Comscore Tracker

Sering Malas Mengisi Bahan Bakar? Ini Deretan Efek Negatifnya

Jangan dibiasakan tangki bensinmu kosong lama!

Jakarta, IDN Times - Kalau ada tempat yang paling sering dikunjungi pengemudi, tempat itu pastilah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Sebab, kecuali kendaraan listrik, hampir semua kendaraan membutuhkan bensin atau solar.

Anehnya ada kebiasaan pengemudi hobi menunda mengisi bahan bakar umum dan membiarkan tangki bahan bakarnya lebih sering kosong dibanding penuh. Padahal kebiasaan ini bisa berakibat fatal, loh. Nah berikut dampak yang mungkin timbul akibat terlalu sering membiarkan tangki bahan bakar kosong.

1. Tangki kendaraan rawan karatan bahkan bisa bocor

Sering Malas Mengisi Bahan Bakar? Ini Deretan Efek NegatifnyaYoutube.com/MW75

Dampak pertama yang bisa berakibat fatal jika kamu sering membiarkan kosong tangki bensinmu adalah tangki bensin kendaraan kamu bisa berkarat. Hal ini bisa terjadi akibat komponen dari tangki bensin adalah berbahan besi, maka kemungkinan karatan itu pasti besar.

Nah, makanya jika sering melakukan hal ini tangki bensinmu pun bisa berkarat dan parahnya membuat kualitas besinya berkurang atau menipis dan kemungkinan bocor akan bisa terjadi.

Baca Juga: Catat, 5 Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Membawa Mobil ke Bengkel

2. Menimbulkan endapan kotoran pada tangki bensin

Sering Malas Mengisi Bahan Bakar? Ini Deretan Efek Negatifnyawonderopolis.org

Pastinya jika tangki bensin dibiarkan lama dalam keadaan kosong, makan akan menimbulkan uap-uap. Maka ketika suhu udara di dalam tangki dingin maka akan menimbulkan kotoran-kotoran di dalam tangki dan akan mengendapkan kotoran tersebut, yang berpotensi mengganggu kinerja motor.

Maka, jangan heran jika hal ini dibiarkan terjadi, gak usah heran kalau mesin kendaraan kamu akan sering mati dan tidak berjalan sempurna.

3. Karbu atau injeksi kendaraan bisa terkena imbasnya

Sering Malas Mengisi Bahan Bakar? Ini Deretan Efek Negatifnyarpengines.com.au

Nah dari beberapa dampak di atas yang akhirnya menyebabkan kemacetan pada mesin, maka sudah bisa dipastikan menjalar sampai ke pengapian karburator atau injektor kendaraan kamu. Dan kalau hal ini terjadi pasti kendaraan kamu tidak akan menyala.

4. Akhirnya, harus beli bensin dan mengganti banyak onderdil kendaraan kamu.

Sering Malas Mengisi Bahan Bakar? Ini Deretan Efek Negatifnyapexels/rawpixel

Ini dia, dampak terakhir yang pasti akan kamu rasakan jika kamu membiasakan kebiasaan burukmu yaitu mendiamkan tangki kendaraan kamu kosong dalam jangka waktu yang lama. 

Dari akibat-akibat di atas yang pasti terjadi, akibat terakhir mau tidak mau kamu akan mengeluarkan dompet dan membayar dengan duit yang banyak akibat komponen kendaraan kamu banyak yang diganti baru karena rusak.

Jadi, jangan dibiasakan lagi yah membiarkan tangki kendaraan kosong, dan harus dirawat baik-baik. Toh ketika kendaraanmu rusak, kamu juga yang repot kan? 

Baca Juga: 10 Game Mobile Paling Aneh, Tapi Bikin Ketagihan!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You