Comscore Tracker

Jusuf Kalla Dikado Vespa Excel oleh Paspampres, Begini Sejarahnya

Dari Paspampres untuk JK

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden Jusuf Kalla terkejut ketika dirinya diberi kado kenang-kenangan berupa Vespa Excel keluaran tahun 1990 oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) saat acara perpisahan bersama seluruh staf pada Minggu (13/10).

1. Vespa bersejarah dan dikenal sebagai sebutan motor guru

Jusuf Kalla Dikado Vespa Excel oleh Paspampres, Begini Sejarahnyainstagram.com/@bindraap

Penggemar motor Vespa pasti sudah mengenal model Vespa Excel 150 yang diproduksi oleh PT. DAN Motor Indonesia selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Vespa di tanah air pada tahun 1990. 

Lucunya, pada awal kehadirannya Vespa Excel ini banyak digunakan oleh para orang tua yang berprofesi sebagai Pegawai Negeri terutama Guru. Makanya banyak yang menyebutkan dengan sebutan motor guru. Memang motor ini menjadi motor bersejarah dan banyak sekali peminatnya pada zamannya hingga saat ini.

Baca Juga: Piaggio Indonesia Ajak IDN Times Cicipi Vespa GTS Super Tech 300

2. Vespa paling mewah pada zamannya

Jusuf Kalla Dikado Vespa Excel oleh Paspampres, Begini Sejarahnyainstagram.com/@excellent_ind

Pada zamannya Vespa Excel 150 ini merupakan model motor vespa yang paling mewah. Dengan ukuran bodi yang agak besar di banding vespa lainnya, vespa ini jauh lebih nyaman dan stabil untuk dikendarai apalagi dalam menempuh perjalanan yang cukup jauh.

Vespa Excel hadir dengan menggunakan mesin 2 tak berkapasitas 150 cc dan berpendingin udara. Dengan teknologi mesin terbaru dari saudara terdahulunya yaitu P 150X Exclusive motor ini mampu memberikan tenaga maksimal hingga menembus angka 110 km/jam untuk kondisi mesin standar bawaan pabriknya.

3. Harganya yang terus melejit hingga kini

Jusuf Kalla Dikado Vespa Excel oleh Paspampres, Begini Sejarahnyainstagram.com/@excellent_ind

Saat ini harga motor bekas Vespa Excel sangat bervariasi, hal tersebut tergantung dari kondisi motornya. Seiring dengan tingginya kembali peminat Vespa model ini maka harga Vespa Excel 150 bekas memiliki harga yang sedikit lebih tinggi dibanding harga-harga Vespa jenis lain.

Hebatnya motor ini semakin rapih dan semakin banyak originalitas pada setiap sisi motor ini, maka Vespa Excel bisa mempunyai harga yang melejit tinggi. Sebagai informasi saja motor ini di pasaran harganya dibanderol dari harga 6-10 juta rupiah tergantung kondisinya.

Baca Juga: Test Ride Vespa GTS Super Tech 300 Jakarta-Puncak, Ini 6 Kelebihannya!

Topic:

  • Aditya Perdana Putra
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya