Comscore Tracker

Kopling Mobil Sering Rusak? Hindari Kebiasaan Ini Saat Berkendara

Biaya perbaikannya gak murah loh

Jakarta, IDN Times - Mobil dengan transmisi manual memang lebih enak diajak bermanuver dibandingkan mobil matik. Sebab semburan tenaga mobil bertransmisi manual lebih spontan dan karenanya lebih agresif.

Namun, meski relatif lebih awet dibandingkan transmisi otomatis, transmisi manual juga bisa bermasalah, loh. Masalah umumnya terjadi pada kopling. Nah, berikut ciri-ciri kopling mobilmu sudah bermasalah menurut mekanik Centra Auto Care, Decky Novryanto, di Samarinda.

1. Pedal kopling terasa bergetar saat diinjak

Kopling Mobil Sering Rusak? Hindari Kebiasaan Ini Saat BerkendaraIlustrasi pedal kopling (Autoexpress.co.uk)

Decky salah satu gejala kopling bermasalah adalah munculnya getaran saat pedal kopling diinjak. Getaran ini terjadi karena flywheel telah aus atau tidak rata.  Ini bisa terjadi karena usia pemakaian.

“Jika permukaan flywheel telah aus atau tidak rata, maka terjadi getaran di pedal kopling,” kata Decky.

Baca Juga: Tip Aman Naik Motor Sports, Jangan Asal Ngebut 

2. Kopling aus dan flywheel bakal kotor

Kopling Mobil Sering Rusak? Hindari Kebiasaan Ini Saat BerkendaraIlustrasi kopling mobil (pixshark.com)

Selain karena faktor usia, Decky melanjutkan, kopling yang aus juga bisa disebabkan lantaran pedal kopling sering dimainkan. Sehingga gaya berkendaramu akan menentukan awet nggaknya kanvas kopling.

"Memaksa mobil biasa untuk diajak gaya-gaya seperti mobil sport hanya merugikan pemilik. Apalagi kalau dilakukan cukup sering," kata Decky.

3. Bubut ulang kopling atau ganti baru

Kopling Mobil Sering Rusak? Hindari Kebiasaan Ini Saat BerkendaraMotorauthority.com

Decky melanjutkan, jika kopling sudah bermasalah, maka kamu harus bersiap merogoh kocek. Sebab solusinya hanya dua, yakni bubut ulang atau menggantinya dengan kopling baru.

 “Kalau flywheel masih bisa dibubut ulang. Sedangkan cover cluth jelas harus ganti. Intinya, kalau mau awet jangan sering dimainkan pedal koplingnya,” tutup Decky.

Baca Juga: AC Bikin Boros? Ini Cara Gunakan AC Mobil supaya Hemat BBM 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya