Comscore Tracker

Sering Diabaikan, Ini Alasan Kamu Wajib Turun dari Motor Saat Isi BBM

Hayo, siapa yang sering kayak gini?

Setiap pengendara, entah itu mobil atau motor, sudah pasti sering mampir ke SPBU untuk mengisi bahan bakar. Namun ternyata, masih banyak pengendara motor yang suka membahayakan diri sendiri saat isi bensin yakni dengan tidak turun dari kendaraan.

Akui saja bahwa banyak dari kita yang sering lakukan ini, kan? Terlebih, hal ini bagi kamu pengendara motor dengan tangki di depan.

1. Alasan pertama untuk keselamatan pengendara

Sering Diabaikan, Ini Alasan Kamu Wajib Turun dari Motor Saat Isi BBMpixabay.com/jirkaf

Sudah keharusan setiap pengendara mengikuti aturan yang berlaku saat mengisi bahan bakar. Tentu saja, tujuannya untuk keamanan kamu sendiri jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jadi, wajib hukumnya kamu ikuti aturannya, termasuk turun dari motor saat mengisi bensin.

2. Bisa memicu kebakaran pada motor

Sering Diabaikan, Ini Alasan Kamu Wajib Turun dari Motor Saat Isi BBMpixabay.com/ronaldplett

Jika kamu berada di atas motor saat mengisi bensin, hal ini bisa memicu kebakaran. Sebab, BBM mengandung bahan kimia yang sangat sensitif dengan percikan api. Meski tidak ada yang minta hal ini terjadi, baiknya kamu perlu mengantisipasi, apalagi bagi pengendara motor yang berboncengan dan tangki motor di depan. Wajib turun, ya.

Baca Juga: 5 Sensasi Kendarai Motor 2 Tak yang Gak Ada di Motor Sekarang

3. Posisi turun memudahkan kamu menyelamatkan diri jika ada percikan api

Sering Diabaikan, Ini Alasan Kamu Wajib Turun dari Motor Saat Isi BBMpexels.com/@skitterphoto

Dengan posisi kamu turun saat mengisi bensin, hal ini akan memudahkan kamu untuk menyelamatkan diri saat terjadi kebakaran. Sebab, jika kamu di atas motor, tentu akan sulit untuk mengantisipasi maupun berlari. Jadi, pastikan kamu selalu turun saat mengisi bahan bakar, ya.

4. Pengendara motor matik keluaran terbaru juga perlu lakukan ini

Sering Diabaikan, Ini Alasan Kamu Wajib Turun dari Motor Saat Isi BBMIDN Times/Daffa Maududy Fitranaarda

Bagi beberapa motor matik keluaran terbaru, saat ini tangki motor berada di tengah sehingga para pengendara pun tidak perlu turun saat mengisi bensin.

Memang, fitur ini sangat memudahkan dan memberi kenyamanan bagi pengendara. Namun, tetap saja, baiknya turun saat isi bahan bakar, ya. Jadi, kalau ada kebakaran atau ledakan, bisa segera selamatkan diri.

5. Baiknya, saat mengisi bahan bakar, posisikan motor dengan standar

Sering Diabaikan, Ini Alasan Kamu Wajib Turun dari Motor Saat Isi BBMIDN Times/Bagus F

Ada lho beberapa orang saat mengisi bensin, standar motor tidak dipakai, meskipun dia sudah turun dari motor. Mungkin mereka berpikir agar lebih praktis naik lagi usai isi bensin selesai. Jadi, kamu bisa langsung nyalakan motor dan gas, deh. Namun, demi keamanan, saat kamu turun, posisikan motor memakai standarnya, ya.

Itulah aturan yang perlu kamu ketahui dan jangan lagi dilakukan. Namun, tentu saja, selain itu, kamu tetap tidak boleh mengisi BBM saat mesin kendaraan menyala, memainkan HP, merokok. Mulai sekarang, kamu juga harus turun dari motor. Oke?

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Motor Matic Lebih Laris daripada Motor Sport dan Bebek

Abigail Putra Photo Verified Writer Abigail Putra

Sedang mengetik...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya