Comscore Tracker

Catat! 5 Teknik Paling Aman bagi Pemotor Saat Menyalip Truk

Salah perhitungan bisa runyam!

Sebagian orang setuju kalau menyalip truk atau kendaraan serupa dengan ukuran besar butuh teknik khusus agar bisa mendahuluinya dengan aman. Jika kamu salah perhitungan, kecelakaan hingga kematian pun tak bisa terhindarkan.

Itulah kenapa, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat akan menyalip truk. Penasaran apa saja? Nih, catat!

1. Kenali dulu mana saja titik blind spot pada truk

Catat! 5 Teknik Paling Aman bagi Pemotor Saat Menyalip Trukhensleylegal.com

Kamu wajib tahu titik-titik blind spot pada truk. Jadi, pastikan sebelum menyalip, kamu bisa menghindari titik ini. Soalnya, sopir truk tidak bisa melihat kamu dari kursi kemudinya. Jadi, kalau sopir bisa melihat kamu, dia juga bisa memberi kamu jalan agar bisa mendahuluinya dengan mudah.

2. Pastikan sopir terlihat dari spion

Catat! 5 Teknik Paling Aman bagi Pemotor Saat Menyalip Trukpixabay.com/artisticoperations

Saat menyalip, pastikan kamu bisa melihat sopir dari spion truknya. Jika kamu bisa melihatnya, artinya kamu tidak berada di titik blind spot dan sopir bisa menyadari keberadaanmu. Lalu, lihat depan dan belakang. Jika jalur sepi, kamu bisa mulai menyalipnya.

Baca Juga: 5 Sensasi Kendarai Motor 2 Tak yang Gak Ada di Motor Sekarang

3. Atur kecepatan saat kamu menyalip

Catat! 5 Teknik Paling Aman bagi Pemotor Saat Menyalip Trukpexels.com/@photosbymishra

Mengatur kecepatan ini bukan berarti kamu harus ngebut atau berjalan terlalu lambat. Namun, atur kecepatan stabil dan paling nyaman buat kamu. Pastikan dengan kecepatan itu, kamu masih bisa mengontrol sepeda motormu jika terjadi apa-apa, misalnya kamu harus mengerem mendadak karena posisi truk tiba-tiba berubah.

4. Jangan menyalip di tanjakan dan beberapa tempat ini

Catat! 5 Teknik Paling Aman bagi Pemotor Saat Menyalip Trukpexels.com/@ajaybhargavguduru

Tanjakan menjadi lokasi yang berbahaya saat kamu menyalip truk, apalagi jika truk itu membawa beban berat. Lebih baik, kamu berada di belakangnya agak jauh. Jangan sampai kamu menabraknya karena truk mendadak tidak kuat menanjak atau lainnya.

Selain itu, hati-hati saat kamu menyalip di area sekolah, rumah sakit, jalan menurun, persimpangan, hingga depan kantor polisi. Soalnya, kadang ada zebra cross yang sering kali dipakai orang untuk menyeberang.

5. Perhatikan garis putih di tengah jalan saat akan menyalip

Catat! 5 Teknik Paling Aman bagi Pemotor Saat Menyalip Trukpexels.com/@pixabay

Garis putih di tengah jalan itu bukan hiasan lho, ya. Namun, itu memang dibuat demi keamanan dan kenyamanan pengendara.

Jadi, perhatikan saja jika garis putus-putus, artinya di jalan itu kamu diperbolehkan menyalip. Namun, jika garisnya tidak terputus, artinya kamu tidak boleh menyalip di situ. Biasanya garis yang tidak terputus ini berada di tanjakan, turunan, atau tikungan.

Setidaknya, beberapa hal tadi perlu kamu perhatikan sebelum menyalip truk. Jangan nekat, ya? Pastikan semua kamu perhitungan dengan tepat. Jadi, saat menyalip pun kamu bisa lancar dan aman. Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Motor Matic Lebih Laris daripada Motor Sport dan Bebek

Abigail Putra Photo Verified Writer Abigail Putra

Sedang mengetik...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya