Comscore Tracker

4 Tip Aman Touring dengan Sepeda Motor

Darius membagian tip saat touring ke Himalaya

Jakarta, IDN Times - Darius Sinathrya dan Donna Agnesia sempat mencicipi jalanan di Pegunungan Himalaya dengan sepeda motor beberapa waktu lalu. Tentu saja itu bukan perjalanan yang mudah.

Sebab melahap jalanan pegunungan jelas bukan perkara mudah. Apalagi jika menggunakan sepeda motor. Butuh teknik dan pengetahuan medan yang cukup. Nah, berikut ada tip dan trik melahap perjalanan jauh dengan sepeda motor dari Darius.

1. Harus tetap fokus

4 Tip Aman Touring dengan Sepeda Motorpakwheels.com

Darius mengatakan yang paling penting saat berkendara jarak jauh dengan sepeda motor adalah menjaga konsentrasi.

"Jangan sampai hilang fokus karena kelelahan, karena bisa berakibat fatal apalagi kalau kita boncengan," kata Darius.

Jika sudah sangat capek atau mengantuk, sebaiknya menepi sebentar dan beristirahat terlebih dahulu. Setelah fresh lagi, kamu bisa melanjutkan perjalanan.

Baca Juga: Sepeda Motor Tiba-tiba Meledak, 4 Hal Ini Bisa Jadi Pemicunya

2. Saling percaya satu sama lain

4 Tip Aman Touring dengan Sepeda MotorInstagram/ariel_inst

Tip kedua, kata Darius, adalah saling percaya terhadap peserta touring lainnya. Kepercayaan terhadap teman seperjalanan ini penting karena pemimpin touring biasanya kerap memberikan kode-kode selama perjalanan. Oya, kamu juga harus menghafal dan memahami kode-kode touring loh. 

3. Saling memberikan tanda

4 Tip Aman Touring dengan Sepeda Motormotorcycle-central.com

Kode-kode saat touing biasanya diberikan dengan isyarat tangan. Ada berbagia macam kode, seperti kode untuk memberi tahu ada jalan rusak di depan, kode untuk berbelok, serta kode untuk membuat barisan. Nah dengan memahami kode-kode tersebut, perjalanan touring akan semakin aman. 

4. Wajib memakai safety riding gear

4 Tip Aman Touring dengan Sepeda Motormpmhondajatim.com

Sebelum memulai touring, pastikan kamu mengenakan semua peralatan berkendara dengan lengkap, seperti jaket, sarung tangan, helm, dan sepatu. Semua itu penting kamu gunakan untuk meminimalisir dampak benturan jika terjadi kecelakaan. 

Baca Juga: Berencana Touring? Ini 5 Perlengkapan Wajib di Bagasi Motor

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You