi dan profesional, kamu juga bisa memperkirakan apakah emisi gas buang mobil mu itu baik atau buruk.

“Tapi kalau belum ada waktu untuk ke bengkel, kita sendiri bisa mengira dengan sederhana apakah kendaraan kita memiliki emisi gas buang yang buruk,” jelas Mardian Alfan sebagai Kepala Bengkel Carfix Karawaci, dikutip dari Antara, Rabu (21/8).

Yang pertama adalah dengan mendengarkan suara kendaraan. Bila ada bunyi yang janggal dari sektor mesin, ada kemungkinan kinerja mesin dan pembakaran tidak sempurna. Ini juga akhirnya bisa terlihat pada ada atau tidaknya asap yang keluar dari knalpot dan bau yang menusuk hidung.

Cara selanjutnya adalah melihat konsumsi bahan bakar. Kendaraan dengan kondisi mesin dan sistem pembakaran yang buruk akan cenderung boros namun tidak ada tenaganya, berbeda dengan kendaraan kondisi normal.

Tapi perlu diingat, cara ini tentu tidak akurat karena hanya sekadar perkiraan dan bisa dianggap sebagai bentuk peringatan dan waspada.

3. Lakukan perawatan rutin

Uji Emisi Dicanangkan, Ini Cara Mengecek Emisi Gas Buang KendaraanIDN Times/Dwi Agustiar

Bila menemui gejala seperti yang sudah disebutkan di atas, ada baiknya kamu segera melakukan perawatan pada mobil, dan harus dilakukan secara rutin. Jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan rugi sendiri, apalagi uji emisi sebentar lagi akan diwajibkan oleh pemerintah Jakarta.

Kalau kendaraan sehat, kantong pun sehat, dan siapa tahu juga bisa berpengaruh pada kondisi udara di Jakarta.

Baca Juga: Ini 5 Mobil Pilihan Buat ke Kampus, Pilih Mana?

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You