5 Cara Bedakan Helm Ori vs. KW Super, Jangan Tertipu Sama Tampilan

Keselamatan dalam berkendara tetap nomor satu ya!

Helm adalah salah satu komponen penting untuk menjaga keamanan, keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara sepeda motor. Untuk itu sangatlah penting untuk bisa memilih dan membedakan kualitas helm yang asli dan yang palsu, apalagi jika merknya sama.

Berikut ini adalah lima cara membedakan helm ori vs. helm KW super, jangan tertipu sama tampilannya ya.

1. Massa helm

5 Cara Bedakan Helm Ori vs. KW Super, Jangan Tertipu Sama Tampilanfreehubmag.com

Massa atau berat helm menjadi salah satu yang harus kamu pertimbangkan sebelum membeli helm baru. Cara paling mudah untuk mengetahuinya adalah dengan membawa helm tersebut dengan tanganmu.

Helm asli umumnya akan memiliki berat yang seimbang dan pas, tidak terlalu berat tapi tidak terlalu ringan. Jika helm KW super, umumnya beratnya akan terlalu ringat atau terlalu berat. Dan jika digunakan juga tidak nyaman.

2. Nomor seri helm

5 Cara Bedakan Helm Ori vs. KW Super, Jangan Tertipu Sama Tampilanborntoride.com

Pabrik pembuatan helm pada umumnya melabeli produknya dengan nomor seri yang berbeda-beda pada setiap helmnya. Hal ini akan memberikan kemudahan bagi pembelinya untuk dapat membedakan mana helm yang asli dan mana helm yang palsu.

Jika kamu menemukan nomor seri yang sama pada beberapa helm di toko tempat kamu membeli, maka bisa dipastikan helm tersebut palsu alias KW.

Baca Juga: 5 Rating Keselamatan Helm yang Perlu Dipahami Pengendara Motor

3. Kualitas bahan pembuatan helm

5 Cara Bedakan Helm Ori vs. KW Super, Jangan Tertipu Sama Tampilanautosport.com

Helm palsu atau KW super terbuat dari bahan plastik yang mudah pecah. Sedangkan helm asli terbuat dari material plastik pilihan terbaik yang kuat, awet dan tahan lama.

Cara untuk mengetahuinya adalah dengan mengetuk bagian-bagian helm. Bila bunyinya nyaring maka dipastikan itu helm KW atau palsu. Selain itu kamu juga bisa melihat ukuran ketebalannya karena yang asli tidak terlalu tipis maupun tidak terlalu tebal.

4. Panel visor atau kaca helm

5 Cara Bedakan Helm Ori vs. KW Super, Jangan Tertipu Sama Tampilansimplexstyle.com

Kualitas panel visor atau kaca helm yang asli pasti terbuat dari bahan polycarbonate, bahannya sangat lentur dan tidak mudah untuk pecah. Sedangkan yang KW pastinya akan terbuat dari bahan akrilik yang sangat rentan pecah.

Untuk bisa membedakannya, kamu hanya cukup sedikit saja menekan kaca helm yang akan kamu beli, jangan terlalu keras ya. Jika itu asli maka akan sangat lentur tapi bila tidak maka akan keras.

5. Kualitas busa

5 Cara Bedakan Helm Ori vs. KW Super, Jangan Tertipu Sama Tampilanmotorcyclistonline.com

Kualitas busa sangat menentukan helm yang akan kamu beli itu nyaman atau tidak. Helm yang asli pastinya memiliki kualitas busa yang sangat empuk, tebal, dan pastinya tidak akan membuat telingamu sakit ketika dipakai.

Jadi lebih baik kamu coba pakai untuk merasakan sendiri sensasinya. Juga bisa kamu coba dengan menekan-nekan bagian busanya. Helm asli busanya akan terasa padat dan empuk, sedangkan pada helm palsu malah sebaliknya.

Nah, itulah lima cara membedakan helm ori vs helm KW super, jangan tertipu sama tampilannya ya. Ingat, selalu pakai helm dalam berkendara karena keselamatan tetap nomor satu ya!

Baca Juga: 5 Tips Merawat Helm Biar Awet Pakai, Catat Guys!

Abdi Maunino Photo Community Writer Abdi Maunino

Menulis dan membaca adalah cara terbaik untuk melihat dunia dari sisi yang berbeda. - fb: Abdi Mauninho - ig: @abdimauninho - Youtube: TMore Pictures

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You