Comscore Tracker

Musim Hujan Segera Tiba, Apa Saja Bagian Motor Yang Perlu Dicek?

Periksa bagian motor ini, biar motor kamu tetap prima!

Jakarta, IDN Times - Musim hujan sebentar lagi datang. Buat kamu yang sehari-hari menggunakan sepeda motor, sebaiknya periksa lagi kondisi motormu. Sebab berkendara saat musim hujan itu punya risiko tersendiri, loh.

Nah, berikut beberapa bagian motor yang perlu kamu cek sebelum musim hujan datang. Ini penting dilakukan untuk meminimalisasi risiko kecelakaan.

1. Periksa ban motor kamu, pastikan kondisinya masih layak jalan

Musim Hujan Segera Tiba, Apa Saja Bagian Motor Yang Perlu Dicek?hubasban.com

Ban perlu dipastikan masih dalam kondisi bagus atau istilahnya masih layak jalan. Ban tidak boleh aus dan harus masih punya alur atau kembangan yang cukup untuk bisa mengalirkan air.

Sangat bahaya jika menggunakan ban botak, apalagi jika sudah memasuki musim hujan nanti karena tidak ada alur untuk buangan air yang ada di permukaan jalan, dan bisa malah membahayakan diri sendiri.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Jas Hujan, Biar Gak Lepek di Tengah Jalan

2. Periksa rantai motor, pastikan ketegangannya pas

Musim Hujan Segera Tiba, Apa Saja Bagian Motor Yang Perlu Dicek?wheelsnshields.com

Kalau kamu menggunakan motor dengan transmisi manual, seperti motor bebek atau motor sport, pastikan ketegangan rantai pas alias tidak terlalu kendur atau terlalu kencang.

Pastikan juga tidak ada karat yang menempel pada rantai tersebut. Sebab rantai yang terlalu tegang atau kendur serta berkarat berpotensi putus di tengah jalan. Percaya deh, mengalami rantai putus di tengah jalan itu sama sakitnya dengan diputusin pacar.

3. Ketebalan kanvas rem

Musim Hujan Segera Tiba, Apa Saja Bagian Motor Yang Perlu Dicek?unsplash.com/@giovalife

Komponen selanjutnya yang sebaiknya dicek adalah kampas rem. Ketika musim hujan, peran kampas rem ini menjadi lebih vital untuk bisa menghentikan laju kendaraan dengan baik. So, pastikan kampas rem motor masih tebal. 

4. Knalpot motor tidak ada yang bocor

Musim Hujan Segera Tiba, Apa Saja Bagian Motor Yang Perlu Dicek?conquestracingltd.com

Bagian yang satu ini juga gak kalah penting untuk dicek. Pastikan tidak ada bagian knalpot yang bocor. Untuk itu kamu bisa memeriksanya hingga ke bagian leher knalpot.

FYI, knalpot yang bocor berpotensi kemasukan air. Nah, kalau ada air yang masuk ke bagian ruang mesin, siap-siap saja turun mesin. So, sebelum hal itu terjadi, cek ulang knalpotmu!

Rawat motor kamu selama musim hujan dengan peralatan motor dan gunakan promo Tokopedia agar lebih hemat!

Baca Juga: Musim Hujan Segera Tiba, Ini Cara Mudah Atasi Suara Decit Dari Wiper

Topic:

  • Dwi Agustiar
  • Septi Riyani

Just For You