Comscore Tracker

Jangan Terlalu Sering Laundry Helm, Ini Efek Buruknya 

Cepat kering namun juga cepat bikin rusak

Jakarta, IDN Times - Mencuci helm kini tak perlu repot lagi. Sebab sudah banyak tempat-tempat pencucian helm. Bahkan ada beberapa yang menawarkan pencucian secara kilat. Jasa cuci helm ini tentu akan sangat membantu para biker, terutama di musim hujan yang segera tiba.

Sayangnya pencucian helm secara kilat ini ternyata bisa menimbulkan efek negatif. Nah, berikut deretan dampak buruk dan bahaya yang mungkin muncul dari pencucian helm secara kilat.

1. Bisa membuat busa helm cepat menipis

Jangan Terlalu Sering Laundry Helm, Ini Efek Buruknya rezvilla.com

Nah bahaya pertama yang akan kamu dapatkan, jika kamu sering menggunakan jasa cuci helm yang dijual dengan iming-iming secepat kilat dan bisa ditunggu adalah biasanya mereka menggunakan alat pengering yang memiliki tingkat panas yang tinggi agar bisa selesai dan kering dalam waktu yang singkat, seperti oven dan hairdryer. 

Justru dengan menggunakan alat ini dan tidak alami menggunakan panas matahari, hal ini tentu saja dapat membuat busa di dalam helm kamu cepat atau lambat akan menipis dan membuat cepat rusak sehingga tidak bisa digunakan secara maksimal atau sesuai pada umumnya.

Baca Juga: 3 Tip Sederhana Menyimpan Helm, Biar Gak Bau!

2. Bisa membuat rusak desain luar helm kamu

Jangan Terlalu Sering Laundry Helm, Ini Efek Buruknya Instagram.com/@mac.apparelcare

Salah satu cara cepat agar helm kamu bersih dan wangi adalah dengan mencuci di laundry helm. Karena kebanyakan dari laundry helm selalu menawarkan cuci cepat helm dalam hitungan beberapa menit saja. Maka sudah bisa dipastikan pembersihannya dilakukan dengan cara yang tergesa-gesa dan tidak dilakukan dengan benar.

Pembersihan yang terburu oleh waktu yang dijanjikan, dengan dilakukan pembersihan secara tergesa-gesa, maka bisa menimbulkan efek kerusakan pada desain helm kamu sendiri akibat mereka membersihkan secara cepat tetapi mengabaikan kualitas helmnya sendiri karena terfokus pada waktu cepat yang dijanjikan ke customer.

3. Tidak bisa lagi melindungi kepala kamu secara optimal

Jangan Terlalu Sering Laundry Helm, Ini Efek Buruknya digitaltrends.com

Nah nyambung dengan efek buruk yang di atas yaitu mengenai busa helm yang pastinya akan menipis, maka sangat berbahaya bagi keselamatan kamu sendiri. Busa pada helm berfungsi untuk menahan terjadinya benturan pada kepala kamu saat terjadi kecelakaan.

Nah, tetapi jika busa helm kamu menipis otomatis tidak akan mampu menahan benturan tersebut secara optimal, dan sehingga dapat membahayakan keselamatan kamu sendiri.

Baca Juga: 5 Desain Helm Unik Ini Cocok Gak Ya Dipakai di Indonesia?

Topic:

  • Aditya Perdana Putra
  • Dwi Agustiar

Just For You