Comscore Tracker

Agar Terhindar dari Corona, Basmi Virus dan Bakteri di Helm, yuk!

Sudah saatnya kamu jaga kebersihan

Senin (02/03) kemarin, Presiden Joko Widodo mengumumkan dua WNI positif terkena virus corona di Depok, Jawa Barat. Tentunya, ini membuat kita perlu waspada, terlebih dalam menjaga kebersihan termasuk barang-barang yang sering kamu pakai sehari-hari, salah satunya helm.

Untuk itu, ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membasmi virus dan bakteri di dalamnya!

1. Cuci helm setiap 1 atau 2 minggu sekali

Agar Terhindar dari Corona, Basmi Virus dan Bakteri di Helm, yuk!unsplash.com/kevinwolf

Untuk menjaga kebersihan helm, hal pertama yang bisa kamu lakukan ialah rajin mencucinya. Cara mencucinya sebenarnya gampang-gampang susah. Kamu harus melepas semua bantalan di dalam helm. Jika kamu kesulitan, ada kok beberapa tempat yang khusus untuk laundry helm.

2. Perhatikan kebersihan sirkulasi pada helm

Agar Terhindar dari Corona, Basmi Virus dan Bakteri di Helm, yuk!unsplash.com/nemanjao1

Jika ada kotoran menumpuk pada sirkulasi helm, tentu ini akan bahaya bagi kamu. Pernapasan kamu bisa terganggu dan berisiko terkena bakteri di dalamnya. Bagian yang perlu kamu perhatikan yaitu mouth vent. Pastikan bagian ini selalu bersih. Jadi, saat dipakai, kamu bisa lebih nyaman dan aman dari segala bentuk virus.

Baca Juga: 10 Helm Kreatif Driver Ojol Ini Bikin Ngakak Sekaligus Geleng Kepala!

3. Bersihkan helm pakai disinfektan

Agar Terhindar dari Corona, Basmi Virus dan Bakteri di Helm, yuk!unsplash.com/nvnsxn

Untuk memastikan helm kamu benar-benar bersih dari segala bakteri hingga virus, saat mencuci atau membersihkannya, kamu bisa memakai disinfektan. Cara ini cukup efektif membunuh berbagai bakteri hingga kuman.

Beberapa parfum helm juga ada yang kandungannya sudah pakai disinfektan. Jadi, saat kamu membeli, bisa baca dulu bahan-bahan di dalamnya.

4. Simpan helm di tempat yang kering

Agar Terhindar dari Corona, Basmi Virus dan Bakteri di Helm, yuk!pexels.com/@mixu-513809

Meski rajin mencuci helm, tapi kamu taruh di tempat yang kotor, tentu hal itu sama saja bohong. Jadi, simpanlah helm kamu di tempat yang kering dan bersih. Soalnya, kuman atau bakteri mudah berkembang biak di tempat-tempat yang lembap atau kotor.

5. Waspada bagi kamu yang suka pakai helm ojek online

Agar Terhindar dari Corona, Basmi Virus dan Bakteri di Helm, yuk!pexels.com/@giorgio-de-angelis-482403

Nah, ini juga gak kalah penting. Kalau sering pakai jasa ojek online (ojol), kamu perlu waspada karena helm ojol sering dipakai banyak orang. Kamu pun tidak tahu soal kebersihannya, kan? Baiknya, kamu membawa helm sendiri agar lebih aman. Bisa juga kenakan head cap agar membantu kamu terhindar dari kuman.

Saat ini, penting bagi kamu untuk menjaga kebersihan barang-barang yang sering kamu pakai sehari-hari. Khusus untuk masalah helm, selain beberapa poin tadi, pastikan pula helm kamu tidak pernah dipakai untuk banyak orang.

Soalnya, kamu gak pernah tahu bagaimana riwayat kesehatan orang yang pinjam helm atau imunmu sendiri. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Baca Juga: 9 Parfum Helm yang Semua Orang Wajib Punya, Bye Bye Bau Apek!

Abigail Putra Photo Verified Writer Abigail Putra

Sedang mengetik...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya