Comscore Tracker

5 Fakta Lamborghini, dari Traktor hingga Jadi Simbol Kemewahan

Pencipta lamborghini mulanya merupakan mekanik traktor

Siapa yang tidak kenal Lamborghini? Sebuah luxury sports car berlogo banteng berasal dari negeri Italia. Harganya yang fantastis membuatnya hanya bisa dibeli oleh orang-orang ternama dan menjadikan mobil ini sebagai sebuah simbol kemewahan.

Namun, sebelum menjadi sebuah merek yang dikenal di seluruh penjuru dunia, Lamborghini melewati sejarahnya yang panjang. Berikut adalah lima fakta tentang Lamborghini.

1. Berawal dari traktor

5 Fakta Lamborghini, dari Traktor hingga Jadi Simbol Kemewahanmotor1.com

Siapa yang menyangka sebuah mobil mewah bermerek Lamborghini ternyata mulanya diciptakan oleh seorang mekanik traktor bernama Feruccio Lamborghini. Ia lahir di tahun 1916 dari sebuah keluarga petani anggur. Namun berbeda dari orang tuanya, ia tidak memiliki ketertarikan bertani. Ia malah lebih tertarik kepada dunia mekanik.

Ia juga sempat berbakti di angkatan udara selama perang dunia II. Setelah perang dunia usai, ia mengambil mesin tua bekas militer dan merestorasinya menjadi peralatan bertani seperti traktor.

Ketika perang usai ia membeli lahan untuk bengkel traktornya di Cento, Italia pada tahun 1948. Pada tahun itulah traktor pertamanya diproduksi. Kemudian di tahun 1959 ia meluaskan bisnis ke dalam pembuatan pendingin dan penghangat udara. Ia menjadi kaya karena bisnis traktornya ini.

2. Ketertarikan pada otomotif

5 Fakta Lamborghini, dari Traktor hingga Jadi Simbol Kemewahanrmsothebys.com

Karena sejak kecil ia tertarik dengan dunia mekanik dan otomotif ia pun menjadi seorang car enthusiast. Ia menggemari mobil-mobil yang canggih, sporty, dan berharga mahal. Pada saat itu, di tahun 1960an, Ferrari adalah rujukan bagi mobil terbaik. Ia pun memiliki sebuah mobil Ferrari 250 GT.

Namun, setelah memiliki Ferrari, ia merasa tidak puas dengan mobil tersebut. Baginya Ferrari terlalu berisik dan terasa kasar ketika dikemudikan. Selain itu, kopling Ferrari sering rusak.

Bagi Lamborghini, sebuah mobil, meski tergolong sebagai sebuah sports car, haruslah nyaman untuk dikendarai sehari-hari. Hal inilah yang tidak dimiliki Ferrari, yang pada era itu sekadar mobil yang secara desain dikatakan sebagai sebuah seni dan kecepatan yang luar biasa. Namun dari segi kenyamanan, Ferarri bukanlah mobil yang nyaman untuk dikendarai sehari-hari.

Baca Juga: 5 Perbedaan Mobil BBM Vs Mobil Listrik, Tentukan Pilihanmu

3. Penghinaan dari Enzo Ferrari

5 Fakta Lamborghini, dari Traktor hingga Jadi Simbol Kemewahanesseremiliano.com

Karena Lamborghini merasa mengerti tentang mobil, ia pun menyampaikan keluhan tersebut kepada Ferrari tentang kekurangan mobil itu. Namun Enzo Ferrari tidak menerima keluhan tersebut. Ferrari menganggap Lamborghini hanyalah mekanik traktor muda yang tidak mengerti apa-apa tentang mobil. Wajar saja karena waktu itu Ferrari dianggap sebagai puncak kesempurnaan dari sebuah luxury sport car.

Penghinaan dari Ferrari dijadikan Lamborghini sebagai sebuah lecutan untuk membangun mobil yang lebih baik. Setelah itu ia mulai mendesain mobil dengan mereknya sendiri dan mulai membangun pabrik mobilnya.

Waktu itu  banyak yang berkata bahwa Lamborghini gila karena mau berkompetisi dan menyaingi Ferrari. Menciptakan mobil sesempurna Ferrari dianggap mustahil dan terlalu berisiko.

4. Terciptanya mobil pertama Lamborghini

5 Fakta Lamborghini, dari Traktor hingga Jadi Simbol Kemewahansymbolicinternational.com

Dengan keyakinan dan tanpa mengindahkan keraguan dari orang lain, Lamborghini pun memulai proyek besarnya pada tahun 1962 dan pada Mei 1963 ia secara resmi mendirikan Automobili Ferruccio Lamborghini. Ia membeli tanah di Sant'Agata Bologna yang ditujukan untuk pabrik pembuatan mobilnya.

Pabrik ini canggih pada masanya karena lokasi pabrik berada di tengah yang berdekatan dengan kantor manajemen. Hal ini membuat proses produksi dapat terus dikontrol. Pengalaman ini ia dapatkan dari bisnis traktornya.

Setelah menentukan lokasi pabrik,ia kemudian ia memilih pembuat mesin. Ia memilih mesin dari Giotto Bizzarini yang juga mendesain beberapa mesin Ferrari. Ia juga merekrut dua engineer muda yakni Giampaolo Dallara dan Giampaolo Stanzani. Tim tersebut akhirnya yang menelurkan Lamborghini 350 GT pada Turin Motor Show.

350 GT merupakan mobil sporty bermesin V12 dengan 5 percepatan manual. Bodinya terbuat dari alumunium. Mobil ini mampu mencapai kecepatan 0-100 km/jam dalam 6,8 detik. Top speed dari mobil ini adalah 254 km/jam. Kecepatan mobil yang luar biasa di masanya, apalagi ini merupakan mobil pertama ciptaan Lamborgini. Total mobil itu berhasil terjual sebanyak 150 dari tahun 1964-1966.

5. Lamborghini menjadi mobil impian

5 Fakta Lamborghini, dari Traktor hingga Jadi Simbol Kemewahanmotor1.com

Setelah berhasil menciptakan 350 GT, Lamborghini menciptakan model selanjutnya yakni model 400 GT. Model ini diproduksi mulai tahun 1974-1990. Mobil ini merupakan salah satu model Lamborghini paling ikonik sepanjang sejarah. Kala itu poster mobil tersebut banyak tertempel di dinding kamar para anak muda dan menjadi sebuah dream car pada eranya.

Hingga kini Lamborghini telah menciptakan puluhan model mobil dan model Lamborghini Gallardo yang diproduksi dari tahun 2003-2013 adalah model paling laku di seluruh dunia dengan total unit penjualan sebanyak sekitar 14.000 di seluruh dunia.

Baca Juga: Ini 4 Mobil yang Asik Banget Buat Ngedrift

zaki Photo Community Writer zaki

pemalu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You