Comscore Tracker

Rem Bisa Bikin Pelek Mobil Patah, Begini Penjelasannya

Wajib periksa kaki-kaki mobil sebelum melakukan perjalanan

Jakarta, IDN Times - Kalau ada peranti paling vital di mobil, barangkali rem salah satunya. Karena itu sangat penting untuk memelihara bagian satu ini. Sebab, selain bisa mendadak blong, rem yang tidak dirawat juga berpotensi membuat pelek patah.

Nah, berikut beberapa tip agar pelek mobilmu tidak patah karena rem.

1. Segera ganti jika ada komponen rem yang berkarat

Rem Bisa Bikin Pelek Mobil Patah, Begini Penjelasannyaunsplash.com/@kasarin

Sistem pengereman mencakup piston kaliber dengan kampas rem. Peranti tersebut terhubung ke dua piringan rem. Piston secara otomatis menekan kampas saat pedal rem diinjak. Nah sistem pengereman ini bisa terganggu jika ada bagian yang berkarat.

"Sistem pengereman ini dapat rusak karena kotoran yang melekat dalam piston dan memungkinan terjadi karat" ujar Decky Novryanto mekanik Centra Auto Care, Samarinda.

Karena itu diperlukan perawatan rutin untuk memastikan kondisi dan usia peranti rem masih baik. "Dengan demikian saat karatan belum menjadi korosi, beberapa komponen sempat dibersihkan atau diganti," katanya.

Baca Juga: Filter Oli, si Mungil Penentu Umur Sepeda Motor

2. Ketahui ciri-ciri kerusakannya

Rem Bisa Bikin Pelek Mobil Patah, Begini Penjelasannyaperformancealloys.com

Pengereman terjadi kala kampas ditekan piston, kemudian saat menginjak pedal rem, piringan rem dan tromol akan tertahan. Lalu komponen tersebut tidak bersinggungan lagi saat pedal rem dilepas sehingga kampas terlepas dari piringan rem. Itu berarti pengereman tidak terjadi kerusakan. 

Tetapi jika sistemnya rusak, berarti salah satu piston kemungkinan macet atau tersendat. Sehingga saat pedal rem sudah dilepas namun piston masih menekan kampas yang berhubungan dengan piringan.

"Jika bingkai roda juga terasa panas dan terdapat kotoran di sekitarnya, artinya pelek sudah cukup rusak. Akibatnya, pengguna mobil akan kesulitan berakselerasi dan handling semakin tidak nyaman," sebutnya.

3. Bisa berakibat fatal, pelek bisa patah

Rem Bisa Bikin Pelek Mobil Patah, Begini Penjelasannyafreepick.com

Sistem pengereman melibatkan kaki-kaki mobil bekerja. Fondasi tersebut ditopang lagi oleh ban yang dikukuhkan dengan gading roda atau pelek. Kalau sistem pengereman rusak dan mengantar suhu panas ke bagian kaki hingga roda, pelek bisa mudah patah saat melewati lubang. Selain itu ban akan memuai dan rusak.

"Karena pelek berbahan dasar besi atau aluminium, dan ban karet. Jadi lebih baik tunggu sebentar sampai suhunya menurun dan kembali normal, lalu lanjutkan perjalanan dengan mobilnya," sebut Dicky. Jika mengalami hal demikian, dia menyarankan untuk menggantinya dengan roda cadangan atau membawa mobil ke bengkel terdekat.

Baca Juga: Menjadikan SUV Sebagai Mobil Harian, Ini Keunggulannya

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You