Comscore Tracker

Setang Motor Matik Goyang dan Tak Stabil? Hal Ini Bisa Jadi Sebabnya!

Penyakit motor matik yang kerap muncul, nih

Bagi kamu pengendara motor matik, sudah pasti ingin tungganganmu terasa nyaman saat melaju di jalanan. Itulah kenapa kamu perlu memperhatikan beberapa masalah yang kerap muncul seperti setang motor terasa goyang atau tidak stabil.

Persoalan ini bisa dipicu dari beberapa hal. Namun, tenang. Kamu bisa mendeteksi dini soal ini, kok. Sebelum semakin parah, kamu sudah bisa memperbaikinya. Lalu apa saja penyebabnya?

1. Perangkat pada komstir kering

Setang Motor Matik Goyang dan Tak Stabil? Hal Ini Bisa Jadi Sebabnya!Pexels.com/Nick Wehrli

Bagian komstir menentukan kenyamanan kamu dalam berkendara. Jika ini bermasalah seperti bagian dalamnya kering, tentu membuat setang jadi berat bahkan oleng. Untuk itu, cobalah periksa pelumas di dalamnya. Biasanya, penyebab keringnya karena faktor hujan, karat, atau memang sudah waktunya untuk diservis.

2. Bola-bola besi pada komstir sudah aus

Setang Motor Matik Goyang dan Tak Stabil? Hal Ini Bisa Jadi Sebabnya!webbikeworld.com

Jika pelumas di dalam komstir masih bagus, tapi setang tetap goyang, mungkin bola-bola besi di dalamnya sudah aus dan perlu diganti. Biasanya, masalah ini ditandai dengan bunyi “tak-tak” jika setang digerakkan. Bisa juga, setelan komstir terlalu kencang sehingga perlu sedikit dikendurkan.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Motor Matic Lebih Laris daripada Motor Sport dan Bebek

3. Segitiga garpu motor bengkok

Setang Motor Matik Goyang dan Tak Stabil? Hal Ini Bisa Jadi Sebabnya!pexels.com/@photosbymishra

Sebenarnya, masalah ini sangat jarang terjadi, apalagi bagi motor yang masih terhitung baru. Segitiga garpu motor bisa bengkok biasanya disebabkan dua hal. Pertama, motor kamu pernah menabrak atau pernah kecelakaan parah. Kedua, menerabas jalan berlubang atau polisi tidur dengan melaju kencang. Hal ini bisa menjadi pemicunya.

4. Laher roda depan rusak

Setang Motor Matik Goyang dan Tak Stabil? Hal Ini Bisa Jadi Sebabnya!pexels.com/@kira-schwarz-616468

Jika semua komponen pada setang baik-baik saja, tapi masih terasa tidak stabil, bisa jadi laher roda atau laker rusak. Jika laker ini aus, kering, atau pecah akan membuat handling setang menjadi tidak stabil.

Umumnya, kamu akan merasa seperti berat sebelah dan susah belok. Untuk menyelesaikan masalah ini, kamu harus menggantinya jika sudah pecah atau melumasinya jika kering.

5. Setelan jari-jari velg tidak presisi

Setang Motor Matik Goyang dan Tak Stabil? Hal Ini Bisa Jadi Sebabnya!ericomotorsports.com

Terakhir, setelan jari-jari pada velg juga bisa memicu motor tidak stabil saat jalan. Jika setelan jari-jari pada velg tidak presisi, hal ini akan menyebabkan ban kamu oleng sehingga berpengaruh kepada handling setang.

Buat jalan, motor pun terasa tidak stabil. Untuk memperbaikinya, kamu perlu membawanya ke bengkel khusus servis jari-jari velg untuk setting ulang.

Selain beberapa poin di atas, kamu juga perlu memperhatikan saat melaju di polisi tidur atau jalan berlubang. Soalnya, kalau kamu asal terabas bisa menyebabkan kerusakan pada bagian setang atau roda depan. Jadi, hati-hati saat berkendara, ya!

Baca Juga: 5 Sensasi Kendarai Motor 2 Tak yang Gak Ada di Motor Sekarang

Putra Kurniawan Photo Verified Writer Putra Kurniawan

Sedang mengetik...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya